Seiring dengan perilisan album Hardcore Romance, Pamungkas juga meluncurkan single Fight Some More. (Instagram/@pamunqkas)

Solois Pamungkas Rilis Album Kelima Berjudul Hardcore Romance dengan Single Fight Some More

21 August 2024   |   15:00 WIB
Image
Wildan Adil Hilba Mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta

Pamungkas, seorang musisi solo terkenal Indonesia, merilis album kelimanya yang berjudul Hardcore Romance pada Rabu, (21/8/2024). Bersamaan dengan peluncuran album ini, Pamungkas juga merilis single Fight Some More yang menjadi fokus utama dari album anyar tersebut.

Album ini menjadi pencapaian penting dalam karier musik Pamungkas, sekaligus menjadi titik balik bagi dirinya setelah 6 tahun berkarya sejak debutnya dengan album Walk The Talk pada 2018 silam. 

"Saya selalu bilang ke tim, kita mulai dari nol lagi. Jangan terpaku dengan pencapaian kemarin. Tujuan sekarang adalah terus berkarya," kata Pamungkas dalam keterangan resminya.

Baca juga: Adrian Khalif Rilis Dua Single Anyar Menjelang Debut Album Kedua

Hardcore Romance merupakan album hasil dari proses introspeksi Pamungkas, di mana dia melihat momen-momen hidupnya dengan lebih bijak dan berusaha tetap tenang di tengah laju hidup yang semakin cepat. Meski terinspirasi dari pengalaman yang tidak selalu menyenangkan, Pamungkas tetap menjaga agar karyanya memiliki perspektif yang positif.

"Saya adalah pengumpul perasaan. Jadi, bisa dibilang album ini adalah potret dari momen-momen yang saya alami dalam hidup. Jika kalian mengikuti perjalanan musik saya sejak album pertama, kalian akan merasakan pertumbuhan dan perubahan perspektif, baik dari lirik, pemilihan kord, hingga nada," jelas Pamungkas.

Dalam proses pembuatan album ini, Pamungkas hampir mengerjakan semuanya sendiri. Mulai dari menulis lagu, memproduseri, hingga merekam hampir seluruh instrumen di studionya. Proses mixing album juga dilakukan sendiri oleh Pamungkas.

Sementara mastering dilakukan oleh Rhesa Aditya. Terdapat satu kolaborasi pada track berjudul Putus, di mana sang kakak, Raden Rohan mengisi bagian drum. Melalui album ini, Pamungkas mencoba kembali ke akar sebagai musisi yang mandiri dan serba bisa.

Secara musikalitas, album ini menunjukkan skill gitar elektrik Pamungkas. Dia banyak menggunakan suara gitar Stratocaster yang memberikan nuansa hardcore pada beberapa lagu, namun tetap ada sentuhan balada yang manis dan romantis. 

Dirangkum dari sejumlah sumber, lagu-lagu dari album Hardcore Romance dirilis secara bertahap, dimulai dengan One Bad Day pada 29 Mei 2024, disusul New Feeling pada 27 Juni 2024, Putus pada 25 Juli 2024, dan terbaru, Fight Some More yang dirilis hari ini.

Lagu Fight Some More ini dimulai dengan permainan piano dan lirik yang menceritakan perjuangan Pamungkas melawan keraguan dan tantangan.

Pamungkas sempat bercerita mengenai rasa ragunya dengan merilis album Hardcore Romance, namun dia tidak ingin keraguan pada dirinya memberi batasan terhadap karier bermusiknya. Menurutnya, lagu Fight Some More adalah bentuk dari sikap terus mencobanya.

"Namun pada akhirnya, saya melawan keraguan itu dengan tetap percaya diri dan optimistis, dan lagu ini menjadi bentuk sikap saya, 'Ayo kita coba lagi, fight some more,'" ungkap Pamungkas.

Baca juga: Album Sialnya, Hidup Harus Tetap Berjalan Karya Bernadya Tembus 100 Juta Pendengar

Sebagai solois, Pamungkas telah melalui perjalanan yang penuh liku dalam industri musik. Jika lagu Fight Some More adalah pernyataan Pamungkas yang tidak akan menyerah, maka Hardcore Romance adalah rangkaian cerita panjang tentang pengalaman hidupnya dan bagaimana dia menghadapinya.

Lirik Lagu Fight Some More

[Verse 1]
You can break my bone
Break my bone
If that's what it needs
To help us home
If that's what it takes
I'm all okay

[Verse 2]
You can blind my eyes
Blind my eyes
If that's what it needs
To pay the price
If that's what it takes
I'll fight some more

[Pre-Chorus]
Fight some more, bleed for more
'Til you return to me, to me
Fight some more, died for more
'Til you return to me, 'til I return to you

[Chorus]
We go fight and fight
Yeah, we'll fight some more
Yeah, we'll fight and fight
Yeah, we'll fight some more

[Post-Chorus]
'Cause we both know that something good
Wouldn't come easily, ah-ah-ah

[Verse 3]
I can let you go
Let you go
If that's what it needs
For us to see
If we're meant to be
I'll let you go

[Verse 4]
I can let it be
Let it be
If that's what it means
By fighting now
If it's really what it means
I'll let it be

[Pre-Chorus]
Fight some more, bleed for more
'Til you return to me, to me
Fight some more, died for more
'Til you return to me, 'til I return to you

[Chorus]
We go fight and fight
Yeah, we'll fight some more
Yeah, we'll fight and fight
Yeah, we'll fight some more
Yeah, I'll fight and fight
Yeah, I'll fight some more
Yeah, I'll fight and fight
Yeah, I'll fight some more

[Post-Chorus]
'Cause we both know that something good

Wouldn't come easily, ah-ah-ah

 
Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Cek Daftar Instansi Pusat yang Membuka Formasi CPNS 2024: Kominfo hingga Kejagung

BERIKUTNYA

Inovasi Lokal Diperlukan dalam Kegiatan Konservasi Museum dan Cagar Budaya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: