Ilustrasi Piala Emmy Awards (Sumber gambar: emmys.com)

Serikat Penulis Amerika Serikat Mogok, Emmy Awards ke-75 Terancam Tertunda Tahun Ini

12 July 2023   |   17:56 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Ajang penghargaan Emmy Awards yang terancam tertunda imbas adanya aksi mogok kerja penulis Hollywood. Gelaran penghargaan sekaligus apresiasi pada insan pertelevisian di Amerika Serikat itu sejatinya dijadwalkan bakal dihelat pada 18 September 2023.

Namun berdasarkan laporan Variety, Television Academy dan Fox selaku penyelenggara masih menggelar jadwal baru untuk malam penganugerahan. Mereka memilih untuk memundurkan jadwal dua bulan setelahnya, tepatnya pada November 2023 tahun ini.

Alasannya, mereka ingin Emmy Awards tetap diadakan saat musim gugur seperti tahun-tahun sebelumnya. Tak hanya itu, mereka juga berharap aksi mogok besar-besaran dari para serikat  penulis Writers Guild of America (WGA) dapat berhenti pada November mendatang.

Baca juga: Ini 4 FIlm yang Harus Tertunda Akibat Aksi Mogok Para Penulis Naskah

Akan tetapi, hal itu sepertinya juga tidak mungkin terjadi. Pasalnya, pada November akan ada jadwal lain seperti NFL yang tentunya menyita perhatian masyarakat. Bahkan, Golden Globe Awards dijadwalkan juga pada 7 Januari, lalu diikuti Critics Choice Awards seminggu kemudian.

Oleh karena itu Fox ingin agar Emmy Awards diadakan awal tahun depan. Sebab, jika merujuk pada gelaran sebelumnya, slot yang masih tersisa untuk Emmy Awards adalah pada tanggal 21 Januari 2024 jika mereka memilih untuk diundur hingga tahun depan tanpa khawatir akan mogok penulis dan jadwal yang padat.

Menurut sumber anonim, Television Academy dan Fox saat ini masih menunggu untuk melihat apakah serikat pekerja film Amerika SAG-AFTRA akan ikut turun ke jalan bersama WGA atau tidak. Sebab, jika para aktor dalam serikat pekerja itu ikut berdemo, maka ada kemungkinan semua acara Hollywood bakal ditunda, termasuk Emmy Awards.

Kendati begitu pihak penyelenggara tidak melihat opsi lain bahwa Emmy Awards bakal dibatalkan karena merupakan gelaran ke-75 acara penghargaan tersebut. Dalam sejarahnya, ini bukan kali pertama Emmy Awards mengalami penundaan. Sebelumnya acara tersebut juga pernah ditunda pada 2001 pasca tragedi serangan 9/11.

Sebagai tambahan informasi, para penulis yang tergabung dalam Writers Guild of America (WGA) sedang melakukan aksi unjuk rasa yang sudah berlangsung sejak Mei 2023. Aksi WGA ini bahkan mewakili lebih dari 11.500 penulis di industri di Hollywood dalam menyuarakan hak-hak mereka yang dikebiri.

Salah satunya termasuk tuntutan WGA kepada perusahaan tempat kerja mereka, termasuk studio produksi dalam memberikan upah yang layak bagi pekerja kreatif. Hingga saat ini para penulis itu pun masih berunding dengan studio tempat mereka bekerja untuk menemukan kesepakatan yang terbaik bagi kedua belah pihak.

Emmy Awards merupakan rangkaian penghargaan untuk insan pertelevisian Amerika Serikat yang fokus pada aspek artistik dan capaian teknis untuk program-program prime time industri televisi. Para pemenang Emmy biasanya akan mendapatkan piala penghargaan berbentuk seorang wanita bersayap yang mengangkat globe. 

Kategori-kategori yang dilombakan oleh penghargaan Emmy adalah tayangan serial seperti serial drama, serial komedi, mini serial, dan musik. Dalam daftar serial tersebut, nantinya akan dipilih serial terbaik dari aktor/aktris utama dan aktor/aktris pendukung oleh juri yang berkompeten.

Selain itu, ada pula penghargaan untuk sutradara terbaik, produser terbaik, penulis naskah terbaik untuk masing-masing genre serial, hingga penghargaan untuk penata kostum,  penata visual, dan penata audio effect.

Baca juga: Lee Jung-Jae Menang Best Lead Actor, Ini Daftar Para Pemenang Emmy Awards ke-74

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Bikin Nostalgia, Hugh Jackman Kenakan Kostum Baru Wolverine di Deadpool 3

BERIKUTNYA

Diikuti 9 Tim Esports, Catat Jadwal Pertandingan & Cara Nonton MPL ID S12 Week 1

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: