Sejumlah Pasukan berjalan menuju lapangan upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2024). (Sumber foto: JIBI/Hypeabis/Eusebio Chrysnamurti)

Rangkuman Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Indonesia, dari Upacara Hybrid hingga Ragam Pakaian Adat

17 August 2024   |   16:31 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Presiden Joko Widodo untuk pertama kalinya memimpin upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia di luar Jakarta, yakni ibu kota Nusantara (IKN), di Kalimantan Timur. Perayaan ini menampilkan beragam keseruan, dari baju adat, penampilan musisi Indonesia dan tarian tradisional hingga bagi-bagi hadiah.

Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Presiden Joko Widodo memimpin upacara dari Istana Negara Nusantara, Kalimantan Timur. Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin memimpin dari Istana Merdeka, Jakarta. 

Sebelum upacara dimulai, terdapat proses kirab duplikat bendera pusaka Sang Merah Putih dan naskah Teks Proklamasi  dari ruang penyimpanan di Ruang Bendera Istana Negara IKN menuju meja dan mimbar kehormatan oleh Purna Paskibraka Duta Pancasila 2023.

Baca juga: 8 Acara Spesial Perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia 17-18 Agustus di Jakarta

Penyelenggaraan upacara diawali dengan tembakan meriam sebanyak 17 kali. Setelah itu, bunyi sirine diperdengarkan selama satu menit. Kemudian, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Puan Maharani,membacakan naskah Proklamasi.

Presiden selaku inspektur upacara memimpin penghormatan untuk mengheningkan cipta usai pembacaan naskah proklamasi. Adapun,  Menteri Agama Yaqud Cholil Qoumas memandu pembacaan doa dalam rangkaian acara peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Indonesia di IKN.

Kemudian, Tim Paskibraka Nusantara Baru, yang merupakan bagian dari 76 anggota Paskibraka 2024, menjalankan tugasnya mengibarkan sang saka Merah Putih di depan Istana Negara, Nusantara. 

Bagi Genhype yang tidak sempat menyaksikan rangkaian proses upacara, berikut rangkuman menarik peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia yang dilaksanakan pada hari ini, Sabtu, 17 Agustus 2024.


1. Baju Adat Presiden
 

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo mengenakan baju adat Kustin yang serasi. (Sumber foto: Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo mengenakan baju adat Kustin yang serasi. (Sumber foto: Sekretariat Presiden)

Pada perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia kali ini, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo memilih menggunakan bajut adat Kustim. Pakaian tersebut terinspirasi dari Baju Adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Kerajaan Kutai Kartanegara di Provinsi Kalimantan Timur adalah salah satu kerajaan tertua di Indonesia, sekaligus cikal bakal Nusantara Indonesia.

Baju Kustim merupakan salah satu pakaian yang mempunyai kasta tertinggi di Kesultanan Kutai Kartanegara. Istilah 'Kustim' berasal dari kata 'kustin' yang berarti kebesaran serta menandakan bahwa pakaian ini memiliki kasta tertinggi dalam hierarki kerajaan.

Pada masanya, baju ini digunakan Sultan pada saat upacara penting pada masa kesultanan Kutai Kartanegara. Pada saat itu, upacara Erau adalah yang terbesar dan termegah yang diselenggarakan Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

 

2. Tamu Undangan Turut Kenakan Baju Adat

Masih sama dengan peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia sebelumnya, para undangan yang datang – baik di Istana Merdeka, Jakarta, maupun Istana Negara, Nusantara menggunakan baju adat daerah dari Indonesia. Banyak undangan menampilkan pakaian adat daerah terbaiknya dalam acara peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Indonesia yang diadakan di Jakarta dan Kalimantan Timur.
 

3. Gita Bahana Nusantara

Perayaan HUT Ke-79 Kemerdekaan Indonesia juga diisi oleh penampilan dari orkestra Gita Bahana Nusantara. Orkestra ini membawakan lagu berjudul Hari Merdeka karya Husein Mutahar. Tidak hanya itu, kelompok ini juga membawakan lagu-lagu lain sebelum upacara peringatan dimulai. Mereka memainkan lagu-lagu dari Istana Merdeka, Jakarta.


4. Kolaborasi Mawar De Jongh, Novia Bachmid, Olivia Pardede di IKN

Di Ibu Kota Nusantara, Mawar De Jongh, Novia Bachmid, dan Olivia Pardede berkolaborasi menyanyikan lagu berjudul Puspa Warni. Tidak hanya itu, aksi mereka di depan Presiden Joko Widodo dan para undangan juga ditemani oleh tarian Natana Borneo.

Puspa Warni adalah lagu dari Guruh Soekarno Putra. Karya ini bercerita tentang kekayaan alam Indonesia. Sementara itu, tarian Natana Borneo yang ditampilkan terdiri dari tari Dayak Kenyah dan Jepen Kutai.


5. Vidi Aldiano Meriahkan Istana Merdeka

Jika di IKN ada kolaborasi Mawar De Jongh, Novia Bachdim, dan Olivia Pardede, di Jakarta ada penyanyi Vidi Aldiano yang tampil di hadapan para tamu undangan dan juga Wakil Presiden Indonesia Ma’aruf Amin.


6. Veddriq dan Rizki di IKN

Pada peringatan Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Indonesia, peraih medali emas Olimpiade 2024 di Paris, Prancis, juga hadir sebagai undangan upacara di Ibu Kota Nusantara. Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah terlihat menggunakan jaket kontingen Indonesia berwarna putih dan membawa medali emas mereka.
 

7. Sederet Artis & Pemengaruh dari Jakarta

Sejumlah artis dan pemengaruh dari Jakarta dan sekitarnya juga tercatat hadir dalam acara peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Indonesia di Ibu Kota Nusantara. Mereka yang hadir adalah Mawar De Jongh, Novia Bachdim, Olivia Pardede, Thoriq Halilintar, Aaliyah Massaid, dan Juliana Moechtar.


8. Pemenang Baju Adat Terbaik

Salah satu acara yang kerap ditunggu-tunggu dalam peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia adalah pemenang baju adat terbaik. Pada tahun ini, Muaiffah Yuliana, Donna Chandra Ginting, Uswatun, Abi Manyuarliandito, Lilis Suryani, dan Edi Sofyan terpilih sebagai pemenang dan memperoleh hadiah sepeda.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Daftar 5 Kampus Kedokteran Terbaik di Indonesia, dari Depok hingga Semarang

BERIKUTNYA

Desain Baru Paspor Indonesia Merah Membara, Bawa Semangat Perjuangan Bangsa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: