Ilustrasi pelanggan YouTube. (Sumber gambar: Freepik)

Tarif Langganan Naik Hampir 50% per November 2024, Cek 7 Keunggulan YouTube Premium

24 September 2024   |   07:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Google akan menetapkan tarif baru untuk langganan YouTube Premium mulai November 2024, yang berlaku secara global. Kenaikan biaya yang cukup signifikan akan berlaku untuk semua jenis paket, baik individu, keluarga, maupun pelajar. 

Berdasarkan pemberitahuan yang diterima pelanggan melalui forum Reddit, beberapa negara di Eropa seperti Irlandia, Belgia, Belanda, dan Italia akan melihat lonjakan harga paket keluarga YouTube Premium, yang naik dari 18 euro (sekitar Rp304.208) menjadi 26 euro (sekitar Rp439.411) per bulan mulai November. Kenaikan ini menandai perubahan terbesar sejak layanan ini diluncurkan, dan kemungkinan besar akan diikuti oleh peningkatan harga di wilayah lainnya.

Baca juga: Ingin Dapat Tambahan Cuan? Ini Cara Join Program YouTube Shopping

Nah di Indonesia, paket individu YouTube Premium naik Rp10.000 dari Rp59.000 menjadi Rp69.000 mulai November 2024. Dikutip dari laman YouTube, tarif paket keluarga sebesar Rp139.000, naik Rp40.000 dari semula Rp99.000.

Sementara biaya langganan paket pelajar dikenakan tarif Rp 41.000 dari sebelumnya Rp34.990. Biaya langganan YouTube Premium tersebut belum termasuk pajak sebesar 11 persen. Google memberikan uji coba gratis selama 1 bulan.

YouTube Premium diketahui menawarkan sejumlah keuntungan bagi pelanggannya. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini yuk, Genhype.


1. Bebas Iklan

Pelanggan dapat menikmati jutaan video tanpa gangguan iklan sebelum dan selama video ditayangkan. Pengguna juga tidak akan melihat iklan banner pihak ketiga dan iklan penelusuran.

Kendati demikian, Genhype mungkin masih akan melihat branding atau promosi yang tersemat di konten milik kreator, serta link promosi, galeri, serta fitur yang ada di dalam atau di sekitar konten yang ditambahkan maupun diaktifkan oleh kreator. Link, galeri, dan fitur ini dapat mengarah ke situs, merchandise, langganan ke channel mereka, tiket acara, atau tujuan terkait lainnya yang mereka promosikan.


2. Download Video Untuk Ditonton Offline

Dengan YouTube Premium, pelanggan dapat mengunduh video dan playlist untuk ditonton secara offline saat tidak terhubung ke internet. Dengan Smart Download, konten yang direkomendasikan akan otomatis ditambahkan ke koleksi pelanggan untuk ditonton atau didengarkan secara offline.


3. Putar di Latar Belakang

Genhype dapat memutar video di perangkat seluler saat menggunakan aplikasi lain atau ketika layar nonaktif. Fitur putar di latar belakang tersedia di aplikasi seluler YouTube, YouTube Music, dan YouTube Kids saat kamu login dengan akun langganan YouTube Premium.


4. Akses YouTube Music Premium

Genhype juga dapat mengakses YouTube Music Premium sebagai bagian dari manfaat langganan ini. Dengan YouTube Music Premium, kamu dapat mendengarkan jutaan lagu dan video di YouTube Music tanpa iklan, mendownload lagu dan video ke perangkat seluler untuk didengarkan secara offline, hingga mengaktifkan mode audio saja untuk mendengarkan musik tanpa memuat video.


5. Teruskan Menonton

Dengan Langganan Premium, pengguna dapat terus menonton video dari bagian yang terakhir ditonton untuk pengalaman menonton tanpa gangguan. Jika Genhype berhenti menonton video, YouTube akan menyimpan bagian terakhir yang ditonton agar dapat melanjutkan menontonnya di perangkat lain.


6. Ubah Kualitas Video

Dengan YouTube Premium, pelanggan dapat menonton video dengan resolusi 1080p Premium. Adapun 1080p Premium adalah versi 1080p dengan kecepatan bit yang lebih tinggi. Kecepatan bit yang lebih tinggi memberikan lebih banyak informasi per piksel, sehingga menghasilkan pengalaman menonton dengan kualitas yang lebih tinggi.


7. Buat Antrean Video

Siapkan video untuk ditonton berikutnya tanpa mengganggu video yang sedang ditonton. Antrean di perangkat seluler dan tablet hanya tersedia dengan YouTube Premium.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Sukses di Ekshibisi PON XXI Aceh-Sumut, Tamiya Bakal Jadi Cabor PON 2028

BERIKUTNYA

Menjajal Open Ear Earbuds dari Bose & Huawei, Desain Unik & Asyik Tapi Lebih Waspada

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: