LIverpool akan berhadapan dengan AC Milan dalam pertandingan hari pertama Liga Champions 2024/2025 (Sumber gambar/ilustrasi: Pexels/ Tembela Bohle)

Jadwal Liga Champions 2024: Laga Perdana Dibuka AC Milan Kontra Liverpool

17 September 2024   |   14:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ajang Liga Champions akan bergulir mulai 17 September 2024 dengan format baru tanpa babak penyisihan grup. Pada pertandingan hari pertamanya, dua klub besar akan bertemu dalam laga pembuka ajang liga paling bergengsi bagi klub sepak bola dunia tersebut.

Dikutip dari laman UEFA, Komite Eksekutif UEFA menghapus sistem babak penyisihan grup pada tahun ini. Berbeda dengan musim lalu, mulai musim 2024/2025, ada 36 klub yang akan berpartisipasi dalam fase liga ajang ini.

Baca juga: Liga Premier Inggris Bakal Ganti VAR dengan iPhone Buat Deteksi Pelanggaran & Offside

Dalam format baru, setiap klub akan melakoni 8 pertandingan fase awal sebagai sistem baru, sehingga tidak lagi menghadapi tiga lawan dengan sistem kandang dan tandang.

Pada sistem baru ini, setiap klub akan menghadapi pertandingan melawan 8 klub berbeda, dengan pola bermain setengah laga kandang dan setengahnya lagi tandang.

Untuk menentukan delapan lawan yang berbeda, klub-klub tersebut pertama-tama akan diperingkat dalam 4 pot unggulan. Kemudian, setiap klub akan diundi untuk melawan dua lawan dari masing-masing pot ini. Mereka akan memainkan satu pertandingan melawan klub dari setiap pot di kandang dan satu pertandingan tandang.

Format baru ini diklaim akan memberikan kesempatan bagi klub untuk menguji diri menghadapi lawan yang lebih beragam dan meningkatkan prospek bagi para penggemar untuk menyaksikan klub-klub papan atas lebih banyak berlaga sejak awal kompetisi.

Tidak hanya itu, Komite Eksekutif juga mengeklaim bahwa format ini juga akan menghasilkan pertandingan yang lebih kompetitif bagi setiap klub secara keseluruhan.

Lewat sistem baru ini, 8 klub teratas pada fase awal liga akan lolos otomatis ke babak 16 besar. Sementara itu, klub yang berada dari posisi ke-9 hingga ke-24 akan bertanding dalam babak play-off sistem gugur leg kedua untuk mengamankan tiket ke babak 16 besar kompetisi.

Kemudian, klub yang berada di posisi ke-25 atau lebih rendah akan tereliminasi, tanpa akses ke Liga Eropa UEFA. Dari babak 16 besar dan seterusnya, kompetisi akan terus mengikuti format babak sistem gugur yang ada hingga babak final di tempat netral.

Berdasarkan laman UEFA, pada pertandingan hari pertama, sejumlah klub besar tercatat akan bertanding dan beberapa di antaranya harus berhadapan satu sama lain. Klub-klub yang akan bertanding pada hari pertama, yakni 17 September 2024 adalah Juventus, PSV, Young Boys, Aston Villa, Bayern Munchen, GNK Dinamo, AC Milan, Liverpool, Real Madrid, Stuttgart, Sporting CP, dan Lille.

Di antara klub-klub tersebut, Juventus akan berhadapan dengan PSV. Sementara Bayern Munchen bertemu dengan GNK Dinamo, dan Real Madrid menghadapi Stuttgarts.

Kemudian, Sporting CP juga bertemu dengan Lille pada pertandingan hari pertama. Pada pertandingan lainnya, Young Boys akan berhadapan dengan Aston Villa. Selain itu, AC Milan bertanding melawan Liverpool.

Di antara jadwal pertandingan tersebut, pertemuan antara AC Milan dengan Liverpool akan ditunggu-tunggu oleh para pencinta sepak bola dunia. Liverpool merupakan klub yang datang dari Liga Premier Inggris dan salah satu klub kuat di liga tersebut.

Baca juga: Liga Italia: Emil Audero Mulyadi Gabung ke Como 1907, Jadi Pelapis Pepe Reina

Semetara AC Milan berasal dari Liga Serie A Italia. AC Milan juga merupakan salah satu klub kuat dari kompetisi di negara tersebut. Keduanya juga tercatat menjadi peraih gelar Liga Champion lebih dari satu kali.

AC Milan tercatat telah meraih juara Liga Champions sebanyak 7 kali. Sementara itu, Liverpool membawa pulang piala ajang tersebut sebanyak 6 kali. Pertandingan antara keduanya kemungkinan akan berjalan ketat lantaran ingin meneruskan tradisi juara yang dimiliki.

Tidak hanya itu, AC Milan dan Liverpool juga tidak akan begitu saja melepaskan kompetisi antara klub di negara-negara Eropa tersebut.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Hypeprofil Editor Aline Jusria: Resep Bercerita dalam Penyuntingan Film

BERIKUTNYA

Makin Banyak Dibicarakan, Music Video Musisi Indonesia Kembali Bergairah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: