Beberapa film lokal yang tayang September 2024. (Sumber gambar: IDN Pictures/MD Pictures/Eagle Prime Studios)

11 Film Indonesia Tayang September 2024 di Bioskop: Perjanjian Setan hingga Home Sweet Loan

21 August 2024   |   14:45 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Dunia perfilman Indonesia terus diramaikan dengan perilisan film baru. Sepanjang September 2024, terdapat 11 judul film Indonesia siap tayang di layar bioskop dengan beragam genre, tema, dan cerita yang bisa menjadi pilihan tontonan seru dan menghibur untuk Genhype.

Film-film lokal yang bakal tayang pada September 2024 hampir didominasi sinema horor. Lima dari 11 film yang akan tayang merupakan horor yakni Perjanjian Setan, Malam Keramat, Beranak dalam Kubur, Lembayung, dan Sumala.

Sementara enam judul lainnya diisi oleh film drama romansa dengan berbagai cerita. Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar 11 film Indonesia yang akan tayang di bioskop sepanjang September 2024.


1. Seni Memahami Kekasih (5 September)


Seni Memahami Kekasih merupakan film adaptasi dari buku karya Agus Mulyadi yang berjudul Sebuah Seni untuk Memahami Kekasih. Filmnya berkisah tentang dua manusia biasa yakni, Kalis (diperankan oleh Febby Rastanti) dan Agus (Elang El Gibran), cowok medium ugly yang sangat percaya diri. Saat keduanya hampir jadian, ketakutan akan masa depan dan ekonomi yang pas-pasan menghantui mereka.


2. Cinta dari Timor (5 September)


Seperti judulnya, Cinta dari Timor adalah film romansa yang berlatar sejarah konflik Timor Timur tahun 1999. Berlatar 8 tahun lalu ketika pengumuman referendum Timor Timur diberitakan, Langit (Jourdy Pranata) berjanji membawa Bintang (Adhisty Zara) pergi dari negeri ini agar mereka bisa tetap bersama.

Sayang, Langit tak pernah datang. Setelah 8 tahun berlalu, Langit justru muncul menjadi sosok yang sangat berbeda. Ketika Bintang menuntut penjelasan, dia justru menemukan fakta mencengangkan mengenai alasan Langit yang tak menepati janjinya.


3. Perjanjian Setan (5 September)


Film Perjanjian Setan bercerita tentang Kartini (Callista Arum) yang nekad ke Jakarta untuk mengejar cita-citanya. Di Jakarta, dia terpaksa tinggal di sebuah kos-kosan dengan syarat aneh demi bisa bayar seikhlasnya. Namun, sejak tinggal di kosan tersebut, Kartini menghadapi banyak hal misterius. Nyawanya terancam karena dia merupakan tumbal yang dipersembahkan untuk penghuni kos-kosan.


4. Laura: A True Story of a Fighter (12 September)

 

Seperti judulnya, film ini mengangkat kisah hidup mendiang selebgram Laura Anna yang sempat menjadi sorotan publik. Disutradarai Hanung Bramantyo, film ini berkisah tentang Laura (Amanda Rawles), selebgram ceria yang sangat disayangi oleh teman dan keluarganya. Dia harus berjuang ketika hidupnya yang penuh warna mendadak menjadi hitam putih setelah dia lumpuh karena kecelakaan yang disebabkan sang kekasih, Jojo (Kevin Ardilova).


5. Malam Keramat (12 September)


Malam Keramat berkisah tentang seorang sales properti bernama Dini (Frederika Cull) yang memasarkan sebuah rumah mewah. Setelah ditinggal pemiliknya, rumah itu ditempati oleh seorang nenek yang ternyata bukan manusia. Dini dan dua orang temannya pun terperangkap dalam rumah yang diselimuti kekuatan ilmu hitam.


6. Lembayung (19 September)


Lembayung adalah film horor hasil adaptasi utas (thread) viral di platform X berjudul Jin Poli Gigi. Utas tersebut ditulis oleh Pica dengan akun @saturnrushx, yang mengalami kejadian horor saat dia masih menjadi mahasiswa keperawatan. Film ini digarap oleh Baim Wong yang debut sebagai sutradara.

Kisahnya mengikuti dua mahasiswi keperawatan bernama Pica (Taskya Namya) dan Arum (Yasamin Jasem), yang menjalani masa PKL di Klinik Lembayung yang baru dibuka kembali setelah lama ditutup karena kasus bunuh diri.

Di klinik itu, Pica dan Arum dihantui sosok pasien misterius berambut panjang menyeramkan. Saat Arum kerasukan, Pica berusaha mengungkap misteri Klinik Lembayung sebelum sahabatnya menjadi korban berikutnya.


7. Roman Peony (19 September)


Roman Peony adalah film kolaborasi Indonesia-Jepang yang menceritakan kisah dua orang yang sedang tersakiti, dan berencana pergi ke Jepang untuk mendapatkan keajaiban dan pencerahan. 

Film Roman Peony menampilkan petualangan cinta segitiga beda budaya yang mengambil latar tiga kota di pulau paling utara Jepang, Hokkaido yaitu Sapporo, Sobetsu, dan Wakkanai. Film ini dibintangi oleh para pemain dari kedua negara seperti Jessica Veranda (Eks Jkt48), Genki Sadamatsu, Hitomi, Diera Nathania, Daisuke Hamada, dan masih banyak lagi.


8. Beranak dalam Kubur (19 September)


Film ini berkisah tentang Galuh (Shafinaz Nachiar) yang sedang hamil dan mendapatkan gangguan pada kandungannya. Termasuk, mimpi dihantui makhluk-makhluk aneh dan menakutkan. Lantaran gagal mengatasi serangan dari makhluk gaib, akhirnya Ki Samber Jiwo (Diding Zainal Abidin) menculik, membunuh dan mengubur Galuh di hutan. Galuh yang sudah menjadi roh pun datang untuk membalas dendam.


9. Sumala (26 September)


Disutradarai Rizal Mantovani, film Sumala berkisah tentang Sulastri (Luna Maya) yang tanpa sepengetahuan suaminya, Soedjiman (Darius Sinathrya), melakukan perjanjian dengan iblis supaya dia bisa memiliki anak. Sulastri akhirnya melahirkan anak kembar, Kumala (Makayla Rose) yang bertahan hidup dan Sumala (Makayla Rose) yang meninggal.

Kumala tumbuh menjadi anak yang baik hati tapi cacat fisik dan mental. Dia sering mendapat perlakuan buruk dari orang-orang sekitarnya. Suatu hari, Sumala datang dari dunia kematian dan membuat perhitungan kepada mereka yang telah menyakiti Kumala.


10. Kupu-Kupu Kertas (26 September)


Berlatar sejarah peristiwa G30S di Banyuwangi pada 1965, film ini mengikuti kisah sepasang kekasih bernama Ning (Amanda Manopo) dan Ihsan (Chicco Kurniawan). Sayangnya, kisah cinta keduanya tidak berjalan dengan mulus lantaran latar belakang ideologi yang berbeda. Film Kupu-Kupu Kertas juga dibintangi Iwa K, Reza Arap, Reza Oktovian, Ayu Laksmi, dan Samo Rafael.


11. Home Sweet Loan (26 September)

Home Sweet Loan adalah film adaptasi dari novel berjudul sama karya Almira Bastari. Disutradarai Sabrina Rochelle Kalangie, film ini berkisah tentang Kaluna (Yunita Siregar), seorang pekerja dari kalangan menengah yang masih tinggal bersama orang tua dan kakak-kakaknya yang sudah berkeluarga.

Dia berusaha keras untuk menabung dan hidup sederhana guna mewujudkan impiannya membeli dan memiliki rumah sendiri. Namun, realitas hidupnya sebagai sandwich generation yang harus membiayai hidup keluarga besarnya, ditambah penghasilannya yang minim, membuat impiannya sulit terwujud. Akankah Kaluna berhasil menemukan "rumah" untuknya kembali pulang?

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Provokasi Visual Justian Jafin dalam Pameran Bara Beku Tetes Tandus di Nadi Gallery

BERIKUTNYA

Cek Daftar Instansi Pusat yang Membuka Formasi CPNS 2024: Kominfo hingga Kejagung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: