Bose Ultra Open Earbuds. (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Menjajal Open Ear Earbuds dari Bose & Huawei, Desain Unik & Asyik Tapi Lebih Waspada

24 September 2024   |   08:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

True Wireless Stereo (TWS) semakin beragam jenisnya. Desain yang ditawarkan para pengembang teknologi audio ini pun semakin menarik dan tentunya menyesuaikan bentuk telinga. Ada yang hadir dalam dot, dilengkapi stick, dan terbaru yakni bentuk klip layaknya anting. 

Kendati demikian, Marketing Manager PT Prima Audio Indonesia Kevin Hutabarat mengatakan preferensi orang-orang dalam memilih perangkat audio menjadi semakin beragam saat ini. Namun, kebanyakan orang akan mencari perangkat yang paling sesuai dengan kebutuhannya dan tidak lagi sebatas mencari perangkat audio yang menghasilkan kualitas suara yang baik saja.

Baca juga: JBL Luncurkan Soundgear Frames, Kacamata Audio yang Pakai Teknologi OpenSound

Bagi pengguna yang ingin tetap mode waspada terhadap potensi bahaya ketika mendengarkan musik atau menerima telepon terutama saat berolahraga, mungkin TWS earbuds jenis open ear bisa menjadi pilihan. Pasalnya, pengguna tetap bisa mendengarkan suara-suara yang ada di sekitar meskipun perangkat ini sedang digunakan.

Coach of Fortis Calisthenics Rendra Aditya, mengatakan berolahraga sambil mendengarkan musik menggunakan earbuds memang menyenangkan. Namun, penting untuk memastikan tetap bisa dengar suara di sekitar.

"Enggak gampang lepas, dan pastinya harus nyaman di telinga,” ujarnya.

Beberapa waktu lalu, Hypeabis.id berkesempatan untuk mencoba TWS earbuds terbaru yang memiliki desain unik dan tidak mudah lepas, yakni Bose Ultra Open Earbuds. Cocok untuk menikmati musik saat berolahraga maupun berkegiatan, menerima telepon atau tetap terhubung secara online ketika berada di jalan, perangkat audio ini tetap membuat penggunanya untuk selalu waspada dengan kondisi sekitar. 

Tak dipungkiri beberapa kasus kecelakaaan di jalan terjadi ketika korban menggunakan perangkat audio yang memiliki desain dan fitur kedap suara. Oleh karena itu, dengan TWS jenis open ear, pengguna bisa lebih hati-hati saat memakainya di jalan, berkat cara penggunaannya yang tidak menutup maupun masuk ke dalam lubang telinga.

Saat menjajal Bose Ultra Open Earbuds di jalan raya, Hypeabis.id tetap bisa mendengar suara klakson kendaraan hingga perbincangan orang di sekitar masih terdengar jelas pada batas volume yang aman. Begitu pula saat digunakan di dalam KRL. Suara operator tentang informasi pemberhentian pun masih terdengar. Dengan demikian, pengguna tidak akan terlewat ke stasiun tujuan saat naik kereta.

Kemampuan ini didapat berkat desain yang tidak menutup lubang telinga sepenuhnya. Memanfaatkan sistem clip-on ergonomis berteknologi Flex band, Bose Ultra Open Earbuds didesain untuk menciptakan rasa nyaman pada telinga meskipun digunakan sepanjang hari.

Modelnya berupa clip laiknya anting yang memeluk telinga. Saat digunakan pun perangkat audio ini terbilang ringan dan stabil, bahkan Hypeabis sempat lupa sedang menggunakan Bose Ultra Open Earbuds.

Dari pengalaman mencoba, earbuds ini juga tidak jatuh meski dipakai saat berlari maupun beraktivitas dengan gerakan ekstra. Hypeabis.id pun tidak merasa pusing meskipun Bose Ultra Open Earbuds dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama.
 

Bose Ultra Open Earbuds. (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Bose Ultra Open Earbuds. (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)



Bicara fitur, perangkat ini telah dilengkapi dengan OpenAudio Technology yang memungkinkan pengguna dapat mendengarkan suara yang utuh dan maksimal dengan kebocoran minimal. Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur Auto Volume yang dapat  menyesuaikan volume seiring berubah-ubahnya lingkungan sekitar. Pengguna tetap dapat mendengar musik yang tengah diputar secara jelas ketika mengaktifkan fitur ini melalui aplikasi Bose. 

Ketika berada di lingkungan yang ramai, earbuds akan meningkatkan volume secara otomatis agar pengguna tetap dapat fokus dengan konten yang sedang dinikmati. Bahkan dengan mode Quick Switch, Genhype bisa langsung mengubah output suaranya ke perangkat mana saja hanya dengan 1 kali shortcut

Menariknya, Bose Ultra Open Earbuds dapat tersambung hingga 6 perangkat sekaligus. Sementara itu, dengan teknologi Bluetooth 5.3, earbuds ini memiliki koneksi yang stabil hingga jarak 9,1 meter. 

Tersedia dalam warna Black dan White Smoke yang memiliki aksen metalik, Bose Ultra Open Earbuds bisa digunakan sampai 7 jam dalam mode play, dan 48 jam jika berada dalam mode stand-by. Merasakan durabiltasnya langsung, kualitas suara earbuds ini tetap jernih dan jelas meskipun beberapa kali terjatuh.  

Baterainya juga terbilang awet. Dalam satu bulan, Hypeabis.id hanya melakukan pengisian daya hanya 2 kali dengan penggunaan yang cukup intens.

Sementara itu, Hypeabis.id juga sempat mencoba Huawei FreeClip. Dengan desain klip C-bridge yang mengatur besar tekanan dikeluarkan dalam menjepit daun telinga menggunakan adaptive sensor, bobot perangkat ini hanya 5,7 gram. 

Sama seperti Bose Ultra Open Earbuds, cara pemakaian Huawei FreeClip juga tidak memasukkan modul earbuds sepenuhnya ke dalam lubang telinga, pemakaian menjadi lebih higienis, bahkan untuk waktu lama.

Untuk fitur, Huawei FreeClip memiliki Comfort Bean dan Acoustic Ball, kedua bagian yang dirancang secara ergonomis agar lebih sesuai dengan berbagai bentuk lekukan kontur telinga dan kepala. Perangkat ini juga dilengkapi dengan konektor elastis pada bagian desainnya yang dapat membantu memperkuat kestabilan saat dipakai, sehingga aman digunakan untuk olahraga seperti maraton. 
 

Huawei FreeClip. (Sumber gambar: Huawei)

Huawei FreeClip. (Sumber gambar: Huawei)


Materialnya terbuat dari thermoplastic polyurethane (TPU), bahan yang tidak hanya lebih ramah di kulit, tetapi juga lingkungan. Sementara itu, Huawei FreeClip menjamin kualitas audio yang jernih dan anti bocor berkat teknologi khusus bernama Reverse Sound Field Acoustic System yang dilengkapi fitur Call Noise Reduce dan 2 mikrofon.

Ditambah VPU, pengguna menikmati pengalaman smart audio dengan penyesuaian lebih mudah serta efektif dalam meredam gelombang suara secara halus. Teknologi tersebut juga membantu meminimalisir tingkat kebocoran suara hingga 6-17 dB, sehingga pengalaman mendengarkan audio tetap bisa optimal dalam segala kondisi.

“Konsep open ear TWS  yang revolusioner mempertegas langkah berkelanjutan Huawei dalam inovasi perangkat audio yang senantiasa mengedepankan kecanggihan dalam balutan desain estetis dan fungsionalis demi memperkaya pengalaman mobile pengguna,” tutur Huiler Fan, Country Head of Huawei Device Indonesia.

Baca juga: Jangan Asal Beli, Begini Tip Memilih TWS untuk Olahraga

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Tarif Langganan Naik Hampir 50% per November 2024, Cek 7 Keunggulan YouTube Premium

BERIKUTNYA

Daftar Skuad Timnas Indonesia U-20 untuk Kualifikasi Piala Asia 2025

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: