Dior di Paris Fashion Week 2025 (Sumber Foto: Youtube/FF Channel)

Paris Fashion Week 2025, Debut Alessandro Michele di Valentino dan Kembalinya Gabriela Hearst

25 September 2024   |   06:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Paris Fashion Week menjadi pemberhentian terakhir gelaran pekan mode dunia edisi musim semi dan musim panas 2025. Setelah sebelumnya dilangsungkan di New York, London, dan Milan, kali ini Paris sebagai kota mode akan menjadi tuan rumahnya.

Adapun Paris Fashion Week Spring/Summer 2025 dimulai pada 23 September hingga 1 Oktober 2024. Pada gelarannya yang ke-50, sejumlah desainer dan rumah mode ternama akan mempersembahkan koleksi terbaru untuk edisi musim semi dan musim panas 2025.

Baca juga: Madonna Tampil Misterius dengan Veil Hitam di Dolce & Gabbana Milan Fashion Week 2025

Fédération de la Haute Couture et de la Mode telah menyusun jadwal Paris Fashion Week selama satu pekan ke depan. Nantinya akan ada 66 runway shows dan 40 presentasi mode yang akan tampil.

 

 
Pekan mode Paris dibuka rumah mode Weisanto, Vaquera, dan CFCL. Selama seminggu kedepan, kita akan melihat beragam koleksi terbaru dari merek ternama di dunia yang sangat diantisipasi. Misalnya Dior, Saint Laurent, Loewe, Hermès, Balenciaga, Chanel, dan Louis Vuitton.

Tak kalah menarik ada juga jenama seperti Victoria Beckham, Rick Owens, Courrèges, Rabanne, Isabel Marant, Acne Studios, Balmain, Yohji Yamamoto, Chloé, Balenciaga, Sacai, Gabriela Hearst, Stella McCartney, Isabel Marant, Loewe, Valentino, Undercover, dan lainnya yang unjuk gigi di runway PFW 2025.

Sejumlah momen menarik yang juga sangat dinantikan di Paris Fashion Week Spring/Summer 2025 adalah debut dan comeback-nya sejumlah direktur kreatif untuk rumah mode ternama. Sebut saja debut direktur kreatif Alessandro Michele di Valentino.

Koleksi perdana Alessandro Michele untuk Valentino sangat dinantikan oleh para pecinta mode, sejak pengangkatannya sebagai Direktur Kreatif pada Maret 2024 lalu. Sebelumnya Alessandro Michele dikenal sebagai direktur kreatif untuk Gucci.

"Saya mulai bekerja di Valentino seolah-olah kami adalah sebuah orkestra, setiap orang memainkan alat musiknya dengan penuh cinta dan dedikasi sehingga saya pikir sudah sepantasnya untuk berterima kasih dan bersyukur kepada orang-orang yang telah bekerja keras untuk mewujudkannya,” tutur Michele kepada Vogue Runway.

Meski begitu, sebelum debut resminya di Paris Fashion Week 2025, Alessandro Michele telah meluncurkan koleksi pertamanya untuk Valentino pada hari terakhir Milan Fashion Week Men's 2025. Koleksi ini berjudul Avant les Débuts yang berarti 'sebelum permulaan, terdiri dari 171 looks ready to wear dan 93 aksesori.

Menampilkan mantel dengan kerah berhias bulu, gaun mini berumbai, serta beragam motif kotak-kotak, macan tutul, dan lainnya. Alessandro Michele terinspirasi daei koleksi Sfilata Bianca 1968 karya Valentino Garavani.

Selain debut direktur kreatif baru, pekan mode Paris juga menampilkan koleksi kedua dari sejumlah direktur kreatif yang baru diangkat seperti Chemena Kamali di Chloé, Seán McGirr di Alexander McQueen, dan Pelagia Kolotouros di Lacoste. Karya-karya baru mereka sangat diantisipasi oleh para pecinta mode.

Momen spesial juga akan terjadi Paris Fashion Week Spring/Summer 2025. Ajang ini menandai kembalinya rumah mode Gabriela Hearst sejak terakhir kalo mempresentasikan koleksi musim semi dan musim panas mereka pada 2021 lalu.

Namun tak hanya Gabriela Hearst, Ludovic de Saint Sernin juga kembali menampilkan koleksinya di Paris setelah sebelumnya mereka hadir di New York Fashion Week.

Tak kalah menarik, momen lainnya yang paling ditunggu-tunggu di Paris Fashion Week Spring/Summer 2025 adalah kembalinya Chanel ke venue langganan mereka. Kabarnua Chanel akan kembali menggelar peragaan busananya di Grand Palais setelah empat tahun absen akibat renovasi tempat tersebut.

Sebagai informasi, Grand Palais merupakan salah satu bangunan historis yang terletak antara Champs-Élysées dan Sungai Seine, Beauties. Rumah mode yang berdiri sejak 1910 tersebut mendapatkan hak eksklusif untuk menggelar peragaan busana di sana selama lima tahun ke depan. Namun dengan syarat mereka bisa memberikan revenue lebih dari 30 juta EUR untuk meningkatkan popularitas tempat bersejarah tersebut.

Pekan mode Paris yang dinantikan juga akan menghadirkan sejumlah tamu undangan, mulai dari aktris dan aktor Hollywood sampai idol-idol K-pop yang menjadi brand ambassador merek ternama.

Baca juga: Gaya Idol K-pop di Milan Fashion Week 2025, Ada Jin BTS dan Karina aespa

Sejauh ini ada beberapa nama selebritas yang akan menghadiri peragaan busana di PFW 2025. Misalnya Anya Taylor Joy dan Natalie Portman untuk Dior. Tak ketinggalan, keluarga Beckham juga tak pernah absen mendukung Victoria Beckham yang akan menampilkan koleksi terbaru dari jenama yang didirikannya.

Sementara idol K-pop ada Jisoo BLACKPINK yang akan datang ke show Christian Dior. Cha Eunwoo dan ROSE BLACKPINK untuk Saint Laurent, Wonyoung IVE untuk Miu Miu, Hongjoong ATEEZ untuk Balmain, dan masih banyak lagi.

SEBELUMNYA

Review Film All We Imagine as Light, Kisah Tiga Perempuan Melawan Kegetiran

BERIKUTNYA

Lebih Dekat dengan Gerakan Masyarakat Adat dalam Perspektif Antropolog Yando Zakaria

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: