Kado adalah film pendek berdurasi 15 menit (Sumber gambar: Siaran pers Bioskop Online)

4 Fakta Menarik Film Pendek Berjudul Kado yang Meraih Piala Citra

12 August 2024   |   13:58 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Film pendek berjudul Kado (A Gift) karya sutradara Aditya Ahmad tayang di Bioskop Online mulai hari ini, Senin, 12 Agustus 2024. Karya produksi Miles Film itu memiliki sejumlah fakta menarik, salah satunya adalah karya sinema ini merupakan film pendek yang memenangkan sejumlah penghargaan.

Film yang memiliki durasi 15 menit itu bercerita tentang karakter anak Sekolah Menengah Atas (SMA) bernama Isfi yang sangat bersemangat menyambut ulang tahun sang sahabat. Dia rela mengganti setelan celana panjang favorit yang selalu dikenakan dengan rok panjang dan hijab.

Baca juga: 7 Film Pendek yang Tayang di Bioskop Online Sepanjang Agustus 2024

Semua itu dilakukan oleh Isfi untuk menyiapkan kado istimewa di rumah Nita. Lantas, bagaimana kelanjutannya? film ini diklaim memberikan banyak makna, mulai dari pencarian jati diri, penerimaan diri, hingga ekspresi gender.

Sutradara Aditya Ahmad berharap bahwa flm Kado dapat memberikan makna yang mendalam terhadap penonton Bioskop Online, terutama dalam pencarian jati diri. “Saya berharap penonton bisa merasakan dan memahami perjalanan emosional yang dilalui oleh karakter Isfi,” katanya.

Genhype yang hendak menonton film pendek ini, berikut sejumlah fakta menarik yang perlu diketahui sebelumnya.


1. Meraih banyak penghargaan

Film pendek berjudul Kado atau A Gift adalah karya yang telah meraih sejumlah penghargaan di berbagai festival film. Di ajang The 75th Venice International Film Festival pada 29 Agustus–8 September 2018, karya ini berhasil memenangkan kompetisi Orizzonti. Di tingkat lokal, film ini mendapatkan penghargaan Film Pendek Terbaik dalam Piala Citra pada 6 tahun lalu atau 2018.


2. Diputar di banyak festival film

Selain meraih berbagai macam penghargaan di beberapa ajang film internasional, Kado juga tercatat telah diputar di banyak festival film di dalam dan luar negeri. Festival itu seperti Jogja-NETPAC Asian Film Festival Ke-13, Plaza Indonesia Film Festival 2019, Sundance Film Festival 2019, dan Singapore International Film Festival 2018.


3. Sentuhan Mira Lesmana & Riri Riza

Kehadiran film Kado karya sutradara Aditya Ahmad tidak dapat dilepaskan dari sineas ternama Indonesia, yakni Mira Lesmana dan Riri Riza. Pada 2016, Mira dan Riri memberikan nasihat kepada Aditya yang sedang merasa jenuh. Pada saat itu, Mira dan Riri mengungkapkan bahwa waktu terbaik untuk membuat karya film adalah ketika mengalami masa-masa penuh keresahan.


4. Isfi adalah sumber inspirasi

Aditya mendapatkan inspirasi untuk membuat film berjudul Kado setelah bertemu dengan Isfi, yakni  teman lama sekaligus pemeran utama film sebelumnya yang berjudul Sepatu Baru. Pada saat itu, penampilan Isfi yang cenderung maskulin dan bagaimana guru di sekolah mempermasalahkannya.

Baca juga: Film Pendek Kebaya Kala Kini Tampilkan Potret Berkebaya Sebagai Identitas Perempuan Indonesia

Fenomena itu memancing rasa ingin tahu Aditya. Dia membayangkan cara remaja seperti Isfi menjalani fase coming-of-age-nya di negara yang konservatif dan religius ini.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Cek Spesifikasi Laptop Vivobook S15 OLED S5507 yang Akan Hadir di Indonesia

BERIKUTNYA

Sah! Pedro Neto Bergabung ke Chelsea, Perkuat Lini Sayap The Blues

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: