Spons makeup atau beauty blender (Sumber foto: Pexels/Maria Camila Castaño)

Jangan Salah, Begini Cara Menggunakan Spons Makeup dengan Benar

31 May 2024   |   17:00 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Bukan sebuah rahasia umum lagi kalau spons makeup atau yang sering kita sebut sebagai makeup blender merupakan sebuah game changer dalam dunia kecantikan. Alat ajaib satu ini berguna untuk meratakan alas bedak berbentuk liquid seperti foundation, BB cream, dan concealer dengan hasil yang sangat natural.

Meskipun terlihat sangat sederhana, spons makeup adalah salah satu alat kecantikan yang paling berharga karena dapat mempengaruhi hasil makeup kita. Spons makeup yang berkualitas juga dapat memberikan hasil akhir yang diinginkan banyak orang, seperti tampilan yang mulus dan flawless.

Baca juga: Cara Memakai Foundation Anti Gagal ala Makeup Artist Marlene Hariman
 

Ilustrasi perempuan menggunakan spons makeup (Sumber foto: freepik/drobotdean)

Ilustrasi perempuan menggunakan spons makeup (Sumber foto: freepik/drobotdean)


Namun, Genhype juga perlu perhatikan dalam memilih spons makeup yang tepat untuk wajah dan cara menggunakannya dengan benar. Penting juga untuk rutin membersihkan spons makeup agar tetap higienis dan bebas dari bakteri.

Jika tidak digunakan dengan benar atau tidak dibersihkan secara rutin, residu bisa menumpuk dan membuat hasil makeup menjadi tidak bagus, bahkan bisa menyebabkan masalah kulit seperti jerawat. Melansir dari BYRDIE, berikut adalah cara menggunakan spons makeup dengan benar. 


1. Persiapkan kulit

Sebelum mengaplikasikan spons makeup ke alas bedak, pastikan kalian sudah mempersiapkan kulit wajah terlebih dahulu dengan menerapkan rangkaian skinprep seperti serum, pelembab, tabir surya, dan yang terpenting adalah primer. Menyiapkan kulit sebelum menggunakan makeup dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan tidak berpori.


2. Basahi spons makeup

Setelah kulit wajah sudah dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah membasahi spons makeup. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, spons makeup harus digunakan dalam keadaan basah. Bukan tanpa sebab, melainkan hal ini dilakukan karena spons akan melebar ketika lembab dan sebagian air dalam spons akan menyatu dengan alas bedak sehingga dapat memberikan hasil akhir yang terlihat lebih glowing.


3. Peras air dari spons makeup

Spons makeup yang lembab memang sangat penting untuk kualitas hasil akhir dari alas bedak. Namun, kalian tidak perlu menggunakannya dalam keadaan yang masih basah hingga meneteskan air. Kalian hanya perlu memeras sebagian air dalam spons makeup hingga teksturnya tidak terlalu kering atau pun terlalu basah.


4. Pantulkan spons makeup

Setelah spons kalian sudah lembap, oleskan alas bedak secara merata ke seluruh wajah. Akan tetapi, kalian juga perlu perhatikan cara menggunakan spons makeup yang benar sebelum digunakan. HIndari menyeret spons makeup ke alas bedak karena dapat membuat alas bedak menjadi luntur. Pastikan spons makeup kalian dipantulkan ke seluruh wajah supaya dapat menyatukan alas bedak dan menghaluskan makeup yang di pakai. Kalian juga dapat menaruh alas bedak di punggung tangan terlebih dahulu. 


5. Ratakan alas bedak dengan ujung spons makeup

Desain ujung spons makeup yang unik dan terlihat seperti telur bukan dibuat tanpa sengaja. Bagian pada spons makeup yang berbentuk runcing itu dapat berguna untuk meratakan alas bedak yang menumpuk di area sekitar hidung, mulut, dan tulang pipi. Selain itu, bagian ujung pada spons tersebut juga berguna untuk meratakan bronzer pada makeup


Tips merawat spons makeup

Membasahi spons makeup secara terus-menerus dapat menyebabkan jamur dan kotoran mengendap di spons. Dilansir melalui IPSY, kunci untuk merawat spons makeup adalah dengan membersihkannya secara rutin. 

Menjaga kebersihan spons tidak hanya akan membuatnya bertahan lebih lama, tetapi juga membantu menjaga kulit Genhype agar tetap bersih. Untuk menghindari penumpukan kotoran dan jamur, sebaiknya cuci spons kalian setiap kali selesai digunakan. 

Caranya cukup basahi spons dengan larutan pembersih yang mengandung bahan-bahan aman di kulit. Kemudian gosok spons makeup di atas permukaan yang kasar. Setelah itu semprotkan disinfektan dan keringkan menggunakan handuk yang lembut. Situs laman beautyblender.com juga menyarankan untuk mengganti spons makeup setiap 3 hingga 6 bulan sekali.

SEBELUMNYA

Teror Mengerikan Dalam Trailer Film Sengkolo Malam Satu Suro, Tayang 20 Juni 2024

BERIKUTNYA

Tayang di Netflix, Game Minecraft Diadaptasi ke Format Serial Animasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: