Menegangkan, berikut pilihan rekomendasi film bertema peretasan (Sumber foto: Pexels/Tima Miroshnichenko)

7 Rekomendasi Film Bertema Hacker Yang Seru dan Menegangkan

08 August 2024   |   12:58 WIB
Image
Wildan Adil Hilba Mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta

Perkembangan teknologi digital dan perangkat elektronik telah melahirkan genre film baru yang menarik. Salah satu genre yang patut mendapat perhatian adalah film dengan tema hacker

Hacker, atau peretas, sering kali membuat banyak organisasi kewalahan karena kemampuan teknologi mereka. Mereka bisa menggunakan keahlian tersebut untuk tujuan baik atau buruk. Dalam dunia film, aksi para hacker ini sering digambarkan dengan cara yang seru dan mendebarkan.

Contohnya, film The Take Over menyajikan cerita tentang Mel, seorang hacker yang berusaha menghentikan kebocoran data di perusahaan bus Swakemudi. Namun, usahanya malah menarik perhatian jaringan kriminal besar. Mereka menjebak Mel dengan video palsu yang menampilkan adegan pembunuhan, memanipulasi wajah pelaku menggunakan teknologi deepfake sehingga Mel dianggap sebagai buronan interpol.

Baca juga:  5 Rekomendasi Film Dokumenter di Netflix, Diangkat dari Kisah Nyata

Dengan berbagai aksi hacker yang ditampilkan dalam film, ada banyak film menarik yang mengangkat tema ini.Mengutip dari berbagai sumber, berikut rekomendasi film dengan tema hacker yang bisa genhype nikmati.
 

1. Untraceable (2008)

Jennifer Marsh (diperankan oleh Diane Lane) adalah seorang agen FBI yang bertugas di divisi kejahatan dunia maya. Suatu hari, informasi rahasia yang tidak diketahui identitasnya mengarah ke sebuah situs web bernama KillWithMe.com. Situs tersebut menampilkan rekaman menakutkan dari pembunuhan yang sedang berlangsung.

Meskipun tampaknya para korban dipilih secara acak, pemilik situs, Owen Reilly (Joseph Cross), ternyata memiliki rencana balas dendam yang terencana. Semakin Jennifer Marsh mendekati kebenaran, semakin besar risiko yang akan dihadapinya.
 

2. Blackhat (2015)

Dirilis pada 2015 lalu Blackhat mengisahkan tentang Nick Hathaway (diperankan oleh Chris Hemsworth), seorang peretas jenius yang menjalani hukuman penjara panjang setelah salah satu kode komputer yang ditulisnya terlibat dalam serangan teroris di sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir di Cina. Saat hukumannya dipersingkat,

Nick setuju untuk membantu pemerintah melacak para pelaku. Selama pengejaran yang melintasi berbagai negara, terungkap bahwa serangan pada pembangkit listrik tersebut hanya merupakan percobaan, dan ancaman serangan siber yang jauh lebih besar sudah menanti. Sebagai tambahan, istilah Black Hat merujuk pada peretas yang membobol sistem komputer dengan niat jahat
 

3 Snowden (2016)

Snowden mengisahkan kehidupan Edward Snowden (diperankan oleh Joseph Gordon-Levitt), seorang mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional (NSA). Melalui pekerjaannya yang bersifat rahasia, Snowden menemukan bahwa Pemerintah AS memantau semua bentuk komunikasi digital, tidak hanya dari pemerintah asing dan teroris, tetapi juga dari warga sipil biasa.

Merasa kecewa dengan kebohongan dan penyalahgunaan kekuasaan yang mencolok, Snowden memutuskan untuk membocorkan informasi tersebut kepada media, yang mengakibatkan tuduhan spionase terhadapnya. Beberapa orang menganggap Snowden sebagai pengkhianat, sementara yang lain melihatnya sebagai pahlawan yang membela hak-hak rakyat.
 

4. Enemy of the State (1998)

Robert Clayton Dean (yang diperankan oleh Will Smith) adalah seorang pengacara sukses dan pria berkeluarga yang tanpa sengaja memiliki rekaman video yang memuat pembunuhan politik. Untuk mendapatkan kembali rekaman tersebut,

NSA mencoba melacak dan merusak kehidupan Dean. Tanpa memahami alasan di balik penganiayaan yang dialaminya, Dean terjebak dalam dunia pengawasan, politisi korup, dan kejahatan terorganisir.
 

5. 'Sneakers' (1992)

Martin Bishop (Robert Redford) memimpin sekelompok ahli teknologi dalam pengujian sistem keamanan. Karena masa lalunya yang kelam serta aksi Bishop yang mencurigakan, beberapa agen NSA menawarkan untuk membersihkan nama Bishop dan membayar Bishop jika dia dan timnya bisa mencuri kotak hitam rahasia.

Kotak ini bisa memecahkan kode sistem enkripsi apa pun dan bisa mempengaruhi politik besar. Tanpa mereka sadari, mereka terjebak dalam petualangan berbahaya. Sneakers adalah film perampokan menarik yang dibintangi Robert Redford.
 

6. The Matrix (1999)

Neo (diperankan oleh Keanu Reeves), seorang peretas komputer, telah lama mencari jawaban tentang apa itu The Matrix. Pencariannya membawanya kepada Morpheus (diperankan oleh Laurence Fishburne), yang akan mengungkapkan kebenaran. Ternyata, dunia yang Neo kenal hanyalah simulasi komputer yang dibuat oleh mesin untuk memperbudak dan mengendalikan manusia. Tanpa disadari, Neo ternyata memiliki takdir untuk menyelamatkan sisa umat manusia.
 

7. Live Free or Die Hard (2007)

Saat divisi Kejahatan Dunia Maya FBI diretas, detektif John McClane (diperankan oleh Bruce Willis) ditugaskan untuk mencari seorang peretas bernama Matt Farrell (Justin Long). Matt menjadi target dan malah menjebak McClane dalam baku tembak.

Ketika sistem utama di Washington mulai mengalami gangguan, kota itu menjadi kacau dan tidak terkendali. McClane harus bekerja sama dengan tim ahli teknologi untuk menemukan dan menghentikan teroris tersebut.

Nah itu dia rekomendasi film dengan tema hacker yang bisa genhype nikmati. Selamat menonton!

Baca juga; Rumah Dinas Bapak, Film Kisah Nyata Dodit Mulyanto Tayang Hari Ini, Intip Bocorannya

Editor: Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

Profil Seniman Dabi Arnasa, Sang Pelukis Mimpi dari Bali

BERIKUTNYA

Persija Sambut Musim Baru dengan Stadion Kandang, Jersey, dan Kapten Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: