Peserta tes CPNS harus melewati beragam seleksi (Sumber gambar/ilustrasi: Pexels/ Armin Rimoldi)

Cek Kisi-kisi Tes CPNS 2024: Intelegensia Umum hingga Karakteristik Pribadi

21 August 2024   |   07:40 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Dalam seleksi menjadi pegawai ngeri sipil, salah satu proses yang harus dilalui adalah mengerjakan tes tertulis. Genhype dapat mempelajari soal-soal yang pernah keluar pada tahun-tahun lalu untuk mengantisipasi pertanyaan atau soal-soal serupa yang mungkin muncul lagi pada tahun ini.

Dikutip dari siaran pers Badan Kepegawaian Negara (BKN), penerimaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 mulai diumumkan pada19 Agustus 2024, sesuai dengan Surat Kepala BKN Nomor 5419/B-KS.04.01/SD/K/2024 tentang Jadwal Seleksi CPNS Tahun 2024 di Instansi Pusat dan Daerah.

Baca juga: Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka: Simak Syarat, Link & Cara Daftarnya

Genhype yang hendak mendaftar dapat melalui portal SSCASN BKN mulai 20 Agustus 2024 Pukul 17.08.45 WIB sampai dengan 06 September 2024. Adapun informasi ketersediaan formasi dan keterangan jabatan yang dibuka, termasuk detail job-desk, serta kisaran penghasilan akan tersedia di portal SSCASN pada kolom menu pencarian informasi.

Pemerintah mengungkapkan, daftar lowongan kuota formasi setiap instansi pemerintah (Kementerian/Lembaga/Daerah) akan diumumkan secara bertahap dan dapat dicek di menu pencarian informasi secara berkala.

Jadi, selain mengecek lowongan formasi melalui kanal penerimaan CPNS Tahun 2024 di setiap instansi, pelamar juga dapat melihat keterangan formasi jabatan yang akan dilamar di menu pencarian informasi tentang detail formasi di portal SSCASN BKN.

Pemerintah melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) menyediakan formasi CPNS 2024 sebanyak 250.407 bagi 69 Instansi pusat dan 478 instansi daerah.

Secara keseluruhan, proses rekrutmen CPNS akan melibatkan sejumlah instansi yang tergabung di Panselnas. Kemudian, pemerintah juga melakukan interoperabilitas data calon pelamar dengan data kependudukan yang dikelola Dukcapil Kemendagri lantaran salah satu syarat bagi pendaftar adalah Warga Negara Indonesia.

Interoperabilitas data dilakukan agar data pelamar melalui portal SSCASN dapat terverifikasi secara sistem sesuai data kependudukan yang tercatat di Dukcapil Kemendagri.

Sebelum memulai pendaftaran, Genhype perlu membaca detail persyaratan dan kualifikasi jabatan sesuai pengumuman lowongan formasi yang disampaikan instansi di kanal informasinya.

Kemudian, Genhype juga perlu membaca buku petunjuk pendaftaran di portal SSCASN sebelum mulai membuat akun dan mendaftar.

Terakhir, setelah melakukan pendaftaran hingga submit seluruh dokumen yang sesuai dengan persyaratan administrasi instansi, Genhype diimbau segera mengakhiri pendaftaran tanpa perlu menunggu periode pendaftaran berakhir untuk menghindari kemungkinan kendala menjelang tanggal penutupan pendaftaran.

Genhype akan menjalani seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi bidang ketika lulus seleksi administrasi. Seleksi kompetensi dasar adalah seleksi yang mengukur kemampuan dan karakteristik dalam diri seseorang berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang menjadi ciri-ciri seorang Pegawai Negeri Sipil.

Sementara itu, seleksi kompetensi bidang adalah seleksi yang mengukur kemampuan dan karakteristik dalam diri seseorang berupa pengetahuan, keterampilan, perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatannya sehingga individu mampu menampilkan unjuk kerja yang tinggi dalam suatu jabatan tertentu.

Berikut kisi-kisi tes yang akan dilalui oleh Genhype:


Tes Wawasan Kebangsaan

Tes wawasan kebangsaan menjadi salah satu proses yang harus dilalui oleh Genhype ketika menjalani seleksi kompetensi dasar. Tes ini tentang segala sesuatu terkait dengan kebangsaan, seperti pancasila, nasionalisme, patriotisme, UUD 1945, bela negara, dan sebagainya.


Tes Intelegensia Umum

Selain tes pengetahuan tentang kebangsaan, Genhype juga akan melalui ujian kemampuan kecerdasan umum. Adapun, kemampuan yang akan diuji oleh panitia meliputi verbal, numerik, spasial, visual, dan sebagainya.


Tes Karakteristik Pribadi

Tes karakteristik pribadi meliputi ujian yang akan mengukur tentang kejujuran, komitmen, kedisiplinan, kemampuan bekerja sama, komunikasi, pengambilan keputusan, dan sebagainya. Tes karakteristik prbadi juga merupakan bagian dalam seleksi kompetensi dasar selain tes wawasan kebangsaan dan tes intelegensia umum.


Materi SKB

Materi SKB untuk Jabatan Fungsional disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional dan diintegrasikan ke dalam bank soal di CAT BKN. Penyusun materi tersebut adalah instansi teknis Jabatan Pelaksana atau dapat menggunakan soal SKB yang sesuai atau masih satu rumpun dengan jabatan fungsional terkait.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Jaringan Distribusi Jadi Rantai Kuat Kesukesan Ekspor Elektronik, Ini Kata Pakar Branding

BERIKUTNYA

Rekomendasi Film Terbaik Tayang September 2024: Dokumenter hingga Horor

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: