Indonesia memiliki sejumlah gunung yang indah dan jalur yang tidak sulit untuk didaki (Sumber gambar/ilustrasi: Pexels/ Archie Binamira)

Rekomendasi Gunung di Indonesia dengan Jalur Pendakian Landai untuk Pemula

17 September 2024   |   09:07 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Mendaki gunung menawarkan pengalaman tak terlupakan bagi siapa saja yang ingin menikmati keindahan alam dari ketinggian. Bagi Genhype yang masih pemula atau ingin merasakan pesona puncak tanpa perlu melewati jalur yang terlalu menantang, Indonesia memiliki banyak gunung dengan rute yang relatif mudah.

Dengan pemandangan memukau yang tersaji di setiap langkah, perjalanan ke gunung tak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga ketenangan jiwa. Negara ini memang kaya akan gunung-gunung indah yang kini menjadi destinasi favorit bagi mereka yang ingin terhubung dengan alam lebih dekat.

Baca juga: 4 Spot Sunrise Paling Instagrammable di Gunung Bromo

Selain pemandangan, proses pendakian menuju puncak juga menjadi bagian yang penuh dengan keseruan karena pendaki akan merasakan suasana alam yang tidak akan ditemukan di perkotaan yang penuh dengan polusi dan kebisingan.

Saat menuju puncak, sejumlah orang memilih jalur yang menantang dengan kondisi jalan terjal. Ada beberapa alasan yang membuat pendaki mencari jalan yang kondisi medan yang terjal. Salah satu di antaranya adalah adrenalin.

Meskipun begitu, ada juga beberapa pendaki yang lebih memilih jalur landai atau kondisi medan yang tidak terlalu sulit dalam mencapai puncak. Selain sebagai pemula, pendaki yang memilih jalur landai biasanya datang secara berkelompok, mengutamakan pemandangan alam, dan sebagainya.

Genhype yang hendak naik gunung melalui jalur landai atau kondisi medan yang tidak terlalu sulit, berikut sejumlah pilihannya:


1. Gunung Andong, Jawa Tengah

Dengan ketinggian 1.726 mdpl, Gunung Andong menawarkan pengalaman mendaki yang menyenangkan, bahkan bagi pemula. Berdasarkan laman resmi Pemerintah Kabupaten Magelang, jalur menuju puncak tidak terjal, waktu tempuhnya singkat, dan jalurnya pun cukup aman.

Para pendaki memiliki beberapa opsi rute menuju Gunung Andong. Dari selatan, bisa melalui Yogyakarta, Ketep Magelang, dan Purworejo. Dari utara, pendaki dapat berangkat dari Semarang, Salatiga, Ungaran, Boyolali, atau Solo.

Sementara itu, dari barat, jalur Grabag, Wonosobo, Secang, Temanggung, hingga Parakan bisa menjadi alternatif. Dengan berbagai pilihan rute, pendakian ke Gunung Andong menjadi semakin mudah diakses oleh siapa saja.


2. Gunung Batur, Bali

Gunung Batur di Bali adalah salah satu gunung yang populer untuk pendaki, terutama bagi pemula. Dengan ketinggian sekitar 1.717 mdpl, Gunung Batur menawarkan jalur pendakian yang relatif mudah dan tidak terlalu terjal dibandingkan dengan beberapa gunung lainnya.

Jalur pendakiannya seringkali sudah dipersiapkan dengan baik dan terdapat pemandu lokal yang siap membantu. Di antara jalur yang tersedia, rute dari Toya Bungkah dapat menjadi pilihan untuk mencapai puncak. Pendaki juga bisa memanfaatkan jasa ojek, dan berjalan sekitar 20 menit setelahnya sampai ke puncak.


3. Gunung Burangrang, Jawa Barat

Gunung Burangrang memiliki ketinggian sekitar 2.050 mdpl. Jalur pendakiannya bervariasi, dengan beberapa bagian mungkin agak menantang, terutama jika dibandingkan dengan gunung-gunung dengan jalur lebih mudah seperti Gunung Andong. Namun, secara umum, jalur menuju puncak tidak terlalu terjal dan bisa diakses oleh pendaki pemula dengan persiapan yang baik. Rute Pangheotan bisa menjadi pilihan karena cenderung ringan jika dibandingkan dengan jalur lainnya.


4. Gunung Papandayan, Jawa Barat

Berdasarkan laman Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Gunung Papandayan menjadi salah satu gunung yang dapaat menjadi pilihan bagi pemula jika menginginkan jalur pendakian yang landai.

Gunung dengan ketinggian 2.665 meter di atas permukaan laut ini menawarkan variasi jalur pendakian yang menarik. Bagi para pendaki pemula atau mereka yang mencari rute yang lebih mudah, jalur Cisurupan adalah pilihan ideal. Sebaliknya, bagi mereka yang mencari tantangan lebih, jalur Pandeglang menyajikan pengalaman pendakian yang lebih terjal dan menantang. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

7 Cara Aman Berkendara Motor Saat Hujan, Perhatikan Kondisi Ban dan Kecepatan

BERIKUTNYA

Klasemen Makin Ketat, Cek Jadwal Pertandingan BRI Liga 1 2024/2025 Pekan Kelima

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: