James Earl Jones (Sumber Foto: Imdb)

Rekam Jejak Filmografi James Earl Jones, Pengisi Suara Darth Vader dan Mufasa

10 September 2024   |   19:42 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Aktor legendaris Hollywood, James Earl Jones meninggal dunia pada usia 93 tahun. Pengisi suara Darth Vader dalam waralaba Star Wars tersebut mengembuskan napas terakhirnya di kediamannya, Dutchess County, New York pada Senin (9/9/2024).

Jones memulai kariernya di dunia seni peran sejak bergabung dengan Teater Ramsdell di Manistee, Michigan pada 1953. Sejak awal hingga pertengahan 1960-an, Jones berakting dalam berbagai karya William Shakespeare. Dia melakoni berbagai peran seperti Othello dan King Lear, Oberon dalam A Midsummer Night's Dream, Abhorson dalam Measure for Measure, dan Claudius dalam Hamlet.

Baca juga: James Earl Jones, Aktor & Pengisi Suara Darth Vader Meninggal Dunia Usia 93 Tahun

Selama periode tersebut dia juga mulai menjajal akting dalam film. Jones memulai debutnya dalam film Stanley Kubrick's Dr. Strangelove or: How I Learned to Stop Worrying and Love the Bomb (1964) sebagai Lt. Lothar Zogg muda. 

Sejak saat itu, Jones terus mendapat pengakuan luas atas aktingnya. Sampai akhirnya berhasil membintangi beberapa film box office pada era 1980-an. Mulai dari film aksi-fantasi berjudul Conan the Barbarian (1982), film komedi Eddie Murphy Coming to America (1988), dan drama olahraga Field of Dreams (1989) yang mengantarkannya untuk mendapatkan penghargaan Academy Award untuk nominasi Best Picture.

Selain berakting dalam film, Jones juga membintangi sejumlah drama televisi. Misalnya tiga seri Gabriel's Fire dan versi terbarunya Pros and Cons yang ditayangkan di ABC antara 1990 dan 1992. Pada acara tersebut, Jones memerankan seorang mantan polisi yang dihukum atas pembunuhan, setelah dibebaskan dari penjara dia menjadi detektif swasta.

Jones juga menjadi bintang tamu di banyak acara televisi populer selama bertahun-tahun, termasuk Law & Order di NBC, Lois & Clark: The New Adventures of Superman di ABC, drama medis Fox berjudul House, The Big Bang Theory dan Two and a Half Men di CBS.

Pada 2009, atas karyanya dalam film dan televisi, Jones dianugerahi penghargaan Screen Actors Guild Life Achievement Award oleh Forest Whitaker.
 

Pengisi Suara Darth Vader dalam Star Wars

 

Selain menjajal akting, Jones mulai tertarik dengan bidang sulih suara. Popularitasnya langsung melonjak setelah menjadi pengisi suara untuk karakter Darth Vader dalam Star Wars: A New Hope (1977), serta sekuelnya The Empire Strikes Back (1980) dan Return of the Jedi (1983)

Jones mengisi suara Darth Vader dalam karena aksen West Country yang kental milik David Prowse, aktor pemeran Darth Vader, dianggap tidak cocok untuk peran tersebut oleh sutradara George Lucas. Suara khas Jones saat menyuarakan Darth Vader sangat ikonik dan terus diingat oleh para penggemar waralaba Star Wars. 

Tak sampai di sana, Jones kembali meminjamkan suara bass-nya sebagai pengisi suara Pharaoh di episode pertama Hanna-Barbera's The Greatest Adventure: Stories from the Bible (1985). Selain itu, dia juga mengisi suara The Simpsons dalam edisi spesial Halloween Treehouse of Horror (1990), serta dua musim lainnya pada 1994 dan 1998. 

Suaranya yang ikonik juga terdengar dalam film animasi The Lion King (1994) sebagai Mufasa. Pada 2019, dia kembali menjadi pengisi suaran Mufasa untuk pembuatan ulang CGI dari The Lion King yang disutradarai oleh Jon Favreau, di mana dia adalah satu-satunya anggota pengisi suara asli yang melakukannya.

Pada 2022, suaranya digunakan melalui perangkat lunak Respeecher untuk Darth Vader dalam miniseri Disney+ Obi-Wan Kenobi. Selama produksi, Jones menandatangani kesepakatan dengan Lucasfilm yang mengizinkan rekaman arsip suaranya digunakan di masa depan untuk menghasilkan suara Darth Vader secara artifisial. Selanjutnya dia mengumumkan pensiun sebagai pengisi suara Darth Vader.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Waspada Kekeringan, 34 Daerah di Indonesia Masuk Peringatan Dini BMKG

BERIKUTNYA

Debut Apple Watch Series 10: Desain Lebih Tipis, Layar Terbesar, dan Teknologi Terkini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: