Peluncuran Menu Janji Jiwa x Google Gemini (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Kolaborasi Kopi dan AI Pertama di Indonesia dari Janji Jiwa x Google Gemini

06 September 2024   |   21:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Pada era saat teknologi kian menyatu dengan berbagai aspek kehidupan, gebrakan melalui kolaborasi kecerdasan buatan (AI) dengan industri kuliner tampak kian inovatif. Salah satu contoh terbarunya adalah kerja sama antara brand kopi Janji Jiwa (Jiwa Group) dengan Google Gemini.

Kolaborasi ini menghasilkan menu kopi yang  lezat dengan mengintegrasikan teknologi canggih dalam proses pengembangan menunya. CEO Jiwa Group Billy Kurniawan mengatakan kolaborasi ini merupakan langkah pertama pengabungan konsep menu kopi dengan teknologi AI.

Dengan dukungan AI, Janji Jiwa mampu mengembangkan menu baru yang mengikuti tren dan menyesuaikan dengan preferensi musim dan lokalitas seperti prinsip yang dipegang Jiwa Group. "Kami melihat AI bukan hanya sebagai alat imajinatif, tetapi sebagai mitra kreatif yang fungsional," kata Billy. 

Baca juga: Begini Cara Menjadi Mitra dan Biaya Franchise Bisnis Kopi Janji Jiwa

Melalui proses kreatif yang melibatkan AI, diluncurkanlah menu bertema musim gugur yang mengusung rasa maple bernama Golden Maple Latte. Konsep ini menyesuaikan dengan nuansa September yang lekat dengan musim gugur.

"Maple dengan ciri khas rasa manis dan smooth yang cocok untuk musim gugur akhirnya kita pilih untuk menciptakan produk kolaborasi ini," tambah Billy.

Dalam proses pembuatan menu ini, AI membantu dalam proses menganalisis data tentang rasa dan preferensi dari musim gugur hingga akhirnya menciptakan sirup maple yang autentik untuk Jiwa Group.

Country Marketing Manager Google Indonesia Muriel Makarim menjelaskan, Google Gemini juga membuka kolaborasi pertama dengan kedai kopi bersama Jiwa Group.

"Di sini kami membantu menciptakan menu yang dibantu oleh AI kami melalui Google Gemini. Prosesnya dimulai dengan mengumpulkan data tentang bahan-bahan yang disukai dan kemudian menggunakan AI untuk mencocokkan dengan preferensi lokal dan suasana ala musim gugur," kata Muriel.

Muriel mengatakan, Google Gemini membantu dalam mengidentifikasi bahan dan rasa yang sesuai sekaligus memahami kebutuhan hyperlocal dan preferensi anak muda yang menjadi segmentasi pelanggan Janji Jiwa. "Dengan memahami preferensi yang disukai oleh target pasar seperti Gen Z, kami dapat mengembangkan menu yang relevan dan menarik," tambahnya.

Aktor sekaligus penggemar kopi Reza Rahadian ikut menyemarakan peluncuran menu terbaru Janji Jiwa x Google Gemini ini. Menurut Reza, rasa maple yang digunakan dalam menu ini merupakan produk yang sangat khusus dan berbeda dari yang ada di pasaran. "Rasanya pas menyatu dengan latte-nya, tidak terlalu manis," kata Reza.

Baginya, menu baru ini menggabungkan rasa kopi yang kuat dengan manisnya sirup maple yang menciptakan cita rasa seimbang. Sebagai penyuka kopi, Reza lebih memilih sajian kopi dingin di sore hari dan kopi arabika panas yang kuat pada pagi hari. Sajian Golden Maple Latte ini, menurutnya, akan sangat cocok disantap saat sore dengan berbagai snack pelengkap seperti roti atau mini croissant yang gurih. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

6 Acara Konser Gratis di Jakarta Akhir Pekan Ini 6-8 September 2024

BERIKUTNYA

Sinopsis Film Reagan, Kisah Sang Orator Ulung dari Negeri Paman Sam

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: