Bersiap mengikuti tes CPNS (Sumber gambar/ilustrasi: Pexels/ Phi Long)

Cek Daftar Instansi Pusat yang Membuka Formasi CPNS 2024: Kominfo hingga Kejagung

21 August 2024   |   14:27 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Sejumlah instansi pusat, setara kementerian dan lembaga negara, tercatat telah mengumumkan formasi kebutuhan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun ini. Mereka membutuhkan sumber daya manusia untuk berbagai profesi yang akan menempati berbagai unit kerja di berbagai daerah. 

Berdasarkan penelusuruan Hypeabis.id, lebih dari 10 instansi pusat yang telah mengumumkan formasi kebutuhan calon pegawai negeri sipil yang sedang dicari pada pengadaan PNS tahun ini.

Baca juga: Cek Kisi-kisi Tes CPNS 2024: Intelegensia Umum hingga Karakteristik Pribadi

Sebagai contoh, salah satu di antaranya adalah Kementerian Perdagangan. Dikutip dari laman resminya, kementerian ini tercatat membutuhkan banyak SDM untuk menduduki sejumlah jabatan yang akan ditempatkan di berbagai unit.

Salah satu contohnya adalah Kementerian Perdagangan membutuhkan SDM untuk menempati jabatan sebagai analis investigasi dan pengamanan perdagangan ahli pertama sebanyak 7 orang untuk ditempatkan di Biro Advokasi Perdagangan.

Selain Kementerian Perdagangan, instansi pusat lain yang juga telah mengumumkan formasi pengadaan PNS adalah Badan Kepegawaian Negara (BKN). Institusi ini mencari SDM – salah satu contohnya – untuk menjadi analis pengelolaan keuangan APBN ahli pertama dengan penempatan kantor regional XIV BKN Manokwari.

Kementerian Perdagangan dan BKN hanya contoh dua institusi pusat yang telah mengumumkan formasi PNS yang sedang dicari. Selain dua lembaga tersebut, ada banyak lembaga lainnya yang juga telah mengeluarkan pengumuman tentang perekrutan CPNS 2024.

Pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil tahun anggaran 2024 berlangsung dari 20 Agustus sampai 6 September 2024. Sementara itu, seleksi administrasi berlangsung dari 20 Agustus sapai 13 September 2024.

Pemerintah akan mengumumkan hasil seleksi administrasi pada 14-17 September 2024. Kemudian, pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) akan berlangsung dari 16 Oktober sampai 14 November 2024. Setelah itu, pengumuman hasil SKD akan diumumkan pada 17-19 November 2024.

Calon pegawai negeri sipil yang lolos seleksi kompetensi dasar akan mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS Non-CAT pada 20 November-17 Desember 2024. Sementara itu, pelaksanaan SKB CPNS pada 9-20 Desember 2024., serta pengumuman hasil seleksi CPNS 2024 pada 5-12 Januari 2025.

Berikut beberapa daftar formasi dan link kementerian dan lembaga di pusat yang telah membuka formasi CPNS 2024: Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

11 Film Indonesia Tayang September 2024 di Bioskop: Perjanjian Setan hingga Home Sweet Loan

BERIKUTNYA

Solois Pamungkas Rilis Album Kelima Berjudul Hardcore Romance dengan Single Fight Some More

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: