Ilustrasi ruang tamu berkonsep Jawa klasik. (Dok. Bambu Indah)

4 Tip Desain Ruang Tamu Terinspirasi dari Jawa Klasik

24 February 2022   |   18:35 WIB

Meski sebagian besar masyarakat memiliki preferensi desain ruang tamu yang modern, gaya khas Jawa bisa menjadi pilihan alternatif bagi Genhype yang menyukai desain klasik dan kesan elegan yang eksotik. Dengan banyaknya unsur kayu dan kesan yang menenangkan, konsep Jawa klasik bisa dibawa ke hunian kalian.

Mulai dari penggunaan furnitur kayu hingga penyediaan ruangan yang luas dan fleksibel, yuk intip beberapa tip untuk membuat ruang tamu bergaya Jawa klasik agar lebih nyaman dan tenang.

 

1. Gunakan ruang yang luas dan terbuka

Sesuai dengan prinsip masyarakat Jawa yang mengharuskan adanya ruang kekeluargaan, konsep ruangan yang luas dan terbuka di ruang tamu menjadi salah satu yang harus ada di dalam ruangan berkonsep Jawa klasik. Dalam bahasa Jawa, ruangan ini bisa disebut sebagai pendopo yang berarti 'ruangan tambahan.'

Untuk mengaplikasikan konsep ini, situs Kamarupa menyarankan untuk menggabungkan ruang tamu dengan ruang makan dengan tambahan elemen-elemen ornamen khas Jawa yang identik dengan bahan-bahan alam (mis. batu alam, kayu, dan rotan), ukiran, dan warna yang harmonis.

 

2. Warna tanah dan kombinasi harmonis

Jika melihat berbagai rumah atau tempat tinggal masyarakat di beberapa provinsi di pulau Jawa, sebagian besar rumah bergaya Jawa klasik banyak menggunakan warna-warna tanah seperti coklat dan merah bata dengan campuran warna netral (mis. abu-abu). Penggunaan warna ini bisa diaplikasikan di dinding, furnitur, hingga meja.

Untuk kombinasi harmonis, Genhype menyeragamkan warna furnitur di ruang tamu agar sesuai dengan prinsip konvensional dan simetris.

 

3. Furnitur berbahan alam

Dengan warna tanah sebagai warna dasar, penggunaan furnitur berbahan alam seperti kayu, bambu, batu alam, rotan, dan tanaman bisa membantu memberikan harmonisasi pada ruang tamu. Untuk furnitur dengan material kayu, Genhype bisa memilih obyek yang lebih simpel dengan warna netral yang kontras.

 

4. Kombinasikan dengan unsur modern

Meski menggunakan konsep klasik adalah hal yang bisa dilakukan secara menyeluruh, kombinasi dengan unsur modern juga bisa jadi alternatif jika Genhype ingin kesan yang lebih sesuai dengan hunian modern. Caranya adalah dengan menggunakan furnitur dengan desain unik, warna netral, dan bahan-bahan besi.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Wow, Game Call of Duty: Mobile Catat Transaksi Pengguna Hingga US$1,5 Miliar 

BERIKUTNYA

Impian Musisi & Cinta Segitiga dalam Film Garis Waktu yang Tayang Hari Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: