Salah satu jabatan dalam CPNS Kemenparekraf adalah asisten ahli - dosen (Sumber gambar/ilustrasi: Pexels/ ICSA)

Formasi CPNS 2024 Kemenparekraf untuk Lulusan dari DIII Sampai S2 & Contoh Surat Lamaran

22 August 2024   |   08:04 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) merupakan salah satu instansi yang telah mengumumkan kebutuhan pegawai negeri sipil yang dibutuhkan baik untuk formasi umum maupun khusus. Secara keseluruhan, kebutuhan kementerian mencapai 392 orang.

Berdasarkan pengumuman Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Tahun Anggaran 2024, alokasi untuk formasi umum tercatat menjadi yang terbanyak, yakni 369 orang.

Semenara itu, kebutuhan Kemenparekraf untuk formasi khusus penyandang disabilitas dan putra/putri Kalimantan masing-masing sebanyak 8 dan 15 orang.

Baca Juga: Cek Daftar Instansi Pusat yang Membuka Formasi CPNS 2024: Kominfo hingga Kejagung

Kemenparekraf membutuhkan PNS untuk penempatan di berbagai unit, yakni Sekretartiat Kementerian/ Sekretariat Utama, Inspektorat Utama, Deputi Bidang Kebijakan Strategis, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Deputi Bidang Industri dan Investasi, Deputi Bidang Pemasaran, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), dan Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif.

Selain itu, Kemenparekraf juga mencari PNS untuk penempatan Politeknik Pariwisata NHI Bandung, Politeknik Pariwisata Bali, Politeknik Pariwisata Medan, Politeknik Pariwisata Makassar, Politeknik Pariwisata Palembang, Politeknik Pariwisata Lombok, Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Badan Pelaksana Otorita Borobudur, dan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores.

Kemudian, kualifikasi jenjang pendidikan yang disyaratkan oleh Kemenparekraf beragam, dari D-III, D-IV, S1, dan S2. Sementara itu, contoh displin ilmu yang dibutuhkan seperti Manajemen, Administrasi Negara, Pariwisata, Arsitektur, Ilmu Komunikasi, Desain Komunikasi Visual, Bahasa Inggris, dan sebagainya.

Adapun, calon pegawai negeri sipil di lingkungan Kemenparekraf akan menempati jabatan seperti fasilitator pemerintahan, dosesn asisten ahli, arsiparis terampil, analis sumber daya manusia aparatur ahli pertama, analis kebijakan ahli pertama, adyatama kepariwisataan dan ekonomi kreatif ahli pertama, dan sebagainya.

Sementara itu, berdasarkan lampiran deskripsi jabatan dan rentang penghasilan, para pegawai negeri sipil yang akan diterima di lingkungan Kemenparekraf akan memiliki gaji berkisar Rp6,2 juta sampai Rp9 juta – tergantung jabatan yang diemban.

Jabatan asisten ahli – dosen, sebagai contoh, memiliki penghasilan dengan rentang Rp8,5 juta-Rp9,3 juta. Sementara itu, jabatan terampil – pranata laboratorium pendidikan memiliki rentang gaji Rp6,2 juta-Rp6,9 juta.

Bagi genhype yang berminat melamar menjadi PNS di lingkungan Kemenparekraf, berikut contoh surat lamarannya:
 
SURAT LAMARAN CPNS
(kota), (tanggal) (bulan) 2024

YTH.
MENTERI PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/
KEPALA BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF
DI
JAKARTA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama:
Tempat, tanggal lahir :
Nomor KTP :
Pendidikan :
Jabatan yang dilamar :
Unit Penempatan yang dilamar :
Alamat domisili saat ini :
Alamat sesuai KTP :
Nomor HP :
Alamat email :

dengan ini menyampaikan surat lamaran agar dapat mengikuti Seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil untuk Jabatan .........*) di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tahun Anggaran 2024.

Sebagai bahan pertimbangan, saya sampaikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Scan Surat Lamaran yang diketik menggunakan komputer dan ditujukan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jakarta, dilengkapi e-meterai Rp10.000,- dan ditandatangani oleh pelamar;
  2. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik asli atau Surat Keterangan Kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) atau Bukti Identitas Kependudukan lainnya;
  3. Scan Ijazah Asli;
  4. Scan Transkrip Nilai Ijazah Asli;
  5. Sertifikat atau Tangkapan Layar (Screenshot) pada PDDIKTI / BAN-PT dari Akreditasi perguruan tinggi dan/atau program studi pada saat kelulusan pelamar;
  6. Pas foto terbaru menggunakan pakaian formal (bukan kaos/T-Shirt) dengan latar belakang warna merah;
  7. Scan Surat Pernyataan Data Diri Pelamar yang diketik menggunakan komputer, dilengkapi e-meterai Rp10.000,- dan ditandatangani oleh pelamar;
  8. Scan Surat Pernyataan Tidak Mengajukan Pindah Penempatan yang diketik menggunakan komputer, dilengkapi e-meterai Rp. 10.000,- dan ditandatangani oleh pelamar; dan
  9. Dokumen syarat khusus dan sertifikasi wajib tambahan sesuai dengan Jabatan dan jenis kebutuhan formasi yang dilamar**).
Demikian surat lamaran ini dibuat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila dikemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia untuk membatalkan keikutsertaan/kelulusan saya pada seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tahun Anggaran 2024. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.
 
                                                                                                                          (kota), (tanggal) (bulan) 2024
                                                                                                                           Pelamar,
                                                                                                                           Tanda tangan
                                                                                      Letak e-materai 10.000 (tanda tangan jangan terkena e-materai)

                                                                                                                           (Nama lengkap)
 


*)   isi dengan Jabatan yang dilamar
**) jika tidak ada, tidak perlu dihapus


Baca Juga: Ini Perbedaan Formasi Umum dan Khusus dalam CPNS 2024

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Penjahat Siber BlindEagle Manfaatkan Plugin Buat Taktik Serangan Terbarunya

BERIKUTNYA

Akhir Cerita Jujutsu Kaisen: Gege Akutami Siap Rilis 5 Bab Terakhir pada September 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: