Sepak bola (Sumber gambar: Unsplash/Fancy Crave)

Usai Taklukkan EURO, Spanyol Jadi Juara Cabor Sepak Bola Olimpiade 2024

10 August 2024   |   14:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional (timnas) Spanyol akhirnya merebut medali emas setelah secara dramatis mengalahkan Prancis 5-3 di laga final cabor sepak bola putra Olimpiade 2024. Mulanya, pertandingan ini berjalan imbang, sebelum akhirnya extra time merusak mimpi Prancis juara di rumah sendiri.

Bertanding di Stadion Parc des Princes, Prancis sejatinya unggul terlebih dahulu lewat gol Enzo Millot pada menit ke-11. Gol cantik Enzo tercipta lewat tembakan dari dalam kotak pinalti Spanyol.

Baca juga: Deretan Rekor Baru Spanyol Setelah Berhasil Juara EURO 2024

Satu gol cepat yang tercipta ini membuat tensi pertandingan berubah. Spanyol yang tak ingin kalah langsung memainkan strategi menyerang. Hasilnya, tak butuh waktu lama bagi tim Matador untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-18.

Lewat sontekan manis Fermin Lopez, usai meneruskan umpan Alex Baena, Spanyol berhasil membobol gawang Prancis. Situasi kemudian berbalik, Spanyol tampak lebih dominan di lapangan.

Spanyol bahkan mampu membalikkan kedudukan menjadi 2-1. Fermin Lopez lagu-lagi menciptakan gol pada menit ke-25. Tiga menit berselang, Spanyol melebarkan keunggulan menjadi 3-1 lewat tendangan bebas Alex Baena.
 

Babak pertama berakhir dengan keunggulan 3-1 untuk Spanyol. Ketika babak kedua berjalan, Prancis tampil menyerang total. Penampilan impresif membuat mereka memperkecil ketertinggalan pada menit ke-78 lewat gol Maghnes Akliouche.

Pad menit ke-89, Prancis mendapatkan asa setelah wasit memberikan pinalti usai mengecek VAR. Mateta yang menjadi eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik dan membuat skor imbang 3-3 bertahan hingga akhir laga.

Di babak extra time, Spanyol bermain lebih baik dan konsisten. Pada menit ke-100, gol inda Sergio Camello menggunakan tendangan chip mampu membuat Spanyol unggul 4-3. Di extra time babak kedua, tepatnya menit 120+1, Spanyol kembali menambah gol lewat Sergio Camella.

Skor 5-3 pun bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Spanyol akhirnya memastikan diri menjadi juara dan mengalahkan tim tuan rumah, Prancis.

Kemenangan Spanyol di Olimpiade 2024 menambah daftar gelar yang sudah mereka dapatkan pada tahun ini. Bagi Spanyol, 2024 memang tampaknya jadi tahun yang spesial. Tim sepak bola mereka benar-benar digdaya.

Sebelum kemenangan tim U-23 mereka di Olimpiade 2024, tim senior Spanyol telah lebih dahulu memenangkan EURO 2024. Tentu masih segar di ingatan, ketika di laga final di Olympiastadion Berlin Juli lalu, Spanyol menundukkan Inggris dengan skor 2-1 yang dramatis.

Tak hanya juara di level senior, Spanyol juga berhasil menyabet gelar bergengsi di EURO U-19 yang digelar tahun ini juga. Spanyol U-19 berhasil mengalahkan Prancis dengan skor 2-0.

Keberhasilan Spanyol di dunia sepak bola memang patut diacungi jempol. Bahkan, sepak bola wanita mereka pun juga sedang berprestasi. Spanyol tercatat memenangi EURO U-17 2024 Wanita dan EURO U-19 2024 Wanita.

Bisa dilihat bahwa kedigdayaan Spanyol terjadi di hampir kelompok usia dan gender. Tentu, Spanyol memiliki masa depan yang cerah untuk terus berprestasi ke depan.


Daftar Juara Sepak Bola Spanyol Sepanjang 2024

  • Juara Nations League 2024 Wanita
  • Juara Euro U-17 2024 Wanita
  • Juara Euro U-19 2024 Wanita
  • Juara Euro 2024 Pria
  • Juara Euro U-19 2024 Pria
  • Juara Olimpiade U-23 2024 Pria

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

9 Agenda Pameran & Seni Pertunjukan di Jakarta Akhir Pekan 10-11 Agustus 2024

BERIKUTNYA

Ariel Tatum Jadi Ronggeng di Teater Sang Kembang Bale, Digelar 10 & 11 Agustus 2024 di Bandung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: