Hiroyuki Sanada dan Anna Sawai dalam serial Shogun (2024) (Sumber gambar: IMDb)

Fakta-fakta Menarik Serial Shogun, Borong 18 Piala di Emmy Awards 2024

17 September 2024   |   18:15 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Primetime Emmy Awards 2024 menjadi ajang unjuk gigi serial Shogun. Karya dari rumah produksi FX itu mendominasi penghargaan bagi program televisi dengan meraih 18 kemenangan, meninggalkan jauh serial lainnya. Di balik prestasi serial Shogun, terdapat sejumlah fakta menarik yang perlu diketahui oleh Genhype

Dikutip Hypeabis.id dari siaran pers Emmy Awards, selisih jumlah penghargaan yang diraih oleh Shogun cukup lebar  dibandingkan dengan serial lainnya. Shogun berhasil membawa pulang 18 piala, diikuti dengan The Bear yang berhasil memenangi 11 kategori. 

Program lainnya yang mendapat penghargaan di ajang Emmy Awards 2024 adalah Baby Reindeer dan Saturday Night Live yang memenangkan 6 kategori. Kemudian, beberapa acara lainnya hanya memenangkan 2 sampai 4 kategori. Serial Mr. & Mrs. Smith yang berasal dari film dengan judul yang sama hanya membawa pulang 2 kemenangan dalam ajang itu.

Baca juga: Daftar Pemenang Emmy Awards 2024, Shogun Bawa Pulang Piala Terbanyak

Adapun, kategori yang dimenangkan oleh Shogun dalam ajang Primetime Emmy Awards 2024 adalah Outstanding Lead Actor In A Drama Series melalui Hiroyuki Sanada yang berperan sebagai Yoshii Toranaga.

Kemudian, serial itu juga membawa pulang piala Primetime Emmy Awards 2024 kategori Outstanding Lead Actress In A Drama Series melalui Anna Sawai yang berperan sebagai Toda Mariko. Tidak hanya itu, serial Shogun juga berhasil memenangkan kategori Outstanding Drama Series.

Kemenangan dominan Shogun membuat banyak orang membicarakan serial ini. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah fakta menarik tentang serial tersebut: 
 

1. Adaptasi novel populer 

Serial drama Shogun yang membawa pulang piala Primetime Emmy Awards 2024 merupakan hasil adaptasi dari novel populer pada 1975 karya James Clavell dengan judul yang sama. Novel Shogun yang ditulis oleh Clavell merupakan salah satu karya paling digemari oleh banyak orang. Novel tersebut sukses menjadi best seller internasional. 
 

2. Bukan adaptasi pertama 

Serial tentang Shogun dari rumah produksi FX sejatinya bukan kali pertama proses adaptasi dari novel terkenal itu. Pada 1980 atau 5 tahun setelah novel James Clavell rilis dan menjadi best seller internasional, mini seri televisi berjudul sama yang juga diadaptasi dari karya Clavell pernah tayang.

Serial yang rilis dalam 5 episode tersebut mendapatkan arahan dari sutradara Jerry London pada 1980. Adapun, pemainnya melibatkan nama-nama seperti Richard Chamberlain, Toshiro Mifune, Yoko Shimada, dan sebagainya. 
 

3. Latar Jepang abad ke-17 

Berbeda dengan mini series televisi pada 1980 yang fokus terhadap karakter John Blackthorne, Shogun produksi FX pada 2024 memiliki fokus terhadap Jepang secara mendalam pada abad ke-17. Karya ini bercerita tentang perebutan kekuasaan di antara panglima perang Jepang.

Selain itu, nama sejumlah karakter dalam serial Shogun paling baru juga masih sama jika dibandingkan dengan serial yang rilis pada 1980. 
 

4. Banjir penghargaan 

Piala yang diraih oleh serial Shogun dari penyelenggara Primetime Emmy Awards 2024 menambah deretan penghargaan yang pernah dibawa pulang oleh karya ini. Sebelumnya, Shogun juga tercatat pernah memenangkan sejumlah penghargaan.

Salah satunya adalah ajang Television Critics Association Awards. Shogun tercatat membawa pulang kategori Program of the Year, Outstanding Achievement in Drama, Outstanding New Program, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Cek Daftar Pemenang Creative Arts Emmy Awards 2024: Shogun & The Bear Mendominasi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Banyak Makan Korban, Bighit Music Ungkap Peringatan Phising & Cara Mengenalinya

BERIKUTNYA

Intip Persiapan Pestapora 2024: Ada 17 Panggung Megah Berdiri di Gambir Expo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: