James Earl Jones, Pengisi Suara Darth Vader dan Mufasa, Berpulang. (Sumber foto: X/@variety)

Aktor Legenda James Earl Jones Tutup Usia, Insan Hollywood Berduka

10 September 2024   |   11:23 WIB
Image
Wildan Adil Hilba Mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta

Dunia hiburan Amerika Serikat kehilangan salah satu aktor legendarisnya, James Earl Jones, yang meninggal pada usia 93 tahun. Aktor ini menghembuskan napas terakhirnya pada pagi hari di kediamannya di Dutchess County, New York seperti dikutip dari laman Deadline.

Jones dikenal sebagai salah satu aktor yang berhasil meraih status EGOT, yaitu memenangkan penghargaan Emmy, Grammy, Oscar, dan Tony. Meski dia telah berperan dalam berbagai film dan teater, publik akan lebih mengenalnya sebagai pengisi suara Darth Vader dalam waralaba Star Wars serta Mufasa dalam film animasi The Lion King produksi Disney.

Baca juga: Alain Delon Tutup Usia 88 Tahun, Tinggalkan Jejak Mendalam di Dunia Perfilman

Perjalanan karier James Earl Jones di dunia perfilman dimulai pada era 1960-an. Debut film layar lebarnya adalah dalam film garapan Stanley Kubrick bertajuk Dr. Strangelove or: How I Learned to Stop Worrying and Love the Bomb yang dirilis pada 1964.

Sejak saat itu, dia terus mendapat pengakuan luas atas berbagai penampilannya yang hebat dan beken, termasuk dalam film Claudine, Field of Dreams, The Sandlot, City Limits, dan Coming To America.

Namun, perannya sebagai Darth Vader dalam Star Wars: A New Hope (1977) yang membawanya ke puncak ketenaran internasional. Suara khasnya sebagai karakter tersebut menjadi ikon dan terus diingat dalam berbagai proyek Star Wars, termasuk penampilannya di The Rise of Skywalker pada 2019. Selain itu, pada 1994, dia juga dapat mengambil hati penggemar ketika mengisi suara Mufasa dalam film animasi The Lion King.

Mengutip laman NME, selain di dunia film, Jones juga berkarier di televisi dengan tampil dalam serial seperti Paris, Long Ago and Far Away, Gabriel's Fire, 3rd Rock From The Sun, hingga The Big Bang Theory dan Star Wars Rebels.

Di dunia teater, penampilannya yang menonjol termasuk dalam produksi teater terkenal seperti Othello, Of Mice and Men, Hamlet, Driving Miss Daisy, Much Ado About Nothing, dan yang terbaru, The Gin Game.

Setelah kepergiannya, banyak aktor serta pelaku industri memberikan penghormatan terakhir kepada Jones. Mark Hamill, yang berperan sebagai Luke Skywalker dalam Star Wars, menyatakan bahwa Jones merupakan aktor terbaik di dunia.

"Dia adalah salah satu aktor terbaik di dunia, dan kontribusinya terhadap Star Wars sangat berharga. Kami akan sangat merindukannya." Uhar Mark.

George Lucas, kreator Star Wars, juga menyampaikan rasa dukanya atas kepergian James Earl Jones. Menurut Lucas, James adalah aktor yang luar biasa dengan suara yang sangat khas dan ikonik. Selama hampir 50 tahun, James memerankan Darth Vader dengan penuh kedalaman dan makna.

Baca juga: Jurnalis Rock Berpengaruh Charles R Cross Tutup Usia

Namun, di balik peran tersebut, dia adalah sosok yang penuh kasih, baik sebagai aktor maupun dalam kehidupan pribadinya. Lucas menambahkan bahwa James adalah suami dan ayah yang setia serta akan sangat dirindukan oleh banyak orang.

"Dia adalah aktor luar biasa dengan suara khas dan hati yang penuh kasih. Dia akan dirindukan oleh teman dan penggemar," ucap Lucas.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

5 Trik Canva Agar Lebih Kreatif dan Produktif saat Bekerja

BERIKUTNYA

Jadwal Film yang Tayang di Bioskop XXI dan CGV September 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: