E-Meterai. (Sumber foto: Instagram/Peruri)

Peruri Ungkap Penyebab Layanan E-meterai Bermasalah

04 September 2024   |   18:37 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

E-meterai menjadi menjadi salah satu syarat kelengkapan dokumen untuk pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024. Kendati demikian, jelang penutupan pendaftaran pada Jumat, 6 Agustus 2024, sejumlah situs penyedia e-meterai resmi tidak dapat diakses alias down.

Salah satunya terjadi di laman website Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri). 

Head of Corporate Secretary Adi Sunardi, mengatakan bahwa website pembelian e-meterai dari Peruri tidak dapat diakses lantaran terjadi lonjakan penggunaan. Antusiasme masyarakat terbilang sangat tinggi dalam beberapa hari 
terakhir menjelang penutupan pendaftaran CASN. 

Baca juga: Cek Cara Beli dan Pasang E-Meterai untuk Daftar CPNS & PPPK 2023

Lonjakan akses tersebut membuat antrian yang cukup panjang bagi pengguna yang ingin mengakses layanan e-meterai. “Hal ini mengakibatkan perlambatan pelayanan e-meterai melalui website dimaksud,” ujar Adi dalam keterangan resminya, Rabu (4/9/2024). 

Peruri pun menyampaikan permohonan maaf atas kendala yang terjadi dalam proses pembelian dan pembubuhan meterai elektronik (e-meterai), khususnya dalam proses pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau CPNS 2024. Saat ini pihaknya sedang melakukan upaya untuk memulihkan kualitas layanan agar website meterai elektronik dapat berfungsi kembali.
 

“Kami akan memberikan informasi lebih lanjut terkait update layanan e-meterai secara berkala sebagai bagian keterbukaan informasi kepada publik,” tutur Adi.

Diketahui, sejak semalam warganet di X (dahulu Twitter) mengeluhkan sulitnya mengakses website resmi layanan e-meterai. Banyak yang khawatir pendaftaran CPNS mereka gagal lantaran belum bisa mendapatkan e-meterai yang menjadi salah satu syarat. 

Diketahui, Peruri menjadi salah satu penyedia e-meterai yang diburu para pendaftar CPNS tahun ini. Perum ini sebelumnya mengklaim memiliki sejumlah keunggulan dalam layanan dan fiturnya.

Pertama, laman tersebut telah dilengkapi sistem refund jika calon peserta tidak menggunakan e-meterai yang dibeli. Kedua, laman tersebut juga memiliki layanan pelanggan 24/7, dengan e-meterai yang dihasilkan adalah resmi dan terpercaya dari Peruri, serta memiliki jaminan keaslian.

Selain di laman meterai-elektronik.com, Genhype juga dapat memanfaatkan distributor resmi lainnya untuk memperoleh meterai elektronik.

Adapun 5 distributor resmi meterai elektronik yang dapat menjadi pilihan diantaranya:
  • PT Peruri Digital Security (https://e-meterai.co.id/)
  • PT Finnet Indonesia (https://finnet.e-meterai.co.id/)
  • PT Mitra Pajakku (https://e-meterai.pajakku.com/)
  • PT Mitracomm Ekasarana (https://mitracomm.e-meterai.co.id/)
  • Koperasi Pegawai Swadharma (https://swadharma.e-meterai.co.id/)

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Masa Lokakarya Usai, Ratusan Musisi Tradisi Siap Tampil di Ajang Lokovasia 2024

BERIKUTNYA

Vilona La Vena Rayakan Self-Love dengan Koleksi Modest Fashion Edgy dan Elegan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: