ArtMoments Jakarta kembali dihelat pada 9-11 Agustus 2024 di Grand Ballroom Sheraton Gandaria City Hotel. (Sumber gambar: ArtMoments)

9 Agenda Pameran & Seni Pertunjukan di Jakarta Akhir Pekan 10-11 Agustus 2024

10 August 2024   |   11:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ada banyak pameran dan agenda seni pertunjukan yang digelar pada akhir pekan ini di Jakarta. Agenda-agenda yang ada tentunya bisa menjadi pilihan bagi masyarakat untuk berekreasi dan menikmati waktu luang akhir pekan, sekaligus meningkatkan rasa apresiasi terhadap karya seni.

Pada akhir pekan ini, bursa seni ArtMoments Jakarta kembali dihelat pada 9-11 Agustus 2024 di Grand Ballroom Sheraton Gandaria City Hotel. ArtMoments Jakarta akan menghadirkan deretan karya seni dari sejumlah galeri baik di dalam maupun luar negeri, serta agenda seni menarik lainnya.

Baca juga: 7 Agenda Konser & Festival Musik di Jakarta Akhir Pekan 10-11 Agustus 2024

Selain itu, ada pula konser orkestra One Piece Symphony 25th Anniversary World Tour yang akan digelar pada akhir pekan ini tepatnya 10 dan 11 Agustus 2024 di Ciputra Artpreneur Jakarta. Konser orkestra yang mengangkat serial One Piece itu siap menyuguhkan perpaduan harmonis antara pertunjukan musik serta pengalaman menonton serial dengan kualitas yang tak biasa.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah sejumlah agenda pameran dan seni pertunjukan di Jakarta yang digelar pada akhir pekan ini, 10-11 Agustus 2024.


1. ArtMoments Jakarta 2024

ArtMoments Jakarta kembali dihelat pada 9-11 Agustus 2024 di Grand Ballroom Sheraton, Grand Jakarta Gandaria City Hotel. Selama tiga hari gelarannya, ArtMoments Jakarta 2024 akan menampilkan deretan karya seni dari galeri-galeri terkemuka nasional dan internasional yang beragam mulai dari karya seni modern, kontemporer, hingga new media art.

Tahun ini, ArtMoments Jakarta juga spesial menghadirkan pameran tunggal seniman Amerika-Pantai Gading yang terkenal, Aboudia. Ini akan menjadi ekshibisi perdana sang seniman di kawasan Asia Tenggara. Adapun, harga tiket masuk ArtMoments Jakarta 2024 dibanderol seharga Rp100.000-Rp180.000.
 
 

2. Teater Monolog Cut Nyak Dhien

Dalam rangka menyambut bulan kemerdekaan, Galeri Indonesia Kaya akan menggelar pementasan Teater Monolog Cut Nyak Dhien, yang akan dibawakan oleh aktris Sha Ine Febriyanti. Pementasan ini akan berlangsung pada hari ini, Sabtu (10/8/2024) pukul 14.30 WIB-16.00 WIB, dan bisa ditonton secara gratis di Auditorium Galeri Indonesia Kaya Galeri Indonesia Kaya, West Mall Grand Indonesia Lt. 8.

Teater Monolog Cut Nyak Dhien akan mengangkat sisi perempuan Cut Nyak Dhien sebagai seorang istri dan ibu yang juga goyah ketika kehilangan menghampiri kehidupannya. Meski dirinya memahami risiko yang akan dihadapi suaminya di medan pertempuran, Cut Nyak Dhien tetaplah perempuan yang punya rasa, yang hatinya hancur, dan menangis kala yang datang adalah kabar duka.


3. Konser Orkestra One Piece

Konser One Piece Symphony 25th Anniversary World Tour akan digelar pada 10 dan 11 Agustus 2024 di Ciputra Artpreneur Jakarta. Konser ini akan tersaji dalam format film concert atau live scoring di mana musik dari adegan film One Piece akan dimainkan secara live, dengan adegan di layar oleh 50 musisi multi-nasional dari berbagai negara, di bawah pimpinan konduktor internasional yang ditunjuk resmi oleh One Piece. 

Pertunjukan musik ini akan menampilkan semua momen paling berkesan selama 25 tahun terakhir serial One Piece. Sejumlah lagu favorit penggemar sudah pasti akan dibawakan dalam konser ini seperti We Are!, Sai sai saikyo!!!, Oitsumerareta, Binks no Sake, dan beberapa lagu baru yang khusus dibuat untuk One Piece Symphony 25th Anniversary World Tour. 

Adapun, tiket konser One Piece Symphony 25th Anniversary World Tour dibanderol seharga mulai dari Rp680.000 hingga Rp2,28 juta, yang dapat dibeli melalui situs bookmyshow ataupun Traveloka.
 
 

4. Konser Kemerdekaan Gita Bahana Nusantara

Setelah sukses dengan konser tahun lalu, Gita Bahana Nusantara (GBN) akan kembali hadir dalam Konser Kemerdekaan bertajuk Harmoni Nusantara Generasi Emas. Konsernya akan berlangsung pada 10 Agustus 2024 pukul 19.30 WIB di Taman Fatahillah Kota Tua Jakarta. 

Sebanyak 191 peserta paduan suara dan orkestra GBN 2024 akan mempersembahkan 11 lagu yang dipimpin oleh konduktor Eki Satria dan kolaborasi spesial bersama penyanyi Keisya Levronka. Selain itu, akan digelar juga drama heroik Bratayudha dan Tari Kreasi Team Roro yang bisa dinikmati pengunjung secara gratis.


5. Dramatari Kalayatra 2024

Komunitas pecinta Tari & Budaya Nusantara bersama Paguyuban Wayang Orang Bharata akan mempersembahkan pertunjukan Dramatari Kalayatra 2024: Gejolak Jiwa, Tercipta Satria Wiwaha. Pertunjukan ini akan dipentaskan pada 10 dan 11 Agustus 2024 di Gedung Kesenian Jakarta. Pementasannya akan mengikuti kisah petualangan 3 ksatria muda dari masa kini, yang mengarungi lorong waktu menuju dunia Ramayana.


6. Pameran Patung dan Aktivisme

Maestro patung Dolorosa Sinaga berkolaborasi dengan Budi Santoso, pematung asal Yogyakarta, memamerkan sebanyak 53 karya dalam pameran seni rupa bertajuk Patung dan Aktivisme: Dolorosa Sinaga & Budi Santoso. Pameran ini digelar hingga 19 Agustus 2024 di Gedung A Galeri Nasional Jakarta. 

Di pameran ini, pengunjung bisa menyaksikan karya-karya Dolorosa Sinaga yang telah berkarya lebih dari empat dekade, serta karya dari Budi Santoso yang merupakan kolega Dolorosa selama 24 tahun.
 
 

7. Pameran Fotografi Landep

Fotografer Yoese Mariam menggelar pameran fotografi tunggal bertajuk Landep: Menziarahi Sebilah Keris dalam Seutas Kehidupan Saya. Pameran yang berlangsung pada 10-18 Agustus 2024 di Cemara 6 Galeri Jakarta ini akan menampilkan pergumulan antara memori masa lalu dan hubungan sang fotografer dengan orang tuanya.

Dikuratori oleh Yoppy Pieter, ekshibisi ini akan memamerkan 33 foto kombinasi foto hitam-putih serta print alternatif Cyanotype karya Yoese Mariam. Pendekatan visual ini digunakan Yoese sebagai representasi perasaan kehilangan dan ketakutan. Namun, dia juga memaknainya sebagai bahasa yang paling tepat untuk menorehkan puisi tentang dirinya dan hubungan kedua orang tuanya.


8. Popup Gallery Talenta

Popup Gallery Talenta merupakan galeri karya seni dari para seniman Indonesia yang dapat dinikmati secara gratis. Galeri ini rutin memamerkan lukisan dan patung, baik pameran kelompok maupun pameran tunggal. Setiap bulannya, pameran yang disajikan di galeri ini menyuguhkan karya-karya yang berbeda. Popup Gallery Talenta bisa dikunjungi setiap hari di Plaza Indonesia Level 4 Jakarta.


9. The Unseen Exhibition

Komunitas LSPR Photography menggelar pameran fotografi kolektif bertajuk The Unseen Exhibition. Agenda ini berlangsung pada 9-11 Agustus 2024 di Pos Bloc Jakarta. Selain pameran fotografi, akan ada juga sesi talkshow yang menghadirkan fotografer berpengalaman.


10. Pameran Wastra Songket Indonesia

Museum Tekstil dan Himpunan Wastraprema menggelar Pameran Wastra Songket Indonesia: Beragam Tradisi dan Pesona. Pameran ini menyajikan beragam tradisi dan pesona 75 koleksi wastra songket dari Pulau Sumatra, Kalimantan, Bali, Lombok, NTT, Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan Jawa. Pameran ini berlangsung di Museum Tekstil Jakarta hingga 31 Agustus 2024.

Baca juga: Digelar 10-11 Agustus 2024, Cek 5 Fakta Menarik Konser Orkestra One Piece di Ciputra Artpreneur

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Thee Marloes Hadirkan Album Baru Bertajuk Perak, Dirilis Big Crown Records

BERIKUTNYA

Usai Taklukkan EURO, Spanyol Jadi Juara Cabor Sepak Bola Olimpiade 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: