Aksi atlet lari cepat dari Indonesia dalam ajang Asian Games 2022. (Sumber gambar: Kemenpora RI)

Update Perolehan Medali & Jadwal Pertandingan Asian Games 2022, Indonesia Masuk 10 Besar

02 October 2023   |   12:54 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tim kontingen Indonesia terus menunjukkan taringnya di ajang Asian Games 2022 yang berlangsung di Hangzhou, China. Hingga 1 Oktober 2023, Indonesia berada dalam 10 besar perolehan medali di Asian Games 2022. Di pesta olahraga empat tahunan itu, tim merah putih sementara ini berhasil mengumpulkan total 18 medali.

Seluruh medali tersebut terdiri dari 4 medali emas, 3 medali perak, serta 11 medali perunggu. Capaian ini meningkat dari posisi sebelumnya yang berada di nomor 13 dengan perolehan sebanyak 16 medali. 

Baca juga: Profil Muhammad Sejahtera Dwi Putra, Atlet Menembak yang Bawa Emas Pertama Asian Games 2022 untuk Indonesia

Indonesia mendapatkan tambahan satu medali emas dan satu medali perunggu yang didapatkan dari cabang olahraga (cabor) Cycling BMX Racing. Medali emas diraih oleh atlet Amellya Nur Sifa di nomor Women's Moto Run 3, serta medali perunggu diraih oleh Jasmine Azzahra Setyobudi di nomor Women's Moto Run 3.
 


Posisi Indonesia berada empat tingkat lebih unggul dibandingkan negara Bahrain dengan 8 medali, Iran dengan 27 medali, Kazakhstan dengan 31 medali, dan Malaysia dengan 20 medali.

Adapun, puncak klasemen perolehan medali masih dipegang oleh China sebagai tuan rumah, yang mengumpulkan total 242 medali yang terdiri dari 131 medali emas, 72 medali perak, dan 39 medali perunggu.

Posisinya disusul oleh Korea Selatan yang meraih total 125 medali yakni 30 medali emas, 35 medali perak, dan 60 medali perunggu; serta Jepang dengan total 112 medali yakni 29 medali emas, 41 medali perak, serta 42 medali perunggu.
 

Jadwal Pertandingan Asian Games 2022, 2 Oktober 2023

Tim merah putih akan melanjutkan perjuangannya di Asian Games 2023. Hari ini, Senin (2/10/2023), memasuki hari kesembilan penyelenggaraan kompetisi olahraga terbesar di Asia itu. Deretan atlet andalan Indonesia pun siap berlaga dan mengerahkan segala kemampuan terbaiknya untuk ragam pertandingan cabang olahraga.

Dilansir dari akun media sosial Kemenpora RI, hari ini, tim nasional Indonesia akan sebanyak 35 cabor yang dipertandingkan di Asian Games 2022 seperti panahan, sepaktakraw, atletik hingga badminton. Dari jumlah tersebut, tim merah putih berpeluang mendapatkan tambahan medali beberapa cabor seperti dayung, menyelam (diving), dan atletik.
 


Dari cabor dayung, Indonesia memiliki wakil yang bakal turun di tiga laga final. Ketiga atlet tersebut yakni Rudiansyah yang akan bertanding di nomor Men's Canoe Single 1000 m, ganda putri Riska Andriyani dan Nur Meni di nomor Women's Canoe Doubles 500 m, serta ganda putra Indra Hidayat dan Irwan di nomor Men's Kayak Doubles 500 m.

Peluang meraih medali juga datang dari cabor diving atau menyelam. Atlet Gladies Lariesa Garina Haga akan berjuang di laga final diving nomor Women's 1 m Springboard yang akan berlangsung di Hangzhou Olympic Sports Centre Aquatic Sports Arena pada pukul 15.00 WIB. Selain itu, ada juga tim basket putri yang akan berjuang di babak perempat final melawan Jepang. 

Sementara dari cabor atletik, ada atlet Maria Natalia Londa  yang akan bertanding di babak final dalam nomor lompat jauh putri. Maria akan berlaga di Hangzhou Olympic Sports Centre Stadium pada pukul 18.10 WIB.

Hari ini juga tim merah putih akan melakoni sejumlah babak awal pertandingan cabor panahan. Sejumlah atlet andalan panahan Tanah Air akan bertanding di babak penyisihan grup melawan atlet-atlet dari berbagai negara seperti Malaysia, Filipina, Vietnam, Hong Kong, dan Singapura. 

Atlet dari cabor bulutangkis juga akan kembali berjuang pada gelaran Asian Games 2022 hari ini. Ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati akan menghadapi laga tidak mudah melawan wakil China Taipei yakni Ye Hong Wei/Lee Chia Hsin.

Selain itu, akan hadir pula aksi ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari melawan Kim Won Ho/Jeong Na Eun dari Korea Selatan, serta Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang akan bertemu pemain Makau, Leong Iok Chong/Vong Kok Weng.

Dari cabor angkat beban, atlet Natasya Beteyob akan berlaga di nomor Women's 59 kg grup B, sedangkan Tsabitha Alfiah Ramadani bertanding di nomor Women's 64 kg. Sedangkan di cabor sepaktakraw, tim atlet putri akan berhadapan dengan Jepang, lalu tim atlet putra berhadapan dengan Myanmar.

Tak ketinggalan, wakil Indonesia juga akan berjuang di beberapa pertandingan cabor lain seperti bridge, hocky, dan catur.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Tip Memilih Perhiasan yang Aman Untuk Anak

BERIKUTNYA

Hypereport: Meracik Strategi Meraih Untung dari Live Selling

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: