Alexandre Pato. (Sumber foto: X/Pato)

Profil Singkat Pesepakbola Brasil Alexandre Pato, Peluang Join Persib?

12 July 2024   |   13:08 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Pemain sepak bola Alexandre Pato tiba-tiba menjadi perbincangan para pencinta sepak bola di kalangan netizen Indonesia. Pria yang pernah membela klub asal Italia, yakni AC Milan itu mengikuti akun media sosial Instagram Persib. Langkah itu membuat sang pemain diisukan akan membela klub asal Bandung tersebut. 

Pemilik nama lengkap Alexandre Rodrigues da Silva itu merupakan pemain asal Brasil yang telah membela banyak klub besar di Eropa. Tidak hanya itu, pria kelahiran 1989 ini juga pernah digadang-gadang menjadi pemain masa depan Brasil meskipun pada akhirnya kerap berkutat dengan cedera.

Baca juga: Profil Jude Bellingham, Gelandang Muda Masa depan Sepak Bola Inggris

Pemain yang kerap menjalani peran sebagai penyerang depan tengah itu memulai karier sebagai pemain sepak bola sejak 2006. Pada saat itu, dia merumpun di tim asal Brasil bernama Internacional pada 1 Januari 2006.

Satu tahun berselang atau Agustus 2007, klub AC Milan memboyongnya. Di klub ini, kariernya cemerlang dan bermain cukup lama. Dia juga pernah menjadi pemain muda terbaik bersama klub yang identik dengan warna merah tersebut.

Pria yang kerap disapa Pato itu juga pernah merasakan juara Liga Champion dan Italian Super Cup saat masih berseragam AC Milan. Pada 2013 atau setelah 6 tahun, dia memutuskan untuk pindah ke Corinthias, yakni tim asal Brasil.

Pato berkelana ke Sao Paulo pada 2015 dengan status sebagai pemain pinjaman sampai akhir tahun. Pada awal 2016, dia kembali ke Eropa. Pada saat itu, dia berkelana ke Chelsea dengan status pemain pinjaman selama 6 bulan.

Pada pertengahan 2016, Pato pindah klub dari Corinthians ke Villareal. Di klub yang berlaga di La Liga Spanyol itu, dia bermain hanya sampai akhir tahun dan pindah ke Tianjin Quanjian pada awal 2017.

Di klub asal China tersebut, sang pemain mendapatkan kontrak selama 2 tahu, yakni sampai 2019. Pato kembali ke Brasil pada Maret 2019 dan berlabuh di Sao Paulo. Dari Brasil, Pato mencoba keberuntungannya dengan berpetualang ke Amerika Serikat dan berlabuh di klub Orlando pada 2021 setelah sempat tanpa klub pada 2020.

Pada saat ini, Pato tercatat tanpa klub setelah pada awal 2024 bermain kembali untuk klub Sao Paulo. Pemain dengan tinggi 1,8 meter itu juga tercatat telah beberapa kali menjadi andalan pelatih tim nasional Brasil. Dia tercatat telah memperkuat tim nasional yang berjuluk A Selecao sebanyak 27 kali dengan jumlah gol sebanyak 10.

Dalam perjalanan kariernya, Pato pernah membawa Brasil U20 menjuarai American Championship Winner U-20 sebanyak satu kali pada 2007. Kemudian, dia juga pernah merasakan juara Confederations Cup Winner bersama tim senior Brasil pada 2009.

Saat di Major League Soccer (MLS), Pato mempersembahkan US Open Cup Winner sebanyak satu kali bersama dengan Orlando pada musim 2021/2022.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

We The Fest 2024 Rayakan 10 Tahun dengan Lineup Spektakuler di GBK Sports Complex

BERIKUTNYA

Intip Rahasia Sukses Berbisnis Bareng Pasangan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: