Pemenang pertandingan Tenis Meja di Olimpiade Paris 2024. (Sumber foto: Korean Sport & Olympic Committee)

Ternyata Ini Isi Kotak Misterius yang Diterima Peraih Medali Olimpiade Paris 2024

31 July 2024   |   20:27 WIB
Image
Nirmala Aninda Manajer Konten Hypeabis.id

Olimpiade Paris tengah berlangsung sejak 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. Puluhan medali pun telah dikalungkan kepada para atlet terbaik. Jika Genhype menonton Olimpiade di rumah, kalian mungkin memerhatikan para atlet juara diberi medali serta sebuah kotak saat di podium.

Di dalam kotak tersebut terdapat poster yang merupakan ilustrasi Kota Paris yang diubah menjadi satu teater Olimpiade besar. Poster tersebut menampilkan Menara Eiffel yang megah, sungai utama Paris, Sungai Seine, dan berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan di dalam dan di sekitar kota.

Baca juga: Keunikan Olimpiade Paris 2024: Medali Terbuat dari Potongan Menara Eiffel

Pada ilustrasi tersebut tertulis kata-kata, 'XXXIII Olympiade' yang merujuk pada Paris 2024 sebagai edisi ke-33 Olimpiade. Selain poster, para atlet juga diberikan boneka Phryges, maskot Olimpiade tahun ini.

Poster tersebut dirancang oleh ilustrator Ugo Gattoni yang memadukan gayanya yang unik dengan rekomendasi Paris 2024 dalam pembuatan karya seninya. Dalam semangat kesetaraan yang telah menjadi ciri khas Olimpiade, Paris memilih untuk tidak membedakan antara Olimpiade dan Paralimpiade dalam desain poster. Seperti halnya obor dan maskot, poster-poster tersebut saling terkait dan menyatu.

Gattoni, seorang ilustrator Paris dengan gaya yang meriah, bekerja di studionya dari 19 September 2023 hingga 19 Januari 2024, menghabiskan total 2.000 jam untuk menciptakan dua poster yang menjadi simbol abadi Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024.

Presiden Paris 2024 Tony Estanguet mengungkapkan bahwa poster-poster tersebut dibuat dengan tujuan untuk tampil beda dan menjadikannya lebih dari sekadar logo. 

"Gattoni dikenal karena dunianya yang penuh warna dan menyenangkan," tambah Estanguet. "Kami membutuhkan dunia itu. Penting agar poster-poster ini dapat hidup sendiri, terpisah – satu poster Olimpiade dan satu poster Paralimpiade – tetapi juga agar mereka dapat hidup bersama."
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Paris2024 (@paris2024)


Tema dari keseluruhan ilustrasi yang terlihat ceria, meriah, penuh warna, dan mewah, dirancang agar konsisten dengan semangat dan gaya Olimpiade Paris 2024, yang dibentuk sebagai perayaan yang sangat populer, menyenangkan, dan sangat menggembirakan.

Ilustrasi ini berisi simbol-simbol Olimpiade dan Paralimpiade, elemen-elemen khas Olimpiade Paris 2024 termasuk maskot, kedatangan Api Olimpiade di Marseille di atas Belem, Lari Massal, perahu-perahu di Sungai Seine, kesetaraan Olimpiade, tempat-tempat kompetisi yang ikonik, dll.

Ada juga simbol-simbol besar Paris dan Prancis seperti Menara Eiffel, Sungai Seine, dan Arc de Triomphe. Serta olahraga yang dipertandingkan, secara khusus, empat olahraga baru yang ditambahkan ke dalam program Olimpiade 2024 yakni breakdance, sport climbing, skateboarding, dan surfing.

"Ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk memamerkan karya saya ke seluruh dunia, ini luar biasa. Bagi saya, sangat penting bahwa sebuah karya seni memiliki kehidupan pada masanya sendiri, jadi sungguh luar biasa bahwa gambar ini dapat dipamerkan di museum bersama dengan lukisan-lukisan yang berusia ratusan tahun," kata Gattoni.

Seluruh poster diproduksi secara manual, tanpa bantuan AI. Dari goresan pensil pertama hingga percikan warna terakhir, semuanya dikerjakan dengan tangan. Inilah sebabnya mengapa setiap karakter dalam kerumunan itu unik.

Gattoni juga mengungkapkan bahwa ia terus merevisi sketsa untuk mendapatkan hasil akhir yang memuaskan.

Proyek ini pada dasarnya menantang sejak awal. Menurut Direktur Desain Olimpiade Paris 2024 Joachim Roncin, poster-poster tersebut tidak hanya harus mewakili Olimpiade dan Paralimpiade, penyelenggara Paris 2024 juga ingin membuat perbedaan melalui proyek ini dengan menyertakan semua cerita kecil yang telah berkembang selama sejarah Olimpiade.

“Saya ingin menceritakan kisah Olimpiade Paris 2024, sehingga akan ada gambaran umum dari keseluruhan proyek, untuk membawa olahraga keluar dari arena olahraga," katanya.

Untuk melakukan itu, titik fokus pertama adalah seorang atlet loncat indah di latar depan, yang sedang menyaksikan pertunjukan yang berlangsung di depan matanya di arena olahraga yang terdiri dari monumen-monumen terbesar di Paris: dari Pont Alexandre III hingga Menara Eiffel yang dihiasi dengan Stade de France, dan Arc de Triomphe yang dilalui Paris, ada banyak referensi yang berbeda.

“Saya ingin poster itu menceritakan banyak hal, penuh dengan simbol. Ada banyak detail kecil, itu adalah cerita di dalam cerita,” tambah Roncin.

Poster-poster tersebut tersedia untuk dibeli di Musée d'Orsay dan di situs web Olimpiade Paris 2024.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Cek Manfaat DNA Salmon dan Hyaluronic Acid yang Kini Jadi Tren Kecantikan

BERIKUTNYA

Mobil Listrik Hibrida & PHEV Mau Diberi Insentif? Ini Bocorannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: