KIP Kuliah merupakan bantuan dari pemerintah (Sumber gambar/ilustrasi: pexels/ pixabay)

Berikut Link dan Cara Pendaftaran KIP Kuliah 2024

29 July 2024   |   15:45 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kuliah atau menempuh pendidikan di perguruan tinggi merupakan cita-cita banyak orang. Namun, tidak jarang mimpi itu harus terbentur dengan biaya tinggi. Untuk mengatasi hal itu, pemerintah memiliki program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang bisa dimanfaatkan oleh calon mahasiswa. 
 
Dikutip dari pedoman pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2024, KIP Kuliah adalah bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin/rentan miskin untuk membiaya pendidikan. 
 
"Hal ini menjadi dasar komitmen pemerintah yang menempatkan akses pendidikan tinggi bagi seluruh masyarakat, sebagai salah satu prioritas pembangunan. PIP Pendidikan Tinggi untuk mahasiswa diberikan dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah," demikian tertulis.

Baca juga: Hypereport: 7 Universitas di Dunia Tawarkan Beasiswa Penuh Kuliah & Biaya Hidup Gratis
 
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12/ 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Pemerintah Indonesia memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan akses dan kesempatan pendidikan di perguruan tinggi, serta menyiapkan warga negara menjadi cerdas dan kompetitif.

Jadi, pemerintah berkomitmen akan terus memastikan bahwa anak-anak dari keluarga miskin/rentan miskin, terutama yang berprestasi, dapat melanjutkan pendidikan hingga jenjang kuliah melalui Program Indonesia Pintar (PIP). 
 
Sejak 2020, pemerintah telah memberikan KIP Kuliah kepada lebih dari 900.000 mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi, termasuk penyandang disabilitas. Pada 2024, pemerintah melalui Puslapdik Kemendikbudristek kembali menyalurkan bantuan untuk melanjutkan pendidikan tinggi kepada 200.000 mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka.
 
"Kemendikbudristek juga terus menjamin kelancaran penyaluran KIP Kuliah on going serta profesi yang masih berjalan sampai masa studi selesai," demikian tertulis.
 
Kementerian menuliskan bahwa Manfaat KIP Kuliah Merdeka 2024 yang utama adalah jaminan biaya pendidikan yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi berdasarkan Akreditasi Program Studi (Prodi). Seluruh perguruan tinggi penerima mahasiswa KIP Kuliah Merdeka juga harus terakreditasi secara resmi dan tercatat pada sistem akreditasi nasional perguruan tinggi. 
 
Masih dalam pedoman pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2024, mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka akan mendapatkan bantuan biaya hidup berdasarkan 5 klaster wilayah, yaitu Rp800.000, Rp950.000, Rp1,1 juta, Rp1,25 juta, dan Rp1,4 juta yang mengacu hasil survei Badan Pusat Statistik. 
 
Kementerian menuliskan bahwa bantuan biaya hidup tersebut sepenuhnya merupakan hak mahasiswa, sehingga ditransfer oleh pemerintah langsung ke rekening penerima.

"Mahasiswa dapat memanfaatkan bantuan tersebut untuk memenuhi berbagai kebutuhan selama kuliah dan tidak boleh dimanfaatkan perguruan tinggi untuk biaya tambahan apapun," tulis Kemendikbudristek.
 
Kementerian mengingatkan bahwa perguruan tinggi, LLDIKTI, atau pihak lain tidak boleh memanfaatkan, menggunakan, atau mengambil biaya hidup seluruh penerima KIP Kuliah, baik melalui buku rekening tabungan atau ATM, termasuk juga tidak boleh menyimpan buku rekening tabungan dan ATM biaya hidup penerima KIP Kuliah.
 
Dengan manfaat bantuan yang cukup signifikan itu, Genhype yang hendak mendaftar dapat mengiktuo prosedurnya melalui link dan tata cara yang telah ditetapkan.
 
Kementerian menuliskan bahwa pendaftaran KIP Kuliah Merdeka untuk seluruh jalur masuk, yakni SNBP, SNBT, dan Mandiri dilakukan secara online melalui laman KIP Kuliah Merdeka.
 
Sementara itu, pendaftaran KIP Kuliah Merdeka dapat dilakukan melalui dua cara. Pertama, siswa mendaftar secara mandiri. Kedua, perguruan tinggi mendaftarkan mahasiswa yang sudah diterima dan melakukan registrasi. 
 
Sebelum mendaftar, calon penerima perlu memasukkan data yang valid di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbudristek berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK); Nomor Induk Siswa Nasional (NISN); dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). 

Calon penerima KIP Kuliah juga harus memiliki email yang aktif untuk pengiriman Nomor Pendaftaran dan Kode Akses setelah sistem KIP Kuliah Merdeka berhasil melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN.


Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka

1. Melakukan Pendaftaran Akun secara mandiri melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.
2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN, dan alamat email yang aktif dalam kolom yang tersedia. 
3. Sistem akan melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah Merdeka.
Jika proses validasi berhasil, sistem akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan. 
4. Pendaftar dapat masuk ke dalam laman KIP Kuliah Merdeka dengan memasukkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses untuk menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah Merdeka, dan memilih proses seleksi yang akan diikuti (SNBP/SNBT/Mandiri).
5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di laman KIP Kuliah Merdeka sesuai jalur seleksi yang dipilih melalui jalur SNBP/SNBT/Mandiri. 
6. Bagi calon penerima KIP Kuliah Merdeka yang telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan ke Puslapdik sebagai mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka.

SEBELUMNYA

Pet Lover Wajib Tau! Ini Penyebab Harapan Hidup Kucing & Anjing di Indonesia Rendah

BERIKUTNYA

Menengok Harga Rata-rata Tiket Konser yang Kian Mahal, Apa Sebabnya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: