Sepak bola (Sumber gambar: Unsplash/ Liam McKay)

Head to Head Pelatih Shin Tae Yong & Roberto Mancini Jelang Timnas Indonesia vs Arab Saudi

05 September 2024   |   15:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional (timnas) Indonesia akan bertandang ke Arab Saudi pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Duel dua tim besar asal Asia Tenggara dan Timur Tengah ini akan berlangsung pada Jumat (5/9/2024) dini hari pukul 01.00 WIB.

Digelar di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi, pertandingan sengit ini akan menjadi pertarungan adu taktik antara pelatih timnas Indonesia, Shin Tae Yong dan pelatih timnas Arab Saudi, Roberto Mancini.

Keduanya diprediksi akan saling mempertontonkan kelihaiannya dalam meramu strategi terbaik untuk timnya. Pertandingan pun diprediksi berjalan tak mudah bagi kedua negara.

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Arab Saudi: Prediksi Lineup dan Jadwal Pertandingan

Dilihat secara statistik, kiprah kedua pelatih top ini tampak menunjukkan dinamika menarik. Keduanya punya sisi keunggulan dan kelemahan di beberapa bagian tertentu.

Sebagai pelatih tim masing-masing, Shin Tae Yong terbilang lebih unggul. Sebab, Shin Tae Yong telah menukangi skua Garuda sejak akhir 2019 lalu. Adapun, Roberto Mancini baru melatih Arab Saudi pada 2023 lalu.

Sepanjang kariernya bersama timnas masing-masing, Shin Tae Yong telah membubukan 47 kali penampilannya bersama skuad Garuda. Dari 47 kali pertandingan, Indonesia berhasil memenangkan 24 laga, 10 kali hasil seri, dan 13 kali kekalahan.

Sementara itu, Roberto Mancini baru membukukan 14 kali pertandingan bersama timnas Arab Saudi. Dari 14 laga tersebut, 6 di antaranya berhasil dimenangkan, 3 kali seri, dan 5 lainnya menderita kekalahan.

Kendati demikian, secara pengalaman, Roberto Mancini memang lebih unggul. Pasalnya, dia pernah menangani sejumlah klub besar Eropa seperti Inter Milan dan Manchester City serta Timnas Italia.

Adapun, karier kepelatihan Shin Tae-yong lebih banyak berkutat di Asia, terutama Korea Selatan. Timnas Indonesia bahkan menjadi tim luar negeri pertama yang ditangani dengan jabatan pelatih kepala.
 

 

 

Suguhkan Permainan Apik


Dalam laga ini, timnas Indonesia akan diperkuat oleh 26 pemain terbaiknya. Meski beberapa belum bisa dimainkan, seperti Justin Hubner yang terkena akumulasi kartu kuning. Namun, kabar baiknya kiper Maarten Paes sudah diizinkan bermain dan berpeluang menjadi starter.

Dari 26 nama yang dipanggih oleh pelatih Shin Tae Yong, lebih dari separuhnya adalah pemain abroad. Selain itu, sang pelatih juga melakukan panggilan kepada para pemain Indonesia yang berlaga di Liga 1. Hal ini membuat skuad Garuda cukup merata kekuatannya.

“Kita memang berada di grup yang paling sulit. Tapi kita tidak akan menyerah,” ungkapnya dalam laman resmi PSSI.

STY berjanji akan menerapkan pola permain yang terbaik serta strategi yang tepat untuk melawan Arab Saudi. Dia menegaskan segala hal masih bisa terjadi di dalam sepak bola.

''Di Piala Dunia 2018, saya memiliki kenangan melawan Jerman, dan kami memiliki pertandingan yang sangat bagus. Di sini kita terus melakukan persiapan yang baik,'' kata Shin Tae-yong.

Dari tim lawan, Roberto Mancini juga telah memanggil pemain-pemain terbaiknya, dari Musab Al-Juwayr hingga Salem Al-Dawsari. Pelatih yang pernah membawa timnas Italia juara EURO 2020 itu diprediksi menjadikan Ali Lajami sebagai tembok pertahanan di lini belakangnya.

Bertanding di kandang sendiri, Arab Saudi punya catatan menawan. Skuad The Green Falcon ini tercatat belum pernah kalah. Dari 11 pertandingan terakhir, 10 di antaranya selalu berakhir dengan kemenangan. Arab hanya satu kali bermain seri di stadion ini. 

Baca Juga: Catatan Pertandingan Timnas Indonesia Tak Pernah Menang Kontra Arab Saudi

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Oasis Buka Penjualan Tiket Reuni Lewat 'Jalur Undangan'

BERIKUTNYA

Kenal Lebih Dekat Para Pemain Film Seni Memahami Kekasih, Adaptasi Buku Agus Mulyadi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: