Ilustrasi (Photo by Houzlook .com from Pexels)

Tips Menyembunyikan Kabel agar Ruangan Lebih Rapi

29 August 2021   |   13:00 WIB

Kita akan hidup di dunia yang sepenuhnya nirkabel, tetapi sebelum sampai ke sana, masih banyak orang yang mencari alternatif untuk menyembunyikan gulungan kabel dibalik televisi dan sistem audio mereka untuk ruang keluarga yang terlihat lebih rapi dan bersih.

Mengingat banyaknya kabel yang ada di rumah modern, mencari tahun cara menyembunyikan kabel untuk televisi dan gawai lainnya bisa menyulitkan. Apalagi jika Genhype tinggal di rumah atau apartemen sewa yang melarang penghuni membuat perubahan drastis pada sistem kelistrikannya.

Di balik setiap televisi tersembunyi rahasia semua orang mulai dari kabel kusut hingga gumpalan debu, tapi kondisinya bisa diperbaiki.

Merapikan kabel di belakang televisi dan sistem audio tidak hanya membuat ruang keluarga menjadi lebih menarik untuk dilihat, tetapi juga jadi lebih mudah untuk digunakan dan dirawat.

Genhype tidak perlu jadi teknisi IT atau anggaran besar untuk membuat kabel-kabel gawai kalian terlihat lebih rapi. Yang kalian butuhkan hanya sedikit waktu dan beberapa alat yang terjangkau.

Berikut adalah daftar solusi, dari yang paling sederhana dan paling mudah diakses hingga yang paling canggih:
 

Kabel TV yang berantakan bisa disembunyikan dengan cable raceway (Photo by Max Vakhtbovych from Pexels)

Kabel TV yang berantakan bisa disembunyikan dengan cable raceway (Photo by Max Vakhtbovych from Pexels)


1. Panel TV yang dipasang di dinding
Salah satu solusi paling sederhana dan efisien untuk menyembunyikan kabel adalah menggunakan panel TV yang dipasang di dinding. Set-up ini dapat dirancang khusus untuk rumah atau dapat dibeli di toko karena ada banyak pilihan berbeda untuk dipilih.

Namun, Genhype harus ingat bahwa unit-unit ini perlu dipasang di dinding yang dapat menopang beban berat (biasanya kayu lapis atau eternit) serta semua peralatannya, jadi kalian harus memperhatikan saat memasang panel TV di dinding drywall (plasterboard).

Kalian juga harus ingat untuk meletakkannya di atas stopkontak dan meninggalkan jarak kira-kira 5 cm hingga 7 cm antara dinding dan panel sehingga semua kabel dapat masuk ke belakangnya.

2. Pasang soket daya atau port HDMI di belakang TV
Jika Genhype memutuskan untuk memasang TV di dinding, kabel gantung akan terlihat jelas. 

Kalau kalian cukup beruntung untuk memiliki rumah sendiri dan memiliki dinding plasterboard, kalian dapat menyewa jasa tukang listrik untuk memasang soket listrik atau port HDMI di dinding.

Tapi ini pilihan yang mahal, dan mungkin tidak bisa dilakukan oleh Genhype yang menyewa rumah atau tinggal di rumah dengan dinding bata atau beton. Solusi eksterior, yaitu cable raceway, merupakan pilihan yang lebih ekonomis.

3. Sembunyikan kabel TV di balik cable runway
Cable runway pada dasarnya adalah tabung PVC datar yang menempel pada dinding dan dapat dipotong memanjang dan dicat agar sesuai dengan interior.

Bagian depan tabung pvc ini dapat dengan mudah dilepas dan dipasang, sehingga mudah untuk menambah atau memindahkan kabel jika perlu. Kit cable runway tersedia dalam berbagai warna.

Bagi Genhype yang mencari cara lain, solusi termurah adalah mengecat kabel atau cable runway dengan warna yang sama dengan dinding atau menggunakan baseboard cord channels yang memungkinkan kabel tetap lurus.
 

TV stand membuat tampilan ruang keluarga menjadi lebih tertata (Photo by Jean van der Meulen from Pexels)

TV stand membuat tampilan ruang keluarga menjadi lebih tertata (Photo by Jean van der Meulen from Pexels)


4. Rak TV & kotak organizer
Menggunakan rak TV mungkin merupakan salah satu solusi paling populer yang memungkinkan kita menyembunyikan semua jenis kabel dari perangkat televisi, video game, router, receiver, dan lain lain.

Jika perlu, Genhype juga dapat menambahkan kotak organizer kabel, yang merupakan solusi praktis dan murah, karena tidak perlu mengebor lubang di dinding.

Dengan cara ini, kalian dapat menghindari kabel kusut sambil menambahkan kepribadian dan gaya kalian ke ruangan dengan menggabungkan warna dan tekstur.

5. TV Mount
Dudukan TV dapat diatur sedemikian rupa dan dapat dipasang di dinding atau langit-langit. Dengan cara ini, kabel biasanya ditempatkan di belakang TV, sehingga tidak mengganggu ruang secara visual. 

6. Perabotan khusus
Bagi mereka yang menginginkan lebih banyak fleksibilitas atau menggunakan TV untuk menciptakan dampak pada ruangan, furnitur custom-made mungkin bisa menjadi solusi yang baik. 

Selain menyembunyikan kabel, dimungkinkan untuk menyembunyikan TV sepenuhnya atau mengubah arahnya, memungkinkan perangkat yang sama digunakan di lebih dari satu ruangan.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

10 Tips Menjaga Kesehatan & Kecantikan Kulitmu

BERIKUTNYA

Keseimbangan Hidup Dimulai dari Kesehatan Fisik & Mental

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: