Reagan (Sumber gambar: iMDB)

Sinopsis Film Reagan, Kisah Sang Orator Ulung dari Negeri Paman Sam

06 September 2024   |   21:42 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Julukan The Great Communicator sangat lekat dengan sosok politisi Amerika Serikat Ronald Reagan, yang pernah menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat ke-40 pada 1981-1989. Berkat kemampuan bahasa dan gaya bicaranya, Reagan mampu memikat rakyat dengan cara-cara persuasif dalam menyampaikan isi pikirannya.

Kemampuan Reagan berkomunikasi dianggap sebagai kunci dari tapak mulusnya menggeluti dunia politik dan menyerap aspirasi masyarakat, serta menjalankan kebijakannya. Kepiawaiannya berbicara menarik Sean McNamara, sutradara yang aktif dalam film-film drama seperti The Miracle Season dan Soul Surfer mengulas sosok Reagan dalam karya drama-biografi berlatar sejarah. 

Sebagaimana diketahui, Reagan memiliki perjalanan karier yang cukup menarik. Dia tak mentah-mentah menjadi politisi semasa hidupnya. Dia lebih dahulu dikenal sebagai aktor film dan televisi populer di Amerika Serikat. Perjalanan politiknya bersinar saat dia sempat menjadi Gubernur California pada 1967-1975.

Baca juga: Sinopsis Film Land of Happiness, Perjuangan Pengacara di Persidangan Terkotor Korea
 
Film ini diperankan oleh bintang-bintang Hollywood ternama seperti Dennis Quaid, C. Thomas Howell, Mena Suvari, Amanda Righetti, Jon Voight, Justin Chatwin, hingga Penelope Ann Miller. Tapak tilas Reagan dikemas Sean McNamara dalam balutan drama, menarik benang nostalgia dengan gaya Amerika lewat pakaian khas cowboy dan tunggangan kudanya.

Cerita film ini dimulai dengan Reagan masa muda hingga sampai pada kebijakannya yang fenomenal seperti reaganomics. Kala itu, kebijakan tersebut berperan penting dalam sektor ekonomi Amerika Serikat. Dia berfokus pada pemotongan pajak dan pengurangan pengeluaran pemerintah. 
 

Reagan (Sumber gambar: iMDB)

Reagan (Sumber gambar: iMDB)

Menariknya, komunikasi Reagan yang piawai juga mampu meredam perang dingin dan kebijakan luar negeri yang kala itu tampak agresif, khususnya terhadap Uni Soviet. Lantaran diandalkan dengan gaya bicaranya, Reagan yang diperankan oleh Dennis Quaid banyak ditonjolkan melalui komunikasinya, termasuk pidatonya yang penuh dengan gejolak semangat yang berapi-api.
 
Secara umum, film ini akan menyajikan karya biografi dramatis yang mengulas komplit bagaimana kehidupan Reagan dimulai dari masa mudanya hingga menjadi Presiden Amerika Serikat, melewati perjalanan hidupnya yang mencakup kariernya sebagai aktor film, peranannya sebagai Gubernur California, hingga akhir masa kepresidenannya. 
 

Reagan (Sumber gambar: iMDB)

Reagan (Sumber gambar: iMDB)

Penonton akan diajak melihat berbagai aspek kehidupan Reagan, termasuk tantangan personalnya melewati keseharian, hingga tantangan profesional dalam menentukan kebijakan sebagai pejabat negara. Film ini berusaha memberikan gambaran mendalam tentang karakter Reagan serta keputusan-keputusan penting yang turut membentuk masa kepresidenannya.
 
Howard Klausner sebagai penulis juga turut menggambarkan konteks sejarah dan politik pada masa pemerintah Reagan, yang memiliki misi upaya peningkatan kekuatan militer Amerika Serikat dalam mendukung gerakan anti-komunis di seluruh dunia kala itu.

Dengan fokus pada perjalanan hidup yang penuh warna dan kompleksitasnya, film Reagan berusaha menampilkan sisi manusiawi dari tokoh politisi dengan cara yang berbeda. 

Baca juga: Cek Sinopsis Film Revolver, Angkat Kisah Balas Dendam Mantan Polwan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Kolaborasi Kopi dan AI Pertama di Indonesia dari Janji Jiwa x Google Gemini

BERIKUTNYA

Ajak John Cena, Karakter SpongeBob SquarePants Siap Warnai Game Brawl Stars

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: