Indonesia akan menghadapi Jepang pada 15 November mendatang. (Sumber foto: Instagram/@japanfootballassociation)

Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2026 Berubah, Indonesia Hadapi Jepang 15 November 2024

03 September 2024   |   18:00 WIB
Image
Wildan Adil Hilba Mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta

Jadwal pertandingan antara Timnas Indonesia dan Jepang di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia resmi diubah. Perubahan ini disebabkan oleh permintaan Federasi Sepak Bola Jepang (JFA) dan telah mendapatkan persetujuan dari Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

Awalnya, laga ini dijadwalkan pada 14 November 2024, namun setelah permintaan dari JFA, FIFA menyetujui perubahan jadwal menjadi 15 November 2024. Mengutip laman resmi JFA pada Senin (2/9/24), mereka menjelaskan bahwa kesepakatan untuk memindahkan jadwal ini dicapai bersama dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). 

"Jadwal pertandingan Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 [Babak Ketiga] antara Tim Nasional Indonesia dan Samurai Blue [Tim Nasional Jepang] telah diubah," demikian pernyataan JFA.

Baca juga: Fakta-fakta Skuad Timnas Indonesia yang Dipanggil STY untuk Kualifikasi Piala Dunia

Mereka juga menambahkan bahwa kesepakatan ini sudah mendapatkan persetujuan dari FIFA dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Pertandingan yang semula dijadwalkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada Kamis, 14 November 2024, kini diundur menjadi Jumat, 15 November 2024. Detail terkait waktu kick-off dan lokasi pertandingan akan diumumkan lebih lanjut oleh pihak penyelenggara.

Meski jadwal sudah resmi berubah, stadion yang akan menjadi tempat berlangsungnya pertandingan ini belum ditentukan. Yang jelas, Timnas Indonesia kini tengah fokus mempersiapkan diri untuk menghadapi pertandingan pembuka Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia melawan Arab Saudi. Laga tersebut dijadwalkan berlangsung di King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi, pada Jumat (6/9/2024) dini hari.

Dalam persiapan menghadapi Arab Saudi, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah memanggil 26 pemain untuk dua laga pembuka Kualifikasi Piala Dunia 2026 tersebut. Salah satu pemain yang dipanggil adalah kiper FC Dallas, Maarten Paes.

Paes baru saja mendapatkan izin untuk membela Timnas Indonesia setelah memenangkan kasus di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) FIFA terkait kepindahan asosiasi sepak bolanya dari KNVB Belanda ke PSSI. Kiper dengan tinggi badan 1,91 meter ini akan bergabung dengan skuad Garuda di Arab Saudi.

Selain Paes, Shin Tae-yong juga memanggil kembali beberapa pemain kunci seperti Nadeo Argawinata, Wahyu Prasetyo, Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta, dan Hokky Caraka, yang sebelumnya absen pada dua laga terakhir putaran kedua Juni lalu.

Mengutip laman Sport Bisnis, berikut adalah prediksi susunan pemain Timnas Indonesia untuk pertandingan melawan Arab Saudi pada Kamis (5/9/2024):
  • Ernando Ari Sutaryadi (kiper)
  • Rizki Ridho (bek)
  • Asnawi Mangkualam (bek)
  • Sandy Walsh (bek)
  • Jay Idzes (bek)
  • Thom Haye (gelandang)
  • Nathan Tjoe-A-On (gelandang)
  • Calvin Verdonk (gelandang)
  • Marselino Ferdinan (penyerang)
  • Rafael Struick (penyerang)
  • Ragnar Oratmangoen (penyerang)
Timnas Indonesia harus memberikan performa terbaiknya dalam laga pembuka ini, sebab dua laga melawan Arab Saudi dan Australia menjadi syarat penting bagi Indonesia untuk bisa mendapat tiket ke Piala Dunia 2026.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Mengenal Olahraga Boccia untuk Atlet Disabilitas di Paralimpiade 2024

BERIKUTNYA

Bawa Refleksi Urban, The Stocker Rilis Single Terbaru Berjudul "Adiksi Selebrasi"

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: