Ruang Tamu (Sumber Foto: Freepik)

5 Tips Menata Ruang Tamu Sempit jadi Luas, Kuncinya Pilih Warna Terang

03 September 2024   |   08:58 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Ruang tamu biasanya ditata sedemikian rupa supaya terlihat cantik, bersih, dan lega, lantaran fungsi utamanya untuk menerima tamu yang berkunjung ke rumah. Ruangan ini diisi oleh berbagai perabotan seperti sofa, meja, serta berbagai elemen dekorasi lainnya untuk menciptakan suasana hangat dan menyenangkan.

Namun, ruang tamu yang terlalu banyak diisi furnitur dan dekorasi bisa terlihat sempit dan sesak. Akhirnya tamu yang berkunjung pun tak nyaman dan kurang leluasa.

Baca juga: Sensasi Gua Spa ala Italia dalam Instalasi Antrum karya Desainer Interior Vivianne Faye

Nah Genhype, berikut adalah beberapa tips menata ruang tamu supaya tampak luas.


1. Pilih Cat Warna Terang

Mengutip Better Homes & Gardens, pemilihan warna dapat sangat memengaruhi ukuran ruangan. Warna terang seperti putih, krem, dan pastel dapat memantulkan lebih banyak cahaya dibandingkan warna gelap yang cenderung menyerap cahaya.

Warna-warna terang membantu menyatukan elemen-elemen dalam ruangan dan mengurangi garis-garis pemisah yang dapat membuat ruang terasa sempit. Sebagai tambahan, sedikit aksen warna cerah bisa ditambahkan dalam bentuk aksesori seperti bantal, karpet, atau karya seni kecil untuk memberikan sentuhan yang menarik tanpa mendominasi ruangan.


2. Gunakan Cermin untuk Ciptakan Ilusi Luas

Cermin dapat menciptakan ilusi ruangan menjadi lebih besar. Menempatkan cermin besar di dinding yang berlawanan dengan jendela dapat memantulkan cahaya alami di seluruh ruangan, sehingga membuatnya tampak lebih terang dan luas.

Selain itu, cermin juga akan menciptakan kedalaman visual yang dapat membuat mata tertipu seolah-olah ada ruang tambahan. Cermin bisa ditempatkan di atas perapian, di belakang sofa, atau di area yang strategis untuk memaksimalkan efek pantulan cahaya. 


3. Manfaatkan Furnitur Multifungsi

Furnitur multifungsi adalah solusi ideal untuk memaksimalkan ruang tanpa membuatnya terasa penuh. Contoh furnitur multifungsi, misalnya kursi yang berfungsi sebagai tempat duduk sekaligus laci, meja kopi yang bisa dilebarkan jadi meja makan, atau sofa yang bisa berubah menjadi tempat tidur.

Furnitur ini tidak hanya membantu menghemat ruang, tetapi juga menambah fungsionalitas ruang tamu. Penggunaan furnitur seperti ini memungkinkan pengaturan ruang yang lebih dinamis dan adaptif sesuai dengan kebutuhan penghuninya.


4. Pilih Gaya Desain Minimalis

Terlalu banyak dekorasi atau aksesori dapat membuat ruang tamu kecil terasa sempit dan berantakan. Gaya minimalis yang fokus pada elemen-elemen penting dapat membuat ruang terasa lebih luas dan rapi. Pilihlah beberapa furnitur bergaya minimalis, serta kurangi dekorasi yang digunakan.

Dekorasi dinding sebaiknya tetap sederhana, menggunakan elemen-elemen yang tidak terlalu ramai dan mendominasi ruang. Sebaiknya gunakan tanaman dalam pot sebagai elemen dekoratif yang akan menambah kesegaran tanpa membuat ruangan terasa penuh.


5. Gunakan Karpet untuk Membagi Ruang

Karpet dapat digunakan untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas dengan membagi area tertentu di ruang tamu. Misalnya, pilih karpet berukuran besar yang dapat menampung semua furnitur utama, sehingga membuat ruang terasa lebih besar dan terorganisir.

Karpet yang lebih besar akan menciptakan batas visual yang luas, serta membantu mengatur ruang dan membuatnya tampak lebih besar. Sebaliknya, penggunaan karpet yang lebih kecil bisa membuat ruang seolah terpecah dan sempit. Pilih karpet besar dengan pola sederhana dan warna netral untuk menciptakan tampilan bersih dan tidak berlebihan.

Editor Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

5 Cara Menghapus Jejak Digital di Internet

BERIKUTNYA

5 Landmark Ikonik Kota Besar Indonesia, Patung GWK sampai Jam Gadang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: