Ilustrasi makeup (Sumber foto: freepik)

Genhype Wajib Tahu, Ini Kesalahan dalam Makeup yang Harus Dihindari

23 April 2024   |   08:07 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Bagi perempuan, makeup atau riasan wajah adalah salah satu hal yang paling menyenangkan. Digunakan sebagai ritual kecantikan, riasan wajah tak hanya sebagai alat untuk menutupi ketidaksempurnaan kulit, tapi juga menjadi sarana ekspresi diri. 

Akan tetapi, tak dapat dipungkiri juga jika terkadang kita semua bisa melakukan kesalahan dalam menggunakan riasan wajah sehingga dapat mengubah penampilan kita. Sebagai orang yang peduli dengan penampilan, penting untuk memahami bahwa riasan wajah bukanlah hanya tentang mempercantik diri, tetapi juga tentang penggunaannya dengan benar. 

Baca juga: Tip & Trik Clean Makeup Look, Hasil Riasan Makin Natural

Untuk menghindari hasil yang tak diinginkan, kalian juga perlu memahami hal-hal yang sebaiknya dihindari saat melakukan makeup. Pengetahuan akan teknik yang tepat dan pemilihan produk yang sesuai dengan jenis kulit sangatlah penting agar hasil makeup terlihat alami dan sesuai dengan keinginan. Nah, berikut adalah kesalahan dalam makeup yang harus kalian hindari. 
 

1. Tidak melakukan skin prep

Hal pertama yang paling penting dalam mengaplikasikan riasan wajah adalah melakukan skin preparation atau perawatan wajah. Dilansir melalui Deyga, melakukan perawatan wajah sebelum menggunakan riasan dapat membantu membuat wajah menjadi halus saat akan mengenakan riasan. Menggunakan perawatan wajah sangat penting terutama jika kalian memiliki kulit kering atau bersisik karena dapat membuat riasan menjadi luntur.
 

2. Menggunakan foundation yang tak sesuai

Idealnya, alas bedak harus terlihat sealami mungkin di wajah. Jika kalian memilih warna yang tidak pas atau terlalu gelap dan terang, hal tersebut akan mengganggu riasan hingga terlihat tak sempurna. 
 

3. Menarik kelopak mata saat mengaplikasikan eyeliner

Saat kalian akan mengaplikasikan eyeliner, pastikan untuk tidak menarik mata kalian ke belakang karena tindakan tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan elastisitas di sekitar mata. Selain itu, jika mata kalian tidak rileks saat mengaplikasikan eyeliner, hal tersebut nantinya akan berisiko pada kerapihan garis dan membuatnya menjadi tidak merata. 
 

4. Menggunakan terlalu banyak produk sekaligus

Mungkin tak sedikit yang berpikir jika riasan akan semakin bagus jika menggunakan banyak produk kecantikan. Namun, hal tersebut tak selalu benar. Dari pada kalian mengaplikasikan beberapa pump foundation, lebih balik kalian mengenakan foudation secara tipis dan di blend menggunakan beauty blender yang basah. Selain itu, gunakan sedikit produk di area yang tidak memerlukan banyak produk. Aplikasikan beberapa lapisan produk di area untuk menyembunyikan noda atau bekas luka. 
 

5. Menggunakan maskara terlalu tebal

Menggunakan maskara terlalu tebal akan membuat tampilan bulu mata menjadi lebih menggumpal. Untuk menghindarinya, jangan gunakan lebih dari dua lapis maskara sekaligus. Selain itu, gunakan produk yang memiliki warna dua tingkat lebih gelap dari alis kalian.
 

6. Blend tidak merata

Memadukan beberapa produk kecantikan secara tak merata juga dapat membuat tampilan riasan menjadi berantakan. Hal tersebut juga dapat membuat riasan menjadi geser atau luntur. Untuk itu, kalian harus menggunakan kuas atau blender yang berkualitas dan sesuai dengan fungsinya agar perpaduan beberapa produk kecantikan bisa menyatu dengan baik. 
 

7. Mengoleskan lipstik pada bibir kering

Seperti halnya dengan alas bedak dan produk kecantikan lainnya, mengaplikasikan lipstik juga memerlukan bibir yang lembap. Meskipun menggunakan sedikit alas bedak pada bibir sangat populer belakangan ini, justru hal tersebut dapat membuat bibir terlihat tampak kering. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Daftar 5 Tim MPL dengan Networth Tertinggi

BERIKUTNYA

Tingkatkan Okupansi, Begini Strategi Accor Sambut BNI Java Jazz Festival 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: