Kegiatan Pesta Literasi Indonesia 2024. (sumber foto: Gramedia)

Bersiaplah Mengarungi Samudra Imajinasi di Pesta Literasi Indonesia 2024

31 August 2024   |   06:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, bersiaplah untuk memulai petualangan di lautan imajinasi! Tahun ini, Penerbit Gramedia kembali menghadirkan Pesta Literasi Indonesia 2024, sebuah ajang yang ditunggu-tunggu oleh para pecinta buku dan penggemar literasi. Acara ini akan digelar di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, mulai dari 26 Agustus hingga 1 September.

Lebih dari sekadar festival buku, Pesta Literasi Indonesia 2024 adalah kesempatan untuk menjelajahi kreativitas dan imajinasi tanpa batas. Dengan mengusung tema Samudra Imajinasi, acara ini mengajak kita semua untuk menyelami dunia kata, warna, dan suara yang melebihi imajinasi kita.

Baca juga: Pesta Literasi Indonesia 2024 Siap Dihelat di TIM, Hadirkan Bazar Buku hingga Teater Musikal

Kegiatan ini sekaligus menjadi puncak perayaan 50 tahun perjalanan Gramedia menghidupkan dunia literasi di tanah air. Merupakan hasil kolaborasi megah antara Gramedia Pustaka Utama dan penerbit-penerbit Gramedia lainnya seperti Elex Media Komputindo, Grasindo, Bhuana Ilmu Populer, m&c!, dan Kepustakaan Populer Gramedia. Selain itu, toko Gramedia juga turut ambil bagian dalam merayakan kecintaan pada buku.

Ruth Priscilia Angelina, Ketua Pesta Literasi Indonesia 2024, mengatakan, pesta ini berangkat dari kerinduan sederhana, agar semua berkumpul merayakan kecintaan mereka akan cerita.

“Sekarang pesta ini melibatkan lebih banyak lagi pihak, bukan hanya mereka yang berkelindan dalam dunia buku, melainkan juga semua yang ingin merawat kekayaan ide, imajinasi, dan kreativitas,” ujarnya pada pembukaan Pesta Literasi Indonesia 2024, Jumat (30/8/2024).

Pada kesempatan yang sama, Publishing & Education Director Gramedia Adi Ekatama, menjelaskan bahwa tema tersebut sengaja diangkat untuk mengajak masyarakat datang dan berlayar di Samudera Imajinasi.

Menurut Adi Pesta Literasi Indonesia 2024 ini merupakan upaya untuk merawat dan memperbesar kecintaan masyarakat terhadap literasi. Dia juga berharap, tema Samudra Imajinasi bisa menciptakan pengalaman reflektif yang bisa membantu masyarakat menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan, sekaligus memberikan mereka ruang untuk berefleksi dan berkembang.

"Sama seperti pengalaman membaca buku, baik fiksi maupun non-fiksi, imajinasi kita akan dipantik, memberikan inspirasi, jawaban, semangat, harapan, dan refleksi," ungkapnya.

Pesta Literasi Indonesia 2024 menawarkan berbagai kegiatan menarik. Mulai dari panel diskusi dengan beragam tema yang diisi oleh narasumber ternama seperti Leila Chudori, Ratih Kumala, Valerie Patkar, Rintik Sedu, Natasha Rizky, Bintang Emon, Hannah Al Rashid, Agustinus Wibowo, Hilmar Farid, Greysia Polii, Ivan Lanin, Kalis Mardiasih, Kenny Santana, J.S. Khairen, Leonard Hartono, Faza Meonk, Marcella F.P., Sindhunata, Oka Rusmini, M. Aan Mansyur, Theoresia Rumthe, dan Watiek Ideo

Selain panel diskusi, terdapat berbagai kegiatan dan aktivitas, mulai dari bazar aksesori, makanan dan minuman; Selasar Seni dan Pendidikan, dan pameran Sampul Manusia. Pengunjung juga dapat berpartisipasi dalam lomba mewarnai, cosplay, dan berbagai workshop yang menghadirkan ahli di bidangnya.

Pesta Literasi Indonesia kali ini bekerja sama dengan Semesta Buku, tempat para pengunjung bisa mendapatkan banyak buku berkualitas dengan harga terjangkau mulai dari Rp5.000. Pengunjung juga bisa berburu ragam buku dengan diskon hingga 90%.

Nah, salah satu yang istimewa dalam kegiatan Pesta Literasi tahun ini adalah pertunjukan teater Misteri Pembaca Terakhir! yang akan digelar pada 30 Agustus hingga 1 September 2024 di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki.

Pertunjukan ini melibatkan sederet aktor, aktris, dan musisi terkenal seperti Ify Alyssa, Monita Tahalea, dan Cak Lontong. Tiket untuk hari pertama (30 Agustus) telah habis terjual, jadi pastikan Anda tidak ketinggalan dan segera dapatkan tiket untuk hari-hari berikutnya di Caket.org.

Pesta Literasi Indonesia 2024 lebih dari sekadar festival, ini adalah perayaan besar yang bertujuan merawat dan memperbesar kecintaan masyarakat terhadap buku dan literasi. Dengan rangkaian acara yang penuh warna dan beragam kegiatan, acara ini diharapkan dapat menginspirasi banyak orang untuk terus mengeksplorasi samudra imajinasi mereka.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Big Bad Wolf Yogyakarta Tawarkan Berbagai Macam Kategori Buku Baru

BERIKUTNYA

10 Tim yang Akan Bertanding di Turnamen VCT Ascension Pacific, Ada Jagoan Genhype?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: