Atlet Saptoyogo Purnomo meraih medali perak (Sumber gambar: Laman Kemenpora/ NPC Indonesia)

Indonesia Raih 4 Medali di Paralimpiade 2024 dan Akan Terus Bertambah

02 September 2024   |   09:27 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kontingen Indonesia terus menambah medali di ajang Paralympic atau Paralimpiade 2024 yang sedang berlangsung di Paris, Prancis. Sampai dengan Senin (2/9/2024), Indonesia berada di posisi 47 untuk sementara dengan raihan 4 medali dan masih akan terus meraih medali. 

Dikutip dari laman resmi Paralympic, kontingen merah putih berhasil meraih 2 medali perak dan 2 medali perunggu sampai dengan 2 September 2024 waktu Indonesia.

Posisi tersebut tercatat lebih baik jika dibandingkan dengan negara lain seperti Norwegia, Selandia Baru, Irlandia, Hong Kong, Kazakhstan, Latvia, Austria, dan sebagainya. Di antara negara-negara Asia Tenggara yang mengikuti ajang tersebut, Indonesia tercatat lebih baik jika dibandingkan dengan Malaysia.

Baca juga: Profil Saptoyogo Purnomo, Peraih Medali Pertama Indonesia di Paralimpiade 2024

Indonesia meraih medali pertama di ajang tersebut melalui atlet para atletik Saptoyogo Purnomo. Pria yang berlaga di nomor 100 meter putra klasifikasi T37 itu menyumbangkan medali perak bagi Merah Putih setelah mencatatkan waktu 11,26 detik.

Setelah Saptoyogo, giliran Gischa Zayana yang menyumbangkan medali kedua untuk Indonesia dari cabang Boccia. Sang atlet berhasil menyumbangkan medali perunggu setelah mengalahkan wakil dari Britania Raya, yakni Claire Taggart dengan skor 5-2.

Gischa bertanding di nomor individu putri BC2. Medali tersebut merupakan yang pertama kali bagi Boccia Indonesia di ajang Paralimpiade.
 

Atlet Muhamad Afrizal Syafa menjadi atlet yang berhasil meraih medali ketiga untuk Indonesia. Dia berhasil mendapatkan medali perunggu di cabang olahraga Boccia di nomor individu pria BC1 setelah mengalahkan wakil Britania Raya dengan skor 5-3.

Medali lainnya datang dari Muhammad Bintang Satria Herlangga. Sang atlet berhasil meraih perak di nomor individual putra BC2 cabang olahraga Boccia.

Kontingen Indonesia masih akan berpeluang menambah medali di ajang ini lantaran sejumlah atlet masih akan bertanding. Tidak hanya itu, Indonesia juga dipastikan akan membawa pulang medali emas dan perak di cabang olahraga bulu tangkis dari ganda campuran setelah all Indonesian final tercipta.

Pasangan Hikmat Ramdani & Leani Ratri Oktila akan bertemu dengan Fredy Setiawan & Sadiyah Khalimatus pada pertandingan hari ini, Senin, 2 September 2024.

Sementara itu, pasangan Subhan & Rina Marlina akan memperebutkan medali perunggu dengan melawan atlet dari India, yakni Sivarajan Solaimalai & Nithya Sre Sumathy Sivan. Masih dari cabang bulu tangkis, atlet tunggal putri Khalimatus Sadiyah akan bertemu dengan Helle Sofie Sagoey dari Norwegia untuk memperebutkan medali perunggu.

Sementara itu, atlet bulu tangkis tunggal putri Indonesia Leani Ratri Oktila akan bertemu dengan He Fang Cheng untuk meraih medali emas. Kemudian, tunggal putri bulu tangkis Lina Marlina akan memperebutkan medali perunggu dengan melawan Nithya Nithya Sre Sumathy Sivan.

Di sektor putra, tunggal Suryo Nugroho akan berhadapan dengan atlet Malaysia, yakni Liek Hou Cheah untuk menjadi yang terbaik dan membawa pulang medali emas.

Kemudian, perebutan medali perunggu juga akan dilakoni oleh atlet Dheva Anrimusthi saat melawan Muhammad Fareez Anuar. Fredy Setiawan juga akan bertanding untuk meraih perunggu dengan lawan Sukant Kadam dari India.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Sinopsis Film Beetlejuice Beetlejuice, Tayang di Bioskop 4 September 2024

BERIKUTNYA

Tumbang 3-0 dari Korea Selatan, Garuda Muda Akhiri Seoul Earth On Us Cup 2024 di Posisi Terakhir

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: