Nottingham Trent University (UK) (Sumber Foto: Nottingham Trent University)

Hypereport: 7 Universitas di Dunia Tawarkan Beasiswa Penuh Kuliah & Biaya Hidup Gratis

29 July 2024   |   08:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Impian untuk menempuh pendidikan tinggi di luar negeri kini bisa terwujud. Sejumlah universitas ternama di beberapa negara di dunia menghadirkan beragam program beasiswa fully funded untuk mahasiswa dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Beasiswa fully funded adalah jenis beasiswa yang mencakup semua biaya yang berkaitan dengan pendidikan penerima beasiswa. Ini termasuk biaya kuliah, biaya hidup seperti akomodasi dan makan, biaya perjalanan, asuransi kesehatan, serta biaya buku dan bahan belajar lainnya. 

Baca juga: Hypereport: Dilema Kampus dalam Polemik UKT & Tuntutan Peningkatan Mutu Pendidikan

Beasiswa fully funded biasanya ditawarkan oleh pemerintah, lembaga pendidikan, organisasi nirlaba, atau perusahaan. Tujuannya untuk membantu siswa yang berprestasi atau membutuhkan bantuan finansial untuk menempuh pendidikan tinggi tanpa harus khawatir tentang biaya. 

Mengutip dari laman Hotcourses Indonesia, berikut sejulah universitas ternama di luar negeri yang menawarkan program beasiswa penuh.
 

1. Nottingham Trent University (UK)

Universitas Nottingham Trent membuka kesempatan beasiswa bagi mahasiswa internasional untuk kuliah di tahun pertama program S1. Melalui program beasiswa Sustainability Impact Scholarship, mahasiswa yang mengambil program kuliah terkait dengan topik atau bidang keberlanjutan (sustainability) dapat menempuh perkuliahan gratis.

Nottingham Trent University (UK) memberikan beasiswa penuh hingga GBP 3.000 atau sekitar Rp62.000.000 hanya untuk tahun pertama perkuliahan. Simak persyaratan mendapatkan beasiswa penuh di Nottingham Trent University (UK).
  1. Mahasiswa internasional
  2. Calon harus sudah mendapatkan tawaran untuk kuliah di program Sarjana di kampus ini.
  3. Mengambil program  bidang keberlanjutan atau yang terkait yang memenuhi syarat untuk beasiswa ini.
  4. Memiliki nilai minimum 70 persen secara keseluruhan di NTIC dan melanjutkan studi ke University of Nottingham Trent.
  5. Aplikasi tidak akan diterima dari kandidat yang sudah memulai program melalui jalur NTIC atau telah memulai gelar di kampus ini.
  6. Mahasiswa internasional yang sudah mendapat sponsor untuk biaya kuliah tidak memenuhi syarat untuk beasiswa ini.
 

2. Taylor University (Amerika Serikat)

Taylor University di Indiana, Amerika Serikat menawarkan beasiswa Taylor University Academic Merit Award 2024. Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa internasional yang menempuh studi jenjang S1 dan S2 di universitas tersebut. Beasiswa ini sifatnya fully tuition dengan jumlah maksimal mencapai US$20.000.

Persyaratan yang harus dipenuhi, yakni pelamar merupapan mahasiswa internasional dari seluruh negara. Pelamar wajib memiliki prestasi akademis setingkat National Merit Finalist.
 

3. National University of Singapore (Singapura)

National University of Singapore (NUS) merupakan universitas bergengsi di Singapura yang membuka peluang beasiswa fully funded untuk mahasiswa internasional yang mengambil program studi sarjana Ilmu dan Teknologi melalui program Science & Technology Undergraduate Scholarship. 

Para penerima beasiswa akan mendapatkan biaya kuliah (setelah Subsidi Bantuan Biaya Kuliah MOE) dan biaya wajib lainnya. Tunjangan hidup tahunan sebesar S$6.000. Tunjangan komputer sebesar S$1.750 sekali saat pendaftaran. Tunjangan penyesuaian diri sebesar S$200 sekali saat pendaftaran.

Tunjangan akomodasi tahunan setara dengan tarif kamar ganda terendah untuk akomodasi di kampus. Tiket pesawat satu arah dari negara asal ke Singapura pada awal studi, dan tiket pesawat pulang dari Singapura ke negara asal pada akhir studi.

Persyaratan
  1. Calon penerima beasiswa harus merupakan warga negara Asia
  2. Pendaftar tidak boleh menjadi warga negara Singapura
  3. Calon-calon harus mendaftar pada program Sarjana di universitas di bidang Ilmu Komputer, Teknik, atau Sains (kecuali Farmasi)
  4. Para pelamar harus memiliki keterampilan kepemimpinan, rekam jejak kegiatan ekstrakurikuler yang sangat baik, dan hasil akademis yang luar biasa di sekolah menengah.
 

4. The University of Hong Kong (Hong Kong)

The University of Hong Kong membuka kesempatan beasiswa Memorial Taufik Ali Universitas Hong Kong 2024-25 untuk mahasiswa internasional jenjang Sarjana dan Magister. Beasiswa ini bersifat fully funded dan berlaku untuk mahasiswa dari semua negara. Beasiswa ini mencakup pembebasan biaya kuliah dan tunjangan hidup bulanan

Beasiswa ini terbuka untuk mahasiswa dari seluruh dunia yang berminat mengejar program Sarjana atau Magister di Universitas Hong Kong. Penerima beasiswa akan dipilih berdasarkan prestasi akademis yang telah dicapai oleh para pelamar.
 

5. Babson College

Babson College menawarkan program beasiswa Global Scholars Babson College untuk mahasiswa internasional berbakat setiap tahunya sejak 2014. Beasiswa ini bertujuan untuk memberikan kesempatan pendidikan yang berkualitas kepada mahasiswa yang memiliki potensi dan memenuhi kriteria kelayakan tertentu.

Beasiswa penuh berupa biaya kuliah selama empat tahun akan diberikan kepada mahasiswa yang dipilih untuk Program Beasiswa Global Scholars. Ada juga dana hibah tambahan dalam jumlah bervariasi tergantung pada kebutuhan yang akan diberikan kepada Global Scholars dengan tingkat kebutuhan finansial yang lebih tinggi. 

Dana ini untuk membantu biaya tempat tinggal, buku dan perlengkapan, asuransi kesehatan, dan biaya perjalanan. Persyaratannya, pelamar haruslah mahasiswa internasional dan terdaftar dalam program sarjana.
 

6. Sogang University (Korea Selatan)

Sogang University membuka kesempatan Beasiswa Global Emerging I untuk mahasiswa internasional program S1 di universitas tersebut. Para penerima beasiswa Global Emerging I akan menerima beasiswa penuh, mencakup biaya pendaftaran serta biaya kuliah penuh dari Universitas Sogang.

Pelamar Beasiswa Global Emerging I harus memiliki surat tawaran untuk program sarjana di Universitas Sogang untuk dapat memanfaatkan beasiswa ini. Kandidat yang mengajukan Beasiswa Global Emerging I merupakan mahasiswa internasional.
 

7. Georgia Rotary (Amerika Serikat)

Beasiswa Program Siswa Rotary Georgia ditawarkan untuk mahasiswa internasional jenjang sarjana. Beasiswa ini disediakan oleh Georgia Rotary Student Program (GRSP) dan memiliki nilai Pembiayaan Penuh, mencakup biaya kuliah, akomodasi, dan manfaat lainnya. Beasiswa ini terbuka untuk semua warga negara kecuali warga negara Amerika Serikat.

Beasiswa GRSP mencakup biaya sekolah, termasuk biaya kuliah, asrama, rencana makan, dan US$500 per semester untuk biaya asuransi kesehatan. Pelamar harus berusia 18 tahun pada 1 Agustus atau lebih muda dari 25 tahun pada tanggal yang sama. Pelamar yang sudah menikah atau bertunangan tidak memenuhi syarat untuk beasiswa.

Pelamar yang telah belajar di Amerika Serikat selama lebih dari empat bulan tidak memenuhi syarat untuk beasiswa. Warga negara dan Warga ganda Amerika Serikat tidak memenuhi syarat untuk menerima beasiswa GRSP. Untuk memenuhi syarat beasiswa, siswa harus disponsori oleh Klub Rotary di negara mereka. 

Baca juga: 5 Tips untuk Dapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Kecanduan Minuman Manis, Masyarakat Indonesia Rentan Diabetes dan Gagal Ginjal

BERIKUTNYA

9 Agenda Konser K-Pop & Fan Meeting Agustus 2024 di Jakarta, Ada aespa hingga Kim Ji Won

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: