Film The Billionaire (Sumber: IMDb)

3 Film Biografi tentang Pebisnis Paling Sukses di Dunia, Bisa Jadi Inspirasi

26 April 2024   |   16:12 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Mendirikan sebuah bisnis merupakan tantangan yang besar bagi banyak orang, terutama bagaimana mengembangkannya menjadi perusahaan yang besar dan berpengaruh. Untuk memberikan inspirasi kepada penonton, beberapa film biografi  menceritakan perjalanan para pengusaha tersukses di dunia.

Penolakan, pengkhianatan, dan keputusasaan sudah menjadi makanan sehari-hari untuk para pebisnis, tapi pelajaran yang datang setelahnya akan menciptakan pola pikir yang diperlukan untuk meraih kemenangan. Hingga kini, ketiga perusahaan yang diceritakan dalam film-film ini tetap relevan di industri mereka masing-masing.

Apakah Genhype penasaran dengan cerita-cerita penuh drama dari para pebisnis tersukses di dunia? Simak 3 rekomendasi film biografi tentang pebisnis paling sukses di dunia berikut ini. 

Baca juga: 5 Film yang Wajib Ditonton Buat Calon Entrepreneur, Salah Satunya tentang Mafia
 

1. The Social Network (2010)


Pengguna media sosial pasti tidak asing dengan nama Facebook yang sekarang berubah menjadi Meta. Alur cerita dari film The Social Network (2010) merupakan adaptasi dari buku The Accidental Billionaires karya Ben Mezrich.

Film ini menceritakan kisah Mark Zuckerberg (diperankan Jesse Eisenberg) dalam merintis website bertajuk  “theFacebook” sambil berkuliah di Harvard. Dalam proses pengembangan situs itu, Zuckerberg bertemu dengan mahasiswa asal Brazil, Eduardo Saverin (Andrew Garfield). Keduanya setuju untuk menginvestasikan $1.000 dalam proyek tersebut. 

Enam tahun kemudian Facebook telah berkembang menjadi perusahaan besar, dan Mark Zuckerberg dinobatkan sebagai salah satu miliarder termuda yang pernah ada. Namun, kesuksesannya datang dengan berbagai masalah, seperti gugatan oleh rekan bisnisnya sendiri, yakni Saverin. 

Disutradarai oleh David Fincher dan diproduksi Columbia Pictures, The Social Network menjadi salah satu film drama paling sukses pada 2010. Film ini terbilang sukses dengan masuk nominasi Best Motion Picture di ajang Golden Globe Award dan mengantongi US$224 juta dalam penjualan tiket. 
 

2. The Founder (2016)


Film The Founder didasarkan pada kisah nyata Ray Kroc (Michael Keaton), seorang sales asal California yang menjual mesin milkshake kepada beberapa restoran drive-in pada 1954. Ray mulai menyadari bahwa operasional restoran-restoran tersebut sangat ceroboh dan kurang efektif.

Dia akhirnya pergi ke sebuah restoran walk-in bernama McDonald's, dan terkejut dengan kecepatan operasional bisnis tersebut meski banyak orang yang mengantre. Melihat potensi dari restoran itu, Ray memutuskan untuk bertemu dengan pemilik restoran, Mack (John Carroll Lynch) dan Dick (Nick Offerman) McDonald's untuk membicarakan lebih lanjut bisnis mereka. 

Ray berencana untuk mengembangkan McDonald’s untuk menjadi sebuah bisnis franchise, tapi kedua pemilik restoran tersebut menjelaskan bahwa mereka pernah gagal dalam melakukan hal serupa. Dengan meyakinkan kedua bersaudara itu untuk memimpin upaya franchising mereka, Mcdonald's telah berkembang pesat hingga kini. 

Film The Founder disutradarai oleh John Lee Hancock dan diproduksi oleh FilmNation Entertainment, The Combine, dan Faliro House Productions. Film tersebut berhasil meraih US$24 juta dalam penjualan tiket menurut data dari Box Office Mojo.


3. The Billionaire (2011)


Apakah Genhype pernah memakan camilan rumput laut kering bernama Tao Kae Noi? Nah, film The Billionaire yang berjudul asli Top Secret: Wai roon pun lan, menceritakan perjalanan Itthipat “Top” Peeradechapan menjadi salah satu miliarder termuda di Thailand.

Awalnya Top (Pachara Chirathivat) adalah siswa SMA yang sangat malas, menghabiskan sebagian besar waktunya bermain game daripada belajar.  Namun jangan meremehkannya, melalui trading dalam game, dia menghasilkan sekitar 400,000 Baht per bulan meski baru berumur 16 tahun.

Karena lebih sering bermain, nilai sekolah Top menurun secara drastis, walaupun sebentar lagi dia harus bersiap untuk memasuki dunia kuliah. Segalanya menjadi lebih buruk bagi Top saat keluarganya mengalami kebangkrutan.

Setelah berbagai masalah keuangan pribadi dan bisnis yang gagal, dia akhirnya menemukan cara untuk membiayai kuliahnya dan menafkahi keluarganya, yaitu melalui camilan rumput laut lezat yang kita kenal sampai saat ini.

Disutradarai oleh Songyos Sugmakanan dan diproduksi oleh Nadao Bangkok, film The Billionaire berhasil meraih keuntungan sebesar US$1,3 juga dalam penjualan tiket menurut data dari Box Office Mojo

Baca juga: 5 Film Yang Menggambarkan Tragedi dan Kengerian Perang Dunia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

3 Rekomendasi Tempat Ngedate di Jakarta Selain Nongkrong di Mal & Kafe

BERIKUTNYA

Tip Mix & Match OOTD Denim on Denim yang Kasual dan Trendi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: