Ma'ruf Amin dan Wury Ma'ruf Amin (Sumber Foto: Wapres RI)

Wapres Ma'ruf Amin Hadiri Upacara Hari Kemerdekaan RI di Jakarta dengan Baju Adat Suku Melayu Sambas

17 August 2024   |   13:13 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia dihelat di dua kota, yakni Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Jakarta pada 10.00 WIB/11.00 WITA, Sabtu (17/8/2024). Tahun ini tema besar yang diangkat adalah Nusantara Baru, Indonesia Maju. 

Adapun makna dari pelaksanaan upacara di dua kota ini adalah menunjukkan transisi perpindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Nusantara, serta transisi keberlanjutan pemerintahan ke pemerintah yang baru.

Upacara di Jakarta, berlokasi di Halaman Istana Merdeka, dipimpin oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi Ibu Wakil Presiden, Wury Ma’ruf Amin. Mengutip laman resmi, Wapres RI, keduanya tiba di lokasi upacara sekitar pukul 09.35 WIB, mengenakan busana adat Pontianak, Kalimantan Barat dari Suku Melayu Sambas. 

Baca juga: Mengenal Baju Adat Kustin yang Dikenakan Jokowi saat Upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di IKN

Ma’ruf Amin menggunakan setelan Teluk Belanga warna kuning emas, dipadu kain sarung corak insang dengan warna senada di pinggang dan memakai penutup kepala yang biasa disebut Tanjak. Sementara, Wury Ma’ruf Amin tampak anggun mengenakan baju kurung polos bernuansa kuning emas dipadu dengan selendang senada yang juga bercorak insang.

Pakaian adat Suku Melayu Sambas tidak hanya mencerminkan aspek fungsional, tetapi juga mengandung makna mendalam dari segi budaya dan tradisi suku dan daerah tersebut.

Busana ini didominasi warna kuning emas yng melambangkan kejayaan, kemakmuran, dan keagungan. Terdapat corak insang yang terinspirasi oleh masyarakat Pontianak yang tinggal di sepanjang Sungai Kapuas. 

Berangkat dari inspirasi tersebut, insang ikan dijadikan sebagai media ungkapan seni yang memberi arti nafas, kehidupan, dan terus bergerak. Selain itu, juga merupakan ungkapan rasa cinta kepada alam dan lingkungan serta semangat hidup sehari-hari yang dinamis.

Dengan demikian, makna filosofis dari pakaian adat yang dikenakan wakil presiden secara garis besar melambangkan kejayaan untuk seluruh Indonesia, serta simbol dalam menyambut Indonesia Emas 2045, yang tidak hanya untuk orang-orangnya tapi juga untuk seluruh sumber dayanya.

Di sisi lain, pemilihan baju adat Pontianak, Kalimantan Barat juga sebagai media untuk memperlihatkan keragaman yang dimiliki Indonesia. Seperti yang diketahui, dari tahun ke tahun presiden dan wakil presiden yang memimpin jalannya upacara di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia selalu mengenakan pakaian adat.

Pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia 2022 lalu , Ma'ruf Amin dan Wury Ma’ruf Amin menggunakan pakaian adat Banten, Jawa Barat. Selanjutnya pada 2023 menegnakan pakaian adat Koto Gadang, Sumatera Barat. 

Pada momen peringatan hari kemerdekaan ini, Ma'ruf Amin menyampaikan pesan kepada segenap bangsa Indonesia untuk terus bergandengan tangan membangun Indonesia Maju di setiap kesempatan.

“Saya berharap kita dapat memanfaatkan setiap peluang yang ada untuk terus memajukan Indonesia, baik di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, maupun teknologi,” ujarnya, dikutip dari siaran langsung Youtube, Sabtu (17/8/2024).

Melalui kerja keras, inovasi, dan sinergi kuat seluruh elemen bangsa, Ma'ruf Amin meyakini Indonesia dapat meraih masa depan yang semakin gemilang. Meski begitu, tentu saja masih banyak tantangan yang harus dihadapi sebagai bangsa yang terus berkembang. 

"Saya yakin dengan semangat persatuan dan gotong royong yang telah mengakar kuat dalam diri bangsa Indonesia, kita akan mampu mengatasi segala rintangan tersebut, bersama-sama melangkah maju menuju Nusantara Baru, Indonesia Maju,” pungkasnya," imbuhnya.

Setelah mengikuti prosesi upacara pagi, pada sore harinya Ma'ruf Amin dan Wury Ma’ruf Amin juga dijadwalkan menghadiri Upacara Penurunan Sang Saka Merah Putih di Halaman Istana Merdeka.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Mengenal Baju Adat Kustim yang Dikenakan Jokowi saat Upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di IKN

BERIKUTNYA

Daftar 5 Kampus Kedokteran Terbaik di Indonesia, dari Depok hingga Semarang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: