Pesepak bola Timnas Indonesia Thom Haye melakukan selebrasi setelah berhasil membobol gawang Timnas Filipina dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Jelang Indonesia vs Arab Saudi, Shin Tae-yong Mulai Matangkan Strategi

03 September 2024   |   14:32 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional (timnas) Indonesia tak lama lagi akan melakoni pertandingan pertamanya pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Dalam laga perdana tersebut, Indonesia akan berhadapan dengan tim kuat asal Timur Tengah, Arab Saudi.

Laga Indonesia vs Arab Saudi akan digelar di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, pada Jumat (6/9/2024) dini hari pukul 01.00 WIB. Partai tandang ini akan jadi pertandingan krusial bagi kedua tim. 

Jelang pertandingan perdana tersebut, timnas Indonesia mulai mematangkan strategi. Skuad Garuda telah menggelar latihan sejak Sabtu (31/8/2024). Latihan awal sebagai persiapan melawan Arab Saudi ini digelar di Lapangan A Senayan, Jakarta.  

Baca juga: Tumbang 3-0 dari Korea Selatan, Garuda Muda Akhiri Seoul Earth On Us Cup 2024 di Posisi Terakhir

Latihan dipimpin langsung oleh pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong. Saat itu, latihan belum diikuti oleh seluruh pemain. Tercatat hanya sekitar 11-12 pemain saja yang baru bergabung.

“Materi latihan selama di Jakarta ini kami melihat kondisi pemain dan intensitas latihan tidak tinggi,” ucap Shin Tae Yong dikutip dari laman PSSI. 

Beberapa pemain memang belum bergabung ke pemusatan latihan. Kiper Adi Satryo izin latihan untuk menjaga istrinya yang melahirkan. Sementara itu, beberapa pemain lain, terutama yang bermain di luar negeri akan langsung bergabung ketika tiba di Arab Saudi.

Untuk menjaga kondisi, para pemain abroad memang diarahkan untuk langsung menuju ke Jeddah, Arab Saudi. Mereka direncanakan tiba pada 1-2 September 2024. Adapun mulai 3 September 2024, latihan akan diikuti oleh seluruh tim.

Para pemain abroad yang akan bergabung pada pemusatan latihan ini di antaranya Maarten Paes (FC Dallas), Justin Hubner (Wolves U-21), Jay Idzes (Venezia), Shayne Pattynama (KAS Eupen) dan Pratama Arhan (Suwon FC).

Kemudian, masih ada Sandy Walsh (KV Mechelen), Asnawi Mangkualam Bahar (Port FC), Nathan Tjoe-A-On (Swansea City), Calvin Verdonk (NEC Nijmegen), Thom Haye (-), Ragnar Oratmangoen (FCV Dender), Rafael Struick (ADO Den Haag).

Shin Tae-yong mengatakan dirinya tengah berusaha agar Indonesia bisa mendapatkan hasil terbaik saat melawan Arab Saudi. Meski laga ini tidak mudah, dirinya berharap persiapan yang matang bisa membuat tim ini jadi lebih kuat.

“Ini pertama kali kita ke babak ketiga, artinya kita harus lebih fokus lagi, lebih bekerja keras lagi. Pastinya dari pemain sendiri dia akan melakukan yang terbaik,” tukas Shin Tae-yong.

Skuad Garuda yang dibawa ke Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia terbilang cukup mewah. Dari 26 nama yang dipanggil oleh pelatih Shin Tae-yong, lebih dari separuhnya adalah pemain abroad.

Tak hanya diisi oleh pemain abroad, Shin Tae Yong juga melakukan panggilan kepada para pemain Indonesia yang berlaga di Liga 1. Di sisi lain, Kiper timnas Indonesia, Maarten Paes, yang baru saja menyelesaikan proses naturalisasinya langsung dipanggil ke skuad STY kali ini. 

Namun, debut Maarten Paes diketahui baru akan terjadi saat Indonesia melawan Australia di Stadion Gelora Bung Karno.

Sebagai informasi, dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ini, Indonesia tergabung dalam Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China. Secara statistik, Indonesia adalah tim terlemah di grup ini. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Landmark Ikonik Kota Besar Indonesia, Patung GWK sampai Jam Gadang

BERIKUTNYA

Sousenkyo JKT48 Telah Dimulai, Kenali Perbedaan Member Senbatsu & Undergirls

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: