Jumpa pers acara Indonesia Long Drive Championship 2024 (Sumber foto: Hypeabis/Wildan Adil Hilba)

Kejuaraan Golf International Long Drive Championship Perdana Dihelat di Indonesia

14 August 2024   |   14:00 WIB
Image
Wildan Adil Hilba Mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta

Senayan Golf Club (SGC) akan mengadakan International Long Drive (ILD) untuk pertama kalinya di Indonesia, sebagai respons terhadap semakin tingginya antusiasme dan minat masyarakat terhadap olahraga golf di Tanah Air.

Acara ini bertajuk Indonesia Long Drive Championship 2024 ini dijadwalkan berlangsung pada 4-5 Oktober 2024 di Senayan Golf Club, dengan tujuan mendukung upaya pemerintah dalam memajukan industri sport tourism dan sportainment.

Kompetisi Long Drive yang sudah populer di Amerika, Eropa, dan Asia ini kini hadir di Indonesia melalui inisiatif Senayan Golf Club. Yakup Hasibuan, CEO Senayan Golf Club sekaligus Founder Indonesia Long Drive Championship, optimistis bahwa Indonesia memiliki potensi atlet Long Drive yang bisa bersaing di level nasional bahkan internasional.

"Saya merasa sangat excited melihat antusiasme pegolf di Indonesia. Kami berharap bisa membantu mengembangkan sisi lain dari golf yang mungkin belum banyak dikenal," ujar Yakup kepada wartawan di The Lounge Senayan Avenue, Jakarta pada (14/8/2024).

Baca juga: Makin Ngetren di Kota Besar, Cek Biaya & Tip Bermain Golf Menurut Praktisi

Acara ini akan diawali dengan babak kualifikasi di tiga kota besar, yakni Jakarta pada 25 Agustus, Bali pada 7 September, dan Surabaya pada 14 September 2024. Senayan Golf Club bekerja sama dengan Bali International Golf dan Bukit Darmo Golf Surabaya untuk melaksanakan kualifikasi tersebut.

Para juara 1 kategori pria dan wanita dari setiap kota akan diundang ke Jakarta pada 5 Oktober 2024 untuk bertanding di babak final yang akan diadakan di hole 5 Senayan Golf Club. Para pemenang akan memperebutkan piala Indonesia Long Drive Championship dan berkesempatan untuk bertanding di level Asia Long Drive. 

Yakup juga mengungkapkan bahwa asosiasi Asia Long Drive dan European Long Drive telah memberikan validasi terhadap Indonesia Long Drive, serta memberikan golden ticket bagi juara Indonesia untuk bertanding di level Asia dan Eropa.

"Ketika pertama kali mendapatkan dukungan dari Asian Long Drive, saya sangat kaget dan senang. Ini adalah wujud nyata komitmen kami untuk memajukan industri golf Indonesia agar bisa bersaing di level internasional," tambah Yakup.

Selain kompetisi utama, acara ini juga akan menjadi ajang kolaborasi antara industri golf dengan industri fesyen dan kuliner. Petty Hasibuan, Vice President Senayan Golf Club, menyatakan bahwa beberapa jenama fesyen dan kuliner telah dikurasi untuk mendukung acara ini.

"Industri fesyen saat ini memainkan peran penting dalam dunia golf, tidak hanya untuk wanita, tapi juga pria. Kami berharap kolaborasi ini dapat diterima luas oleh masyarakat dan menjadi bagian dari kalender tahunan di industri golf," ujar Petty.

Acara fesyen dan kuliner ini akan dimulai lebih awal pada 4 Oktober di Senayan Golf Club, dengan menghadirkan beberapa influencer lokal di dunia fesyen untuk meramaikan acara final Indonesia Long Drive. "Kami juga akan mengundang UMKM dengan potensi bagus agar lebih dikenal publik. Kemungkinan besar akan ada fashion show dalam acara tersebut," kata Petty.

Baca juga: Asal-usul Golf dan 30 Istilah dalam Permainannya, Olahraga yang Identik dengan Kalangan Sultan

Dengan adanya Indonesia Long Drive Championship, Yakup berharap bisa mencetak atlet-atlet Long Drive yang mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. "Mudah-mudahan Indonesia Long Drive bisa menjadi bagian dari rangkaian tur tahunan di kalender Asian Long Drive dan European Long Drive," ujar Yakup.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Eksplorasi Unik Seniman Arin Sunaryo Berkarya dengan Material Resin

BERIKUTNYA

75 Booth Koleksi Fesyen Kreatif Mahasiswa ESMOD Jakarta di Ajang Jury Day

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: