Ilustrasi rak buku. (Sumber gambar: Cottonbro/Pexels)

5 Inspirasi Desain Rak Buku Dinding yang Simpel & Estetis

09 August 2024   |   10:01 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Bagi pencinta ataupun kolektor buku, tentu menyenangkan memiliki koleksi buku yang terpajang rapi di rumah. Memiliki koleksi buku yang ditampilkan seperti deretan buku di perpustakaan tentu menjadi kesenangan tersendiri. Oleh karena itu, tempat penyimpanan buku pun diperlukan, salah satunya rak buku dinding.

Secara fungsional, rak buku dinding dibutuhkan untuk mengatur koleksi buku yang ada di rumah agar tidak membuat hunian tampak berantakan (clutter). Dengan menyusunnya secara rapi di rak, koleksi buku tentunya akan terjaga kondisinya dan memudahkan pemiliknya jika ingin membacanya.

Baca juga: Mengenal Gaya Interior Cottagecore, Ciptakan Nuansa Pedesaan pada Rumah

Sementara dari segi estetika, rak buku dinding bisa menjadi elemen dekoratif yang mempercantik ruangan. Rak buku dinding dengan desain simpel dan estetis akan menjadi focal point ruang di mana rak buku ditempatkan, baik itu di ruang tamu, ruang kerja, atau area lainnya di rumah, sehingga melihatnya saja akan membangkitkan mood dan menambah keinginan membaca.

Mendesain rak buku dinding tentunya disesuaikan dengan gaya interior dan fungsionalitas yang diinginkan. Jika kalian mencari inspirasi, berikut adalah beberapa ide desain rak buku dinding yang simpel dan estetis yang bisa menjadi referensi.


1. Rak buku dengan ambalan

Ambalan menjadi salah satu model rak buku dinding simpel dan paling praktis yang bisa diterapkan dalam rumah. Hanya dengan papan kayu berpenyangga yang diinstal pada dinding, kalian sudah mendapatkan area untuk menyimpan dan menampilkan buku dalam ruang yang diinginkan. Ukurannya pun dapat disesuaikan dengan besarnya ruang pada dinding yang tersedia, serta berapa banyak buku yang dimiliki.

Namun, jika menggunakan ambalan, penting untuk memperhatikan ketebalan papan kayu dan kekuatan penyangganya agar rak buku tetap kokoh menyangga berat buku-buku yang diletakkan di atasnya. Bila diperlukan, tambahkan pula bookend untuk menahan buku agar tidak jatuh.
 

f

Rak buku dengan ambalan. (Sumber gambar: Vladimir Mokry/Unsplash)


2. Rak buku modular

Wujud rak buku dinding simpel lainnya dapat berupa susunan modul bentuk. Desain satu ini biasanya berupa material kayu yang diolah menjadi bentuk-bentuk dasar seperti persegi, lingkaran dan segitiga dengan berbagai modifikasi dan ukuran sebagai rak penyimpanan. Sistem pemasangannya bisa dengan penyangga seperti ambalan maupun dipaku bor ke dinding.

Rak buku dinding simpel dengan rancangan modul bentuk ini juga dapat dimanfaatkan untuk memisahkan buku berdasarkan kategori, serta menyusun tampilannya menurut ukuran dan warna buku-buku agar tampil estetis pada ruangan.


3. Rak buku dinding geometris

Rak buku dinding geometris adalah pilihan sempurna bagi kalian yang ingin menambahkan sentuhan artistik pada ruangan. Dengan bentuk-bentuk geometris yang unik, rak buku ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan buku, tetapi juga sebagai elemen dekoratif yang menarik perhatian.

Desainnya yang minimalis membuatnya cocok untuk berbagai gaya interior modern. Dengan rak buku minimalis modern ini, kalian bisa menciptakan tampilan yang elegan dan terorganisir.


4. Rak buku floating

Rak buku floating atau melayang adalah pilihan tepat bagi kalian yang menginginkan tampilan penataan buku yang rapi dan modern. Rak ini dipasang langsung di dinding tanpa dukungan yang terlihat, menciptakan ilusi rak yang melayang di udara.

Desain rak buku minimalis modern ini sangat cocok untuk ruangan yang kecil karena tidak memakan ruang lantai dan memberikan kesan lapang. Rak buku floating ini juga memungkinkan kalian menata buku dan dekorasi lainnya dengan cara yang elegan sekaligus artistik.


5. Rak buku sudut

Manfaatkan setiap sudut ruangan dengan rak buku sudut yang dirancang khusus untuk memaksimalkan penggunaan ruang yang sering terabaikan. Rak buku minimalis modern ini tidak hanya efisien dalam penggunaan ruang, tetapi juga memberikan tampilan yang bersih dan rapi.

Dengan desain yang menyesuaikan sudut, rak ini menjadi solusi ideal untuk ruangan kecil ataupun apartemen. Kalian bisa menata koleksi buk dengan gaya yang minimalis dan tetap terorganisir.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Daftar Promo Tempat Wisata di Jabodetabek Spesial HUT RI 17 Agustus 2024

BERIKUTNYA

DJ Anyma Siap Menghentak Panggung Djakarta Warehouse Project 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: