Mahasiswa ESMOD Jakarta dan designer brand Attaca Sulistio Dominique. (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

75 Booth Koleksi Fesyen Kreatif Mahasiswa ESMOD Jakarta di Ajang Jury Day

14 August 2024   |   19:01 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

ESMOD Jakarta atau Politeknik Kreatif Indonesia menyelenggarakan acara Jury Day pada Rabu (14/8/2024), di gedung sekolah ESMOD Jakarta. Adapun, Jury Day sendiri menjadi ajang bagi mahasiswa di tahun terakhir untuk mempresentasikan koleksi kreatif mereka di depan para profesional bidang mode dan industri kreatif.

Pada acara Jury Day, terdapat total 75 exhibition booths yang menampilkan karya mahasiswa dari tiga program studi, yakni Fashion Design and Creation, International Fashion Business, dan One Year Fashion Design and Pattern Making.

Baca juga: Eksplorasi Tren Fesyen Lewat Kegiatan Seru dan Edukatif dari Mahasiswa ESMOD Jakarta 

Nathalia Gunarian selaku ESMOD Jakarta Vice Director for Academic menyampaikan, para mahasiswa akan mempresentasikan koleksi mereka yang ditampilkan dalam format booth. Koleksi yang ditampilkan mencakup pakaian dan aksesori yang dirancang sebagai bagian dari pengembangan koleksi personal dan strategi leverage merek mahasiswa.

"Jury Day ini istilahnya seperti skripsi, ini membuka peluang bagi mahasiswa untuk berinteraksi dengan para desainer, brand, dan para pelaku industri kreatif lainnya, karena ruang lingkup fesyen bukan hanya mendesain tapi jug berkomunitas," katanya.

Tujuan dari konsep ini agar para juri melihat secara mendalam setiap aspek dari konsep dan desain kreatif mahasiswa, serta memberikan gambaran lebih jelas mengenai inovasi dan kualitasnya. Mereka juga bisa memberikan saran dan kritik berharga untuk para mahasiswa yang nantinya akan terjun ke dalam dunia mode dan bisnis kreatif.

 

Koleksi brand Page of Sens karya Mahasiswa ESMOD Jakarta (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Koleksi Brand Page of Sens karya Mahasiswa ESMOD Jakarta (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)


Adapun para juri yang dihadirkan terdiri dari 30 orang, beberapa diantaranya seperti desainer, jenama fesyen, influencer, model, dan pelaku industri kreatif lainnya. Mereka adalah Adeline Esther, Cita Tenun Indonesia, Danny Satriadi, Ilonk Sarizqi, Ismaya, Mahija, Priyo Oktaviano, Pullman, Senayan City, dan Tanah Le Sae. 

Pada kesempatan yang sama, Vice Director Sales, Marketing Communication & Business Development Imelda Chandra menyampaikan harapannya agar karya yang dipresentasikan dapat membuka peluang bagi mahasiswa untuk menjalin kerja sama dengan brand atau desainer, serta meningkatkan potensi mereka untuk langsung dipekerjakan di industri mode dan kreatif.

Lebih lanjut dia berujar, ini merupakan bentuk dari komitmen kami sebagai leader dalam pendidikan mode dalam mempersiapkan para mahasiswa untuk menghadapi peluang industri dan menghubungkan mereka secara langsung.

Adapun acara Jury Day sendiri, untuk pertama kalinya dibuka untuk para media, setelah tahun-tahun sebelumnya dihelat secara privat. Tujuannya untuk memberikan kesempatan kepada media untuk merasakan eksklusivitas penilaian karya mahasiswa oleh para profesional dari kalangan desainer maupun perusahaan ternama di industri.

Seluruh karya mahasiswa yang dipresentasikan pada acara Jury Day akan ditampilkan di ajang ESMOD Jakarta Creative Show 2024 yang akan digelar pada November 2024 mendatang dalam bentuk fashion show dan dipresentasikan oleh model-model profesional. 

ESMOD merupakan International Fashion Design & Business yang dikenal sebagai salah satu pionir pendidikan fesyen di seluruh dunia yang berpusat di Paris, Prancis sejak 1841. Sementara di Indonesia, selain menjadi pionir, lulusan ESMOD Jakarta telah berhasil menciptakan desainer yang menghasilkan busana yang banyak diminati masyarakat sejak 1996.

ESMOD Jakarta juga diakui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai Politeknik Kreatif Indonesia (Poltekindo), saat ini berdiri sebagai institusi pendidikan vokasi D-4 dengan program studi fashion design dan creative business.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Kejuaraan Golf International Long Drive Championship Perdana Dihelat di Indonesia

BERIKUTNYA

Fakta Penting Gempa Megathrust yang Jadi Ancaman Nyata di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: