Suasana sebuah taman dalam festival musim gugur di Hong Kong (Sumber gambar: Hong Kong Tourism Board )

Cek 4 Agenda Seru untuk Merayakan Musim Gugur & Halloween di Hong Kong 

07 September 2024   |   12:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Hong Kong menjadi alternatif pilihan untuk berlibur merayakan musim gugur hingga pergantian tahun. Berbagai jenis destinasi wisata  mulai dar kuliner hingga tradisi dapat ditemui dan dinikmati oleh para pelancong, termasuk dari Indonesia. Turis juga bisa melihat langsung perpaduan tradisi dengan energi modern di kota metropolis itu. 

Selain dikenal dengan wisata alam dan budayanya, Hong Kong juga populer wisata musim gugurnya yang unik. Momen ini biasanya terjadi sekitar bulan Oktober-Desember, dengan cuacanya yang sejuk nyaman, bersuhu rata-rata berkisar antara 18-28°C. Ini merupakan waktu yang ideal untuk berkeliling kota tanpa terganggu oleh panas atau hujan yang ekstrem.

Baca juga: Destinasi Wisata Ramah Muslim di Hong Kong, Kuliner Halal sampai Masjid Megah

Bagi Genhype yang berencana mengunjungi Hong Kong, berikut adalah agenda seru sepanjang  musim gugur di Kota Mutiara dari Timur itu mulai dari kemeriahan Halloween hingga Mid-Autumn Festival, dan Hong Kong Wine & Dine Festival.


1. Tari Tradisi Naga Api

 

tarian Naga Api Tai Hang  (

tarian Naga Api Tai Hang (Sumber gambar: Hong Kong Tourism Board )

Menyambut musim gugur, tarian Naga Api Tai Hang yang ikonis,juga akan dihelat tahun ini. Karya tradisi yang bermula dari sebuah desa nelayan kecil bernama Tai Hang itu, telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Nasional, dan akan dipertontonkan ke publik pada 16-18 September 2024. 

Lebih dari 300 penari nantinya akan bekerja sama untuk membawa dan menggerakkan naga besar yang diterangi api sepanjang 67-meter melewati. Naga yang terbuat dari sedotan mutiara dan dilapisi sekitar 12.000 dupa ini membutuhkan kerja sama tim yang baik untuk membuatnya tetap menari di bawah kerlip lampu kota.


2.  Pesta Halloween

Menyambut momen Halloween Hong Kong juga membuat agenda seru di mana pengunjung dapat mengunjungi berbagai destinasi wisata mencekam. Hong Kong Ocean Park, misalnya, mengajak pelancong untuk merasakan kengerian dari legenda urban paling menakutkan di tahun 1980-an pada 7 September sampai 3 November 2024.

Ocean Park Halloween Fest yang baru menghadirkan enam pengalaman rumah hantu, membawa para tamu menjelajahi setiap zona seram, mulai dari kota bertembok tua, apartemen berhantu, hingga hotel penuh hantu. Sedangkan, Disney Halloween Time juga kembali hadir pada 13 September sampai 31 Oktober 2024. 


3. Festival Pertengahan Musim Gugur

 

Mid-Autumn Festival di Hong Kong  (Sumber gambar: Hong Kong Tourism Board )

Mid-Autumn Festival di Hong Kong (Sumber gambar: Hong Kong Tourism Board )

Festival Pertengahan Musim Gugur, atau Mid-Autumn Festival, merupakan  salah satu perayaan tradisional paling penting di Hong Kong dan negara-negara Asia Timur lain. Festival ini biasanya dirayakan pada hari ke-15 bulan ke-8 dalam kalender lunar Tiongkok, yang seringkali jatuh pada akhir September atau awal Oktober. 

Pada malam Mid-Autumn Festival, atau pada 17 September 2024, akan ada festival pertunjukan drone bertema di atas Victoria Harbour, yang memadukan antara tradisi seni dan inovasi.  Pertunjukan lainnya akan ada karnaval lentera dan perayaan meriah yang berlangsung di berbagai kawasan, termasuk di Victoria Park pada 12-18 September, dan Lee Tung Avenue pada 31 Agustus-15 Oktober 2024.
 

4. Hong Kong Wine & Dine Festival

Menjadi acara tahunan, Hong Kong Wine & Dine Festival juga kembali dihelat pada musim gugur kali ini di Central Harbourfront pada 23 sampai 27 Oktober 2024.  Uniknya, edisi tahun ini juga kembali menampilkan wine terbaik dari seluruh dunia, seperti Prancis, Italia hingga Finlandia.

Pengunjung dapat menikmati kuliner dari restoran pemenang penghargaan, beragam wine dan minuman beralkohol, serta pertunjukan live music. Festival ini juga sebagai penanda dimulainya Taste Around Town, perayaan kuliner di seluruh kota selama sebulan penuh pada bulan November.

Baca juga: 4 Negara Ini Memiliki Pemandangan Musim Gugur Terbaik Buat Wisata

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Hadirkan Lagu Anak Bermutu, Pentas Musik Kita Cinta Lagu Anak Indonesia Kembali Dihelat 

BERIKUTNYA

Eksklusif Ketua Komite Sastra DKJ Anton Kurnia: Perlu Serius Menghidupkan Jakarta sebagai Kota Sastra

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: