Oppo Reno 12 F series. (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Harga & Spesifikasi Oppo Reno 12 F Series di Indonesia

09 August 2024   |   22:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Oppo tampak bergairah menghadirkan produk smartphone-nya di pasar gawai Indonesia. Baru saja meluncurkan Reno 12 Series, kini vendor ponsel asal China itu membawa seri Reno 12 F dengan dua varian, yakni versi 5G dan standar (4G). 

Head of PR Oppo Indonesia, Arga Bima Jaksana Putra, menyampaikan varian Reno 12 F 5G ditenagai prosesor MediaTek Dimensity 6300, sementara Qualcomm Snapdragon 685 disematkan pada Reno 12 F. Kedua perangkat diklaim memberikan pengalaman gaming yang mulus dan lancar dengan efisiensi daya yang optimal. 

“Untuk Reno F series baik itu 5G dan 4G, kami memberikan kapasitas baterai sebesar 5000 mAh,” ujarnya dalam peluncuran Reno F 12 series di Jakarta, Jumat (9/8/2024). 

Baca juga: Oppo Reno 12 Series Bawa Ragam Fitur AI, Cek Spesifikasi Lengkap & Harganya

Keunggulan lainnya, kedua ponsel ini dibekali dengan memori yang besar. Varian 5G dilengkapi dengan RAM 12GB, sementara Reno 12 F reguler dilengkapi dengan RAM 8GB. Adapun kapasitas penyimpanannya mencapai 256 GB.  

Lantas bagaimana dengan spesifikasi Oppo Reno 12 F series? Berikut ulasan lengkapnya. 
 

1. Cosmos Ring & Halo Light

Oppo Reno 12 F series membawa desain unik berupa Cosmos Ring & Halo Light pada modul kamera belakang. Cosmos Ring merupakan desain yang terinspirasi dari tampilan berlapis besek jam tangan dan menghasilkan efek 3D dengan nuansa premium ramping, elegan, dan mewah. 

Sementara itu Halo Light merupakan dekorasi pencahayaan inovatif yang sinkron dengan beat musik. Efek pencahayaan juga dapat disesuaikan untuk berbagai situasi seperti notifikasi, panggilan, pesan, dan pengisian daya. 

Hadir dengan dua warna baru, Amber Orange dan Olive Green, ponsel ini menggunakan layar OLED 6,67 inci dengan kecepatan refresh 120Hz dan kecerahan puncak 2100 nits. Adapun screen rasionya mencapai 92,2 persen.
 

Oppo Reno 12 F. (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Oppo Reno 12 F. (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

2. Fitur kenyamanan & ketahanan

Kedua ponsel ini memiliki fitur splash touch. Artinya, pengguna tidak perlu khawatir apabila tangan dalam keadaan basah karena kehujanan, layar akan tetap responsif ketika dioperasikan. Ada pula fitur smart eye protection yang bisa meningkatkan kenyamanan visual dan keamanan mata, terutama selama penggunaan jangka panjang.

Selain itu, Oppo juga membawa struktur All-Round Armor seperti yang tersemat pada Reno 12 Series. Teknologi yang melindungi 360 derajat ini memastikan ketahanan dari jatuh atau benturan, berkat perlindungan luar dan dalam. 
 

 3. Fitur AI 

Meskipun ponsel kelas menengah, Oppo membawa fitur AI pada Reno 12 F series. Fitur tersebut mulai dari AI Eraser 2.0 untuk menghapus objek yang mengganggu hanya dengan satu ketukan. Kemudian, AI Clear Face untuk gambar tetap jernih ketika mengambil foto grup.

Ada juga AI studio yang bisa membuat avatar digital dan AI Smart Matting 2.0 untuk membuat sticker dari foto dan background. Keempat fitur ini tersedia pada varian 5G dari seri F, sedangkan untuk seri 4G hanya tersedia AI studio dan AI Smart Matting. AI Eraser versi 1.0 juga tersedia pada Oppo Reno 12 F 4G. 

Di luar itu, Oppo juga menyematkan fitur generatif AI untuk produktivitas dan efisiensi kerja. Salah satunya AI Summary yang akan merangkum inti dari bahan meeting ataupun artikel yang tampil pada layar. 
 

Oppo Reno 12 F. (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Oppo Reno 12 F. (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

4. Kualitas kamera 

Oppo Reno 12 F membawa kualitas kamera sekelas fotografer profesional dengan Ultra Clear Camera System. Arga menyampaikan ponsel ini memiliki kamera utama dengan resolusi 50MP dan kamera makro 2MP untuk menambah efek bokeh. 

Oppo juga menyematkan kamera ultra wide angle 120 derajat dengan resolusi 8MP. Untuk kamera selfie, menggunakan resolusi 32MP ditambah dengan AI portrait retouching untuk efek yang lebih natural dan alami. Selain itu dengan natural tone, pengguna bisa mengenali fitur visual seperti warna kulit dan pencahayaan sekitar. 


5. Konektivitas di berbagai kondisi

Reno 12 F series dibekali teknologi AI Limbus untuk konektivitas yang lebih cepat di berbagai kondisi, yang disebut bisa mengirim video jauh lebih cepat dan mengurangi buffering. Ada juga teknologi 360 Degree Surround Antena, ditambah algoritma AI, mampu meningkatkan konektivitas lebih jauh. 
 

Harga dan Ketersediaan 

Oppo Reno 12 F 5G series dengan kapasitas 12GB+256GB resmi dijual mulai hari ini seharga Rp5,29 juta, sedangkan varian 12GB+512GB dibanderol dengan harga Rp6,19 juta. Sementara untuk Oppo Reno 12 F 4G dibanderol Rp 4,29 juta. Kamu bisa mendapatkannya di toko resmi Oppo baik luring maupun daring.  

Baca juga: Tidak Jauh Beda dari Flip 5? Cek Harga & Fitur Terbaru Galaxy Z Flip 6

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Profil Lifter Rizki Juniansyah, Peraih Emas Kedua Indonesia di Olimpiade 2024

BERIKUTNYA

Setelah Berkeliling Dunia, CCOTBBAT Bakal Pentaskan Giant’s Table di SIPFest 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: