Memiliki kulit bersih, segar dan nyaman sehabis mandi tentu menjadi keinginan hampir setiap orang (Sumber gambar: Tabitha Mort/Pexels)

Begini Kiat Memilih Sabun yang Tepat sesuai Jenis Kulit

09 June 2022   |   07:13 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Memiliki kulit yang bersih, segar dan nyaman sehabis mandi tentu menjadi keinginan hampir setiap orang. Namun, nyatanya, tidak semua sabun cocok untuk semua jenis kulit. Genhype perlu mengetahui cara memilih sabun sesuai jenis kulit, mulai dari melihat kandungannya hingga reaksi pada kulit setelah digunakan. 

Penting untuk memilih sabun yang sesuai dengan jenis kulit. Sebagai informasi, jenis kulit terbagi menjadi kulit kering, berminyak, sensitif, dan kombinasi. Sebelum membeli sabun, sebaiknya kenali jenis kulitmu terlebih dulu. Dengan begitu, kamu akan mudah menentukan sabun mana yang cocok sebagai perawatan kulit.

Sabun umumnya terbuat dari campuran kimia seperti lemak, minyak, dan asam lemak serta zat basa. Biasanya tipe dan kandungan pada sabun dipengaruhi oleh kombinasi komposisi dan bahan kimia utama tersebut. Melansir Verywell Health, Kamis (8/6/2022), berikut adalah cara memilih sabun yang tepat sesuai jenis kulit.
 

1. Kulit berminyak

Orang dengan kulit berminyak, memiliki kelenjar sebaceous yang terlalu aktif yang menghasilkan sebum berlebihan dan menyebabkan masalah seperti jerawat hingga bau keringat. Kamu yang rentan dengan kulit berminyak, harus sering mencuci muka atau rajin membersihkan kulit untuk menghindari keringat berlama-lama. 

Jenis kulit berminyak sebaiknya memilih sabun yang mengandung bahan-bahan seperti, lidah buaya, oat, rosemary, lemon, garam laut, benzoyl peroxide, lavender, arang aktif, minyak pohon teh, hyaluronic acid, kojic acid dan asam salisilat. 

Bahan-bahan tersebut berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, memperbaiki warna kulit, dan menghasilkan kulit yang jauh lebih sehat dan cerah. Selain itu, bahan-bahan tersebut juga lembut di kulit dan mengurangi produksi minyak berlebih tanpa membuatnya terlalu kering atau sensitif. 
 

2. Kulit kering

Orang dengan kulit kering memiliki produksi sebum yang lebih rendah, sehingga cenderung mengalami gatal-gatal hingga kulit terkelupas. Hal tersebut terjadi karena kurangnya kelembapan yang memadai. Terkadang masalah kulit kering diperparah dengan penggunaan sabun yang tidak tepat.

Oleh karena itu, orang dengan kulit kering sebaiknya memilih sabun yang mengandung bahan-bahan seperti minyak jojoba, gliserin, lidah buaya, cocoa butter, shea butter, minyak zaitun dan lidah buaya. Bahan-bahan tersebut memiliki sifat melembapkan yang memperkaya dan menyerap air, sehingga membuat kulit lembap untuk waktu yang lama.
 

Aurelia Dubois

Penting untuk memilih sabun sesuai jenis kulit (Sumber gambar: Aurelia Dubois/Unsplash)


3. Kulit sensitif

Pemilik kulit sensitif sangat rentan terhadap suhu musiman, perubahan kelembapan, sabun deterjen, zat pewangi dan pewarna sintetis serta pengawet. Menggunakan sabun dengan tingkat pH yang salah dapat menyebabkan iritasi, peradangan, kulit gatal, hingga jerawat. 

Oleh sebab itu, orang dengan kulit sensitif disarankan untuk menggunakan sabun dengan bahan-bahan seperti polifenol, chamomile, lidah buaya, madu, susu, vitamin E dan shea butter. Bahan-bahan tersebut bisa membuat kulit lebih lembut. Sekalipun kulit mengelupas, itu tidak akan menyebabkan kerusakan. 
 

4. Kulit kombinasi

Orang dengan jenis kulit kombinasi sering memiliki minyak berlebih sekaligus kekeringan pada saat yang bersamaan. Dengan kondisi seperti itu, kamu harus memilih sabun dengan sifat kering dan berminyak. Misalnya dengan sabun yang mengandung bahan-bahan seperti lidah buaya, gliserin, vitamin E dan chamomile.
 

5. Kulit normal

Kulit normal dapat diartikan tidak memiliki masalah kulit khusus yang perlu ditangani, karena produksi sebum cukup seimbang dan teratur. Namun, orang dengan jenis kulit normal juga perlu memilih sabun yang sesuai dengan perubahan suhu untuk menjaga keseimbangan pH kulit yang normal.


Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Bikin Akademi, Pria Ini Punya Mimpi Bakmi Jawa Mendunia

BERIKUTNYA

Cottonology Luncurkan Koleksi Pakaian Bertema Pokemon Pertama

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: