Riccardo Calafiori pada hari pertama berlatih dengan klub barunya, Arsenal. (Sumber foto: X/Arsenal)

Pesepakbola Muda Riccardo Calafiori Resmi Join Arsenal, Nilai Transfer Tembus Rp870 Miliar

31 July 2024   |   13:59 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Pemain bertahan berusia 22 tahun, Riccardo Calafiori, yang saat ini merupakan bagian dari skuad Italia di Euro 2024, resmi bergabung dengan klub asal Inggris, Arsenal. Calafiori menunjukkan performa yang sangat mengesankan di lini pertahanan klub Bologna dari divisi liga 1 Italia Serie A sepanjang musim lalu.

Kepindahan Calafiori ke klub Premier League Arsenal memakan biaya transfer fantastis  yaitu, sebesar 42 juta Poundsterling atau setara dengan Rp878 miliar. Kontraknya berlaku sepanjang lima tahun sehingga dia akan terikat dengan The Gunners sampai dengan 2029.

Baca juga: 5 Pemain dengan Nilai Pasar Termahal di EURO 2024: Ada Mbappe dan Florian Wirtz

Calafiori merupakan rekrutan besar bernilai tinggi pertama bagi Arsenal pada musim panas ini. Meskipun Juventus juga tertarik untuk meminang Calafiori, akhirnya Manager Arsenal Mikel Arteta yang berhasil memenangkan tambahan cemerlang untuk skuadnya. Sebelumnya Arsenal telah merekrut David Raya secara permanen dari Brentford, dan mendatangkan kiper muda Tommy Setford, serta Lucas Nygaard.

Karier Calafiori cukup mengagumkan setelah menunjukkan bakat dan konsistensinya yang luar biasa dan mampu membantu tim Serie A Bologna mengamankan kualifikasi Liga Champions untuk pertama kalinya dalam 60 tahun. Dia menjadi salah satu pemain kunci dalam skuad Bologna, dan memperoleh tempat di tim nasional Italia untuk kompetisi besar ini.
 

Direktur Teknik Arsenal Eduardo Gaspar mengatakan, pihaknya melihat Riccardo sebagai bagian penting dari rencana klub dalam merekrut pemain yang cocok dengan tim dan bisa membantu mereka bersaing di level tertinggi.

"Meskipun usianya masih 22 tahun, dia sudah memiliki kualitas dan pengalaman yang luar biasa. Kami yakin dia akan cepat beradaptasi dan menjadi pemain penting untuk Arsenal. Riccardo telah menunjukkan kualitasnya secara konsisten, baik untuk klub maupun negaranya," ujar Edu Gaspar seperti dikutip melalui pernyataan Arsenal.

Calafiori memulai perjalanan karier sepak bolanya di akademi muda Roma, di mana dia menghabiskan waktu selama 12 tahun untuk mengasah kemampuannya dan berkembang dari tingkat junior ke tim utama. Selama periode tersebut dia mendapatkan banyak pengalaman yang berharga, termasuk pada masa pinjaman di klub Italia, Genoa, pada musim 2021/22.

Mantan klubnya pun memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih pada Calafiori, atas jasanya selama berada di Stadio Renato Dall'Ara yang merupakan kandang Bologna.

Pengalaman ini memberinya kesempatan untuk bermain secara reguler dan memperlihatkan kemampuannya di level yang lebih tinggi, yang pada akhirnya membantu membentuk karirnya sebagai pemain bertahan yang sangat handal.

Setelah menunjukkan performa cemerlang di Genoa dan kemudian kembali ke Roma, Calafiori akhirnya pindah ke Bologna, di mana ia terus menunjukkan kualitasnya.

Karier sepak bolanya yang penuh dedikasi dan kerja keras akhirnya membuahkan hasil dengan pemanggilan ke tim nasional Italia di Euro 2024, menandai puncak dari perjalanan sepak bolanya yang menjanjikan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Profil Dony Tri Pamungkas Pemain Terbaik Piala AFF U-19

BERIKUTNYA

Trailer Serial The Penguin Muncul di San Diego Comic-Con, Bakal Tayang Terbatas di HBO

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: