Minuman fermentasi kombucha (Sumber foto: Freepik)

3 Makanan dan Minuman Fermentasi dengan Segudang Manfaat Kesehatan

02 August 2024   |   14:30 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Makanan fermentasi telah dikenal sebagai bagian penting dari diet sehat di berbagai budaya di seluruh dunia. Proses pada makanan atau minuman fermentasi, yang melibatkan mikroorganisme seperti bakteri, ragi, dan jamur, tidak hanya membuat makanan lebih awet tetapi juga meningkatkan kandungan nutrisi dan manfaat kesehatan 

Dalam proses ini, mikroba tersebut melakukan aktivitas biologis yang menyebabkan perubahan kimiawi dalam bahan pangan. Proses fermentasi melibatkan enzim-enzim yang diproduksi oleh mikroorganisme selama fermentasi, atau yang sudah ada secara alami dalam bahan pangan tersebut.

Baca juga: 5 Inspirasi Olahan Fermentasi, Cocok Buat Kesehatan Pencernaan

Enzim-enzim ini memecah komponen-komponen bahan pangan, seperti karbohidrat, protein, dan lemak, menghasilkan produk akhir dengan karakteristik baru, seperti rasa, aroma, dan tekstur yang berbeda dari bahan awalnya. Dengan demikian, fermentasi bukan hanya memodifikasi bahan pangan, tetapi juga meningkatkan nilai gizi, memperpanjang masa simpan, dan memberikan berbagai manfaat kesehatan.

Berikut adalah makanan dan minuman berfermentasi yang cocok untuk kesehatan tubuh:


1. Tempe Kacang Tanah

 

Tempe yang telah difermentasi dari kacang (Sumber foto: Pexels/cottonbro studio)

Ilustrasi tempe (Sumber foto: Pexels/cottonbro studio)

Fermentasi tempe kacang tanah adalah proses pembuatan tempe dengan menggunakan kacang tanah sebagai bahan utama, di mana kacang tanah difermentasi oleh mikroorganisme seperti ragi dan bakteri.

Proses ini membuat kacang tanah mengalami perubahan kimia dan biologis yang menghasilkan produk akhir yang kaya akan protein, serat, dan nutrisi lainnya.

Hasil fermentasi menciptakan tempe yang memiliki tekstur dan rasa yang berbeda dibandingkan dengan tempe dari kedelai, serta memberikan manfaat kesehatan yang sama, termasuk meningkatkan pencernaan dan menyediakan vitamin serta mineral penting bagi tubuh.

Menurut Jurnal Pembuatan Fermentasi Tempe Kacang Tanah (Arachis hypogaea L) (2024), penelitian ini menunjukkan bahwa fermentasi tempe kacang tanah dapat meningkatkan kandungan protein, mengurangi faktor antinutrisi seperti inhibitor tripsin, dan meningkatkan ketersediaan nutrisi.


2. Kimchi

 

Kimchi (Sumber foto: Pexels/Antoni Shkraba)

Fermentasi dari makanan Kimchi (Sumber foto: Pexels/Antoni Shkraba)


Kimchi merupakan makanan tradisional Korea yang terbuat dari sayuran seperti sawi dan dicampur dengan bumbu, dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Proses fermentasi kimchi melibatkan bakteri baik yang membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan memperbaiki keseimbangan mikroba di usus, sehingga dapat mengurangi masalah pencernaan seperti kembung dan sembelit.

Bukan itu saja, kimchi juga kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin C dan beta-karoten yang dimana mendukung sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kulit. 

Menurut Jurnal Pemanfaatan Bakteri Baik dalam Pembuatan Makanan Fermentasi yang Bermanfaat untuk Kesehatan (2017), proses fermentasi pada kimchi dengan Lactobacillus kimchi menghasilkan asam laktat dengan kadar yang lebih tinggi dari yoghurt serta yoghurt dan kimchi merupakan makanan fermentasi yang menyehatkan tubuh.


3. Kombucha


Kombucha minuman yang telah difermentasi (Sumber foto: Pexels/Geraud pfeiffer)

Kombucha. (Sumber foto: Pexels/Geraud pfeiffer)

Kombucha merupakan teh yang difermentasi dengan menggunakan ragi dan bakteri, menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan. Selama proses fermentasi, kombucha mengembangkan probiotik, yaitu bakteri baik yang dapat membantu memperbaiki keseimbangan mikroba di usus, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan mengurangi masalah seperti gangguan pencernaan dan kembung.

Kombucha juga mengandung berbagai vitamin dan asam organik yang dapat membantu mendetoksifikasi tubuh dan meningkatkan kesehatan hati.

Menurut Jurnal Fermentasi Kombucha Dan Potensinya Sebagai Minuman Kesehatan (2013), kombucha paling baik digunakan untuk menghilangkan sembelit, memulihkan kebugaran tubuh, mengatasi aterosklerosis, membantu fungsi pencernaan, dan bermanfaat untuk mengatasi stres mental.

Konsumsi kombucha juga dapat memulihkan tekanan darah, radang sendi, meningkatkan kekebalan tubuh, menetralkan racun, dan menghancurkan sel kanker. Sebuah laporan ilmiah mengatakan bahwa kombucha sebenarnya memiliki efek antibakteri terhadap bakteri patogen.

Baca juga: Suka Kimchi? Ini 5 Manfaat Acar Korea Itu Buat Kesehatan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Brand Fesyen dan Aksesori Luncurkan Koleksi Spesial Olimpiade 2024

BERIKUTNYA

Banyak Orang Kaya di Indonesia, Mobil Miliaran dari BMW Laku Keras di GIIAS 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: