Breaking berkembang besar tidak hanya di Amerika Serikat namun juga di seluruh dunia pada 1980-an. (Photo by Jerm Gonzalo from Pexels)

Breakdance Diumumkan Jadi Cabang Olahraga Olimpiade di Paris 2024

28 July 2021   |   19:22 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Sementara penyelenggara Olimpiade 2020 di Tokyo memilih bisbol dan softball, Paris mendorong cabang olahraga baru untuk dilombakan yakni breakdance. Tahun lalu, Komite Olimpiade Internasional (IOC) secara resmi mengumumkan akan menambahkan breakdance dengan nama Breaking.

Genhype mungkin tahu kalau Breaking adalah gaya tarian hip-hop mencakup gerak kaki dan gerakan atletik seperti putaran belakang dan head spin. Para penari yang sering disebut b-boys atau b-girls ini rencananya akan berlaga pada Olimpiade 2024 yang akan diselenggarakan di Paris,  Prancis.

Dikutip dari Bloomberg, akar breakdance dapat ditemukan di wilayah Bronx di kota New York, di mana tarian jalanan muncul sebagai bentuk ekspresi pada tahun 1970-an sebagai sarana pelarian di tengah kekacauan bagi komunitas minoritas yang merasa dianiaya oleh sistem dan masyarakat.

Dimasukkannya Breaking adalah bagian dari upaya IOC selama satu dekade terakhir untuk memodernisasi ajang internasional itu dan untuk menarik lebih banyak penonton muda. IOC telah mengamati bahwa usia rata-rata penonton Olimpiade semakin meningkat, dan memutuskan untuk membuka pintu bagi cabang olahrga baru seperti selancar, skateboard, bola basket three-on-three, panjat tebing, dan breakdance.

Breaking adalah salah satu olahraga paling tidak biasa yang pernah ditambahkan ke program Olimpiade, mengingat itu selalu dianggap sebagai ekspresi artistik yang edgy atau tidak biasa.

Breaking berkembang besar tidak hanya di Amerika Serikat. Namun, juga di seluruh dunia pada 1980-an. Saking populernya, grup terkemuka seperti Rock Steady Crew pernah tampil dihadapan sejumlah presiden dan bahkan Ratu Elizabeth II.

Demam breakdance juga seringkali diangkat menjadi ide film-film Hollywood dan digambarkan menjadi bagian dari budaya orang kulit hitam yang dinamis.

Meskipun, Breaking saat ini tidak sepopuler budaya pop lainnya, ketertarikan terhadap breakdance masih tumbuh dengan kuat di beberapa komunitas dan tetap menjadi pilar dasar budaya hip-hop bersama dengan DJ dan rap.

Selain Breaking, IOC juga berupaya untuk menarik generasi muda dengan menambahkan cabang olahraga baru yang lebih dulu diikutsertakan pada Olimpiade 2020 di Tokyo antara lain selancar, panjat tebing, skateboard, dan bola basket three-on-three.



Editor: Roni Yunianto



 

SEBELUMNYA

Ingin Jadi Desainer Produk? Cek 5 Tahapan Penting untuk Pemula Ini

BERIKUTNYA

Waspadai Warna di Kulit, Bisa Jadi Tanda Penyakit Jantung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: