Cuaca terik berpengaruh pada kulit sensitif. (Sumber gambar: Pexels/Antoni Shkraba)

Cuaca Terik, Begini 5 Kiat Untuk Merawat Kulit Sensitif

06 April 2022   |   16:53 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Cuaca sangat terik di siang hari terjadi dalam beberapa pekan terakhir. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap kondisi kulit, terutama pada mereka yang memiliki kulit sensitif. Kemerahan, ruam, iritasi kulit, kulit kering, kulit pecah-pecah, pori-pori tersumbat, hingga kulit terbakar bisa saja terjadi.

Memang menjadi dilematis ketika menghadapi cuaca yang semakin panas ini. Kelenjar minyak atau sebasea kulit mulai memproduksi sebum berlebih yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan kulit berminyak, hingga memicu jerawat dan membuat kulit terlihat kusam.

Terlalu banyak paparan sinar UV pun meningkatkan produksi melanin yang akhirnya menyebabkan kulit kecokelatan. Sehingga diperlukan beragam produk perawatan kulit yang cocok untuk kulit sensitif.

Nah, buat kalian yang memiliki masalah kulit seperti diatas, berikut kiat untuk tetap terlindungi di cuaca yang terik. 
 

1. Pakai pelindung

Usahakan pakai pakaian panjang agar kulit tidak terpapar langsung oleh sinar matahari. Solusi lain pakai saja payung, kacamata hitam, dan topi besar ketika kalian harus bepergian ke luar rumah.
 

2. Gunakan tabir surya

Dermatologist Sushma Yadav menyarankan untuk menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B. Kedua sinar matahari ini dapat membuat kulit kasar, kecoklatan, penuaan dini, menimbulkan bintik penuan, garis-garis halus, dan kerutan. Sebisa mungkin pakai tabir surya dengan SPF 30 atau lebih sekalipun berada di dalam ruang. 
 

3. Tetap terhidrasi

Menghidrasi diri penting untuk perawatan kulit. Saat cuaca panas, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Untuk memenuhi cairan tersebut, minum 7-8 gelas air setiap hari. Untuk yang sedang berpuasa, kalian bisa mencukupi kebutuhan air tersebut pada saat sahur dan setelah berbuka puasa.
 

4. Cuci muka dua kali sehari

Yadav mengimbau untuk mencuci muka dua kali sehari dengan pembersih ringan yang tidak berbusa, bebas minyak, dan tidak komedogenik untuk kulit sensitif. Ini berguna untuk menghilangkan minyak dan polusi dari pori-pori. 

Jangan gunakan air panas. Pakai exfoliator lembut pada kulit untuk mengangkat kulit mati. Jangan gunakan scrub yang keras pada kulit karena dapat merobek kulit dan menyebabkan iritasi.
 

5. Gunakan pelembab berbahan dasar air

Cuaca panas membuat kulit cepat berminyak. Untuk itu, perlu menggunakan produk pelembap hipoalergenik berbahan dasar air ketimbang minyak. Mereka sama-sama menghidrasi, tetapi ringan, lembut di kulit dan sangat cocok untuk musim panas. 


Editor: Gita

SEBELUMNYA

Duo Sutradara Ini Tolak Garap Serial Loki, Ingin Ciptakan Multiverse Buatan Sendiri

BERIKUTNYA

Begini Cara Membangun Fundamental Bisnis Startup Biar Sukses

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: