Ilustrasi makeup transferproof (Sumber foto: Freepik)

Mengenal Istilah Transferproof dalam Dunia Makeup Profesional

03 August 2024   |   20:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Dalam dunia makeup profesional, ada banyak istilah yang digunakan oleh para pakar kecantikan dan makeup enthusiast. Salah satu istilah yang mungkin sering kamu dengar adalah transferproof. Nah Genhype, apa sebenarnya arti dari istilah ini dan mengapa begitu penting dalam rutinitas makeup sehari-hari?

Transferproof adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan produk makeup yang tidak mudah berpindah atau transfer dari kulit ke kulit atau dari kulit ke permukaan benda lainnya.

Sebagai contoh, lipstik yang transferproof tidak akan meninggalkan bekas pada tangan, gelas, atau pakaian saat tak sengaja bersentuhan. Produk makeup ini dirancang untuk tetap tahan lama di kulit meskipun terkena gesekan atau kontak dengan benda lain. 

Baca juga: Jangan Salah, Begini Cara Menggunakan Spons Makeup dengan Benar

Ada beberapa alasan kenapa kamu perlu memilih produk makeup yang transferproof. Dilihat dari daya tahannya, kamu tidak perlu sering-sering melakukan touch up sehingga bisa lebih praktis dan hemat. Selain itu, dengan menggunakan produk tersebut, kamu bisa menghindari noda makeup di baju, masker, atau benda lainnya yang mudah menempel.

Berbagai jenis produk makeup sekarang tersedia dalam formula transferproof. Beberapa di antaranya seperti lipstik, foundation, eyeliner, dan maskara.

Adapun lipstik transferproof biasanya mengeklaim tahan sepanjang hari. Produk ini dirancang untuk tidak meninggalkan bekas pada gelas, masker, atau benda lain. Lipstik jenis ini biasanya memiliki formula yang lebih kering, sehingga lebih tahan lama di bibir.

Sementara foundation transferproof membantu memastikan riasan wajahmu tetap sempurna sepanjang hari, bahkan dalam kondisi cuaca panas atau lembab.

Ada juga Bedak transferproof yang membantu mengunci foundation dan membuat kulit terlihat matte sepanjang hari. Jenis bedak ini biasanya memiliki formula yang mengandung bahan penyerap minyak untuk mengurangi kilap. Contohnya setting powder, yakni bedak yang digunakan untuk mengunci foundation dan concealer.

Selain itu, eyeliner dan maskara transferproof bakal anti luntur, sehingga tahan sepanjang hari. Produk mata ini dirancang untuk tetap berada di tempatnya tanpa mudah luntur atau smudging. Ini sangat penting untuk mendapatkan garis mata yang tajam dan rapi sepanjang hari.

Bagi kamu yang ingin membeli makeup, pastikan untuk membaca labelnya dulu, apakah mencantumkan klaim transferproof pada kemasannya. Apabila memungkinkan, uji produk sebelum membeli. Banyak toko kosmetik yang menyediakan tester sehingga kamu bisa melihat sendiri bagaimana produk tersebut bekerja.

Terakhir, selalu baca ulasan dari pengguna lainnya yang memberikan informasi tentang ketahanan dan performa produk saat digunakan dalam berbagai situasi.

Baca juga: Genhype Wajib Tahu, Ini Kesalahan dalam Makeup yang Harus Dihindari

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Shawn Mendes Siap Rilis Album Baru Berjudul Shawn 18 Oktober 2024

BERIKUTNYA

Fakta-fakta Menarik Film Rumah Dinas Bapak, Karya Terbaru Bobby Prasetyo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: